Memahami Fungsi Hingga Cara Kerja Klep Mobil

28 June, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image Memahami Fungsi Hingga Cara Kerja Klep Mobil

Sebuah mobil bekerja dengan cara membakar bahan bakar sebagai sumber energi utama. Untuk bisa melakukan proses pembakaran ini ada banyak komponen yang bekerja, salah satunya adalah klep mobil. Komponen ini berfungsi mengatur komponen campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder.

Apa Itu Klep Mobil?

Klep mobil merupakan komponen yang berperan sebagai pengatur aliran udara masuk dan keluar sebagai gas buang yang berada di area bahan bakar. Tanpa adanya kontrol dari klep ini, kualitas pembakaran bahan bakar kendaraan tidak akan bisa terjadi.

Bahkan jika komponen yang juga disebut sebagai valve ini rusak atau bengkok, maka akan mempengaruhi kombinasi udara dan BBM di ruang bakar. Masalah tersebut akan berakibat kerusakan di berbagai komponen lain.

Jenis-Jenis Klep Mobil

Jenis klep mobil bisa dibedakan berdasarkan mekanisme katupnya. Mekanisme katup adalah cara kerja membuka dan menutup klep, dengan tipe sebagai berikut:

1. Over Head Valve

Tipe over head valve merupakan jenis klep yang tergolong sederhana. Walau simple, high reliability-nya optimal. Hal ini yang membuat penempatan camshaft lebih maksimal karena dibantu oleh beberapa komponen:

  • Rocker arm
  • Push rod
  • Valve filter

2. Over Double Head Camshaft

Tipe klep mobil ini memiliki dua camshaft pada kepala silindernya. Kepala silinder yang pertama berguna menggerakkan katup masuk. Sedangkan yang kedua bertugas menggerakkan katup buang.

Mekanisme membuka dan menutup bersamaan ini tidak memerlukan rocker arm. Jika Anda menggunakan tipe klep mobil ini, terdapat beberapa keuntungan yang bisa diperoleh, diantaranya:

  • Bagian yang bergerak akan menjadi berkurang
  • Jika mobil melaju dengan kecepatan tinggi, kinerjanya tergolong bagus. Hal ini disebabkan katup-katup yang bekerja lebih presisi

Akan tetapi, jika Anda memutuskan untuk memakai tipe klep ini, kelemahannya juga harus dipertimbangkan. ini beberapa kelemahan tipe over double head camshaft. 

  • Memiliki konstruksi yang lebih rumit
  • Secara harga tergolong mahal karena biaya produksinya yang tinggi

3. Over Head Camshaft

Camshaft merupakan bagian yang ada di kepala silinder. Cara kerjanya langsung menggerakkan rocker arm tanpa lewat push rod dan lifter. Hal ini menjadikannya lebih sederhana jika dilihat dari segi kinerja.

Kelemahan tipe klep ini hanya pada kerumitannya jika dibandingkan tipe pertama. Untuk keunggulannya ada beberapa macam diantaranya:

  • Katup-katupnya bekerja stabil membuka dan menutup. Hal ini membuatnya bisa digunakan untuk melaju pada kecepatan tinggi
  • Walau lebih rumit, tetapi berat bagian yang bergerak akan lebih berkurang

Klep mobil juga bisa dibedakan berdasarkan jenisnya. Ada yang katup intake dan exhaust. Intake valve berguna sebagai pengatur campuran udara serta bahan bakar. Udara dan bahan bakar ini akan masuk ke ruang bahan bakar. Sementara exhaust merupakan jenis valve yang berperan sebagai pengatur gas buang serta sisa pembakaran. Sisa pembakaran ini bergerak saat keluar dari mesin.

Dua jenis valve tersebut dibedakan dari diameternya. Untuk tipe klep mobil intake ukuran diameternya lebih besar, sedangkan exhaust memiliki diameter kecil.

Fungsi Klep Mobil pada Mesin Mobil

Fungsi Klep Mobil pada Mesin Mobil

Klep mobil memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai:

1. Pintu Pemisah Ruang Bakar dan Udara Luar

Klep mobil berguna sebagai pemisah antara ruang bakar dan udara luar. Perlu adanya pemisah tersebut karena adanya proses memasukkan material dari intake ke ruang bakar. Hal ini berlaku pada mesin dengan tipe 4 tak.

Contoh fungsi klep mobil seperti ini bisa Anda temukan di mobil modern SUV Wuling Alvez yang memiliki kapasitas mesin 1.500cc. Mobil dengan tipe mesin DVVT, DOHC inline-4 cylinder ini memiliki performa mesin yang mumpuni berkat motor penggerak 105 horsepower.

Sementara untuk tipe 2 tak, pembakarannya lebih dulu memenuhi crankshaft sebelum ke ruang bakar. Mekanisme tersebut yang membuatnya tidak perlu adanya klep, karena hanya memanfaatkan dinding piston.

Pada mesin tipe 4 tak, dinding silinder rapat sehingga tidak terdapat chanel intake. Alhasil, fungsi utamanya pada mesin 4 tak adalah sebagai pintu pemisah udara dan ruang bakar.

2. Keluar Masuk Material dan Gas Sisa

Selain itu, klep mobil juga bertugas memasukkan material pembakaran. Material pembakaran merupakan campuran antara bahan bakar dan campuran udara. Material tersebut sudah tersedia di bagian intake manifold. 

Tidak hanya memasukkan material pembakaran, valve juga bertugas mengeluarkan gas sisanya. Gas sisa pembakaran dikeluarkan dari ruang bakar ke exhaust manifold. Fungsi ini pada mesin 4 tak harus ada minimal 2 klep.

Klep in berguna untuk memasukkan material pembakaran. Sedangkan, klep out untuk mengeluarkan sisa gas buangnya menuju exhaust manifold. 

Cara Kerja Klep Mobil

Klep mobil bekerja dimulai dari piston melakukan gerakan langkah hisap. Ketika langkah tersebut dimulai, katup intake akan membuka. Pembukaan ini menyebabkan campuran udara dan bahan bakar mengalir ke ruang bakar.

Katup kemudian akan menutup ketika piston melakukan kompresi. Pembakaran otomatis akan terjadi setelah itu baru exhaust akan terbuka. Tujuan exhaust terbuka ini agar gas sisa pembakaran bisa terbuang lewat knalpot.

Perawatan Klep Mobil

Mengingat fungsi dan cara kerjanya yang penting, perawatan klep harus dilakukan. Anda bisa melakukan penyetelan sesuai dengan standar. Pengaturan celah katup yang standar dapat Anda ketahui di buku manual kendaraan.

Dari buku manual kendaraan, Anda bisa tahu cara menyetel klep mobil yang tepat. Jika celahnya longgar, suara mobil yang dihasilkan akan lebih berisik. Akan tetapi, celah yang terlalu rapat juga tidak terlalu bagus. Hal ini akan menyebabkan mobil terasa bergoyang ketika putaran idle dilakukan.

Kesimpulannya, katup merupakan komponen yang erat kaitannya dengan sistem pembakaran kendaraan. Oleh karenanya perlu diberikan perhatian ekstra terlebih jika kendaraan terasa berat. Rajin servis mobil secara rutin bisa mencegah kerusakan katup mobil agar tidak kian parah.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer