Lane Departure Warning, Fitur Keselamatan Penting Mobil Wuling

30 June, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image Lane Departure Warning, Fitur Keselamatan Penting Mobil Wuling

Saat berbicara tentang kendaraan, utamanya mobil, salah satu topik yang akan selalu relevan, yaitu fitur keselamatannya yang dapat membantu pengemudi maupun penumpang berkendara dengan lebih aman. Salah satu produk mobil yang mengedepankan keselamatan pengendara yaitu Wuling dengan teknologi pendukung keselamatan dan keamanan bernama Advanced Driver Assistance System (ADAS). Teknologi ini memiliki berbagai macam pilihan fitur, salah satunya Lane Departure Warning (LDW). Apa itu pengertian dari fitur Lane Departure Warning?

Lane Departure Warning atau LDW adalah fitur pendukung keamanan pada kendaraan Wuling yang menggunakan sensor untuk memonitor posisi kendaraan apakah menyimpang dari batas aman lane marking (marka jalan) atau tidak. Tujuan utama dari fitur ini adalah untuk memperingatkan pengemudi saat kendaraan keluar dari jalur tanpa dikehendaki.

Cara Kerja Lane Departure Warning

Cara kerja fitur LDW dapat dijabarkan menjadi beberapa poin sebagai berikut:

  • Sistem LDW secara terus-menerus memantau tanda marka jalan menggunakan sensor berupa kamera yang ditempatkan pada bagian atas dalam kaca depan. Sensor ini menangkap gambar dari marka jalan, yang menjadi titik referensi untuk menentukan posisi mobil.
  • Data yang ter-capture oleh sensor kemudian diproses oleh perangkat lunak sistem LDW. Sistem LDW akan menganalisis marka jalan dan mengenali batas-batas jalur. Hal ini memungkinkan sistem untuk menetapkan dasar posisi mobil dalam jalur yang terdeteksi.
  • Saat mobil bergerak, sistem LDW akan melacak posisi mobil relatif terhadap marka jalan. Kemudian, sistem akan membandingkan lintasan dan perataan mobil dengan batas jalur yang dikenali sebelumnya.
  • Jika sistem LDW mendeteksi bahwa mobil mengalami penyimpangan dari jalur tanpa mengaktifkan lampu sein, maka sistem akan menganggapnya sebagai potensi mobil keluar jalur tanpa dikehendaki. Kriteria spesifik untuk menentukan mobil keluar jalur melibatkan berbagai faktor, seperti durasi dan besarnya penyimpangan yang dilakukan mobil.
  • Setelah mobil dideteksi keluar jalur secara tidak diinginkan, maka sistem LDW akan otomatis memberikan peringatan kepada pengemudi. Peringatan ini akan terlihat pada kluster instrumen dan diiringi oleh peringatan suara. Peringatan ini bertujuan untuk membuat pengemudi segera mengendalikan mobil untuk kembali ke jalurnya.
  • Setelah menerima peringatan dari sistem LDW, pengemudi diharapkan untuk mengambil tindakan korektif dengan mengarahkan mobil kembali ke jalur yang benar atau mengaktifkan lampu sein jika akan berpindah jalur.

Lane Departure Warning, Fitur Keselamatan Penting Mobil Wuling - 2

Lane Departure Warning Bekerja Pada Kondisi apa Saja?

Lane Departure Warning bekerja ketika mobil berjalan dengan kecepatan antara 60-180 km/jam. Selain itu, sistem ini juga akan bekerja ketika pengemudi keluar jalur tanpa menyalakan lampu sein, sehingga dianggap sebagai penyimpangan jalur yang tidak diinginkan. Di samping itu, sistem LDW juga akan bekerja secara normal apabila garis marka jalan terlihat dengan jelas sehingga kamera sensor dapat menangkap gambar marka jalan dengan baik.

Namun, terdapat beberapa kondisi eksternal yang dapat mengganggu sistem LDW untuk bekerja secara normal akibat tertutupnya sensor kamera sehingga kamera tidak dapat menangkap gambar dengan jelas. Kondisi eksternal tersebut di antaranya sebagai berikut:

  • Cuaca ekstrim, seperti hujan deras, badai, salju, hujan es, atau kabut asap
  • Adanya benda asing seperti tumpukan kotoran dan debu yang menghalangi pandangan kamera
  • Garis marka jalan yang tidak terlihat jelas akibat kerusakan jalan, tumpukan salju, atau genangan air
  • Tikungan tajam atau jalan sempit (lebar jalur kurang dari 2,5 m) atau jalur yang terlalu lebar
  • Adanya guncangan yang membuat mobil bergoyang kencang
  • Terdapat lebih dari dua garis jalur pada sisi kiri dan kanan jalur
  • Jumlah jalur bertambah atau berkurang, atau garis jalur yang rumit untuk dilalui

Faktor-faktor tersebut bisa mengganggu atau menutupi sensor kamera pada sistem LDW yang dapat berpengaruh pada kinerja sistem LDW. Oleh karena itu, sebelum berkendara, pastikan untuk selalu waspada akan adanya hal-hal eksternal yang dapat mengganggu sistem keamanan mobil untuk berfungsi dengan maksimal.

Dengan adanya sistem keamanan Lane Departure Warning ini, pengemudi dapat terbantu untuk tetap aware dan paham akan posisi mobil di jalan. LDW juga dapat membantu pengemudi untuk menilai situasi lalu lintas dan merespons dengan aktif, sehingga dapat menekan risiko terjadinya kecelakaan. Fitur LDW ini juga dapat mengurangi risiko mobil menabrak atau ditabrak oleh kendaraan lain, serta menabrak pembatas jalan akibat keluar jalur secara tiba-tiba atau secara tidak wajar.

Fitur LDW ini termasuk ke dalam sistem Advanced Driver Assistance System (ADAS). ADAS adalah sistem bantuan pengemudi untuk mengurangi resiko serta dampak kecelakaan. ADAS tidak dirancang untuk menggantikan peran pengemudi sepenuhnya. Pengemudi harus selalu memegang kendali kendaraan dengan menaati kaidah keselamatan dan peraturan yang berlaku. Oleh karena itu, meskipun mobil Wuling telah dilengkapi sistem ADAS, pengemudi tetap harus selalu waspada dan bertanggung jawab saat mengemudi agar terhindar dari bahaya yang tidak diinginkan.

Pengemudi diharapkan dapat selalu berhati-hati dan penuh kesadaran saat berkendara karena ada kalanya terjadi gangguan eksternal yang menyebabkan sistem keamanan mobil tidak dapat beroperasi dengan normal. Di samping itu, pengemudi juga tidak diperkenankan untuk menormalisasi menyetir mobil dalam keadaan tidak fokus atau dalam kondisi mengantuk. Sebaiknya, jika pengemudi merasa tidak dapat menyetir dengan fokus akibat rasa kantuk atau akibat hal lainnya, segera menepi ke rest area terdekat untuk beristirahat sejenak. Pengemudi bisa melanjutkan perjalanan kembali setelah kondisi tubuh membaik.

Demikian penjelasan mengenai sistem keselamatan Lane Departure Warning pada kendaraan Wuling. Selain LDW, masih banyak fitur keamanan lainnya pada kendaraan Wuling yang dapat membantu pengemudi menyetir dengan aman dan selamat. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait informasi fitur keselamatan Wuling, Anda dapat mengunjungi website resmi Wuling Motors Indonesia.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer