Kenali Lebih Jauh Teknologi Immobilizer Mobil

26 October, 2022

Image Kenali Lebih Jauh Teknologi  Immobilizer Mobil

Untuk mencegah pencurian, saat ini telah banyak kendaraan yang dilengkapi dengan sistem immobilizer mobil. Ini merupakan sistem anti maling yang mampu mencegah mesin kendaraan bisa hidup saat dipasangkan dengan kunci kontak yang tidak sesuai.

Tidak bisa dipungkiri jika kasus pencurian kendaraan semakin marak terjadi. Untuk mencegah hal tersebut, saat ini banyak pemilik kendaraan yang memilih menggunakan sistem immobilizer mobil. Dengan cara seperti ini, mesin kendaraan hanya bisa dihidupkan jika menggunakan kontak kunci yang sesuai.

Pengertian Immobilizer

Pengertian Immobilizer

Immobilizer adalah mekanisme anti maling yang bisa bekerja dengan cara mencegah mesin hidup karena kunci kontak yang tidak sesuai. Sistem ini bekerja dengan cara memanfaatkan variasi gelombang radio sebagai identitas kunci pada kendaraan.

Dengan menggunakan sistem ini, hanya ada satu kunci kontak yang bisa digunakan untuk menyalakan mesin kendaraan. Bahkan saat pattern kunci sama atau lubang ignition key bisa dimasuki lebih semua kunci akan tetapi mesin kendaraan tetap tidak akan bisa menyala.

2. Fungsi Immobilizer pada Mobil 1000x569

Fungsi Immobilizer pada Mobil

Fungsi atau kegunaan dari kunci immobilizer adalah untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada kendaraan seperti pencurian. Sistem ini bekerja dengan mendeteksi radio yang terpasang pada lubang kunci sehingga saat gelombang radio yang diterima tidak sesuai, maka tidak akan bisa menyala.

Immobilizer dianggap sebagai fitur paling aman untuk mencegah pencurian atau kemalingan kendaraan. Jika mengalami malfungsi dari sistem ini, Anda bisa menggunakan kunci manual sehingga mobil tetap bisa digunakan.

Komponen Immobilizer

Komponen Immobilizer

Agar fungsi immobilizer bisa bekerja dengan optimal, ada beberapa komponen penting yang saling bekerja sama satu sama lain. Berikut ini beberapa komponen utama immobilizer yang perlu Anda ketahui.

1. Transmitter

Transmitter merupakan komponen yang berfungsi untuk mengirimkan gelombang radio dengan frekuensi tertentu, menuju ke bagian control module.

2. Transponder

Komponen ini berfungsi untuk menerima sinyal gelombang radio yang telah dikirimkan ke control module agar bisa diidentifikasi.

3. Theft Different System

Salah satu komponen dari immobilizer key ini berfungsi untuk mengelola gelombang radio yang diterima berdasarkan identifikasi dari transponder. Selanjutnya komponen ini akan mengaktifkan atau menonaktifkan bagian sirkuit sistem pengapian serta relay fuel pump.

Cara Kerja Immobilizer Mobil

Cara Kerja Immobilizer Mobil

Cara kerja dari sistem immobilizer ini dimulai saat kunci kontak dimasukkan ke lubang kunci kontak. Selanjutnya transmitter akan langsung mengirimkan gelombang radio ke komponen theft different system, kemudian gelombang tersebut akan diterima dan diidentifikasi oleh transponder.

Jika frekuensi yang dikirimkan sudah sesuai dan bukan bagian dari tindakan yang mencurigakan, maka transponder akan mengirimkan data ke engine control module. Setelah itu, rangkaian sistem pengapian menjadi aktif dan mampu menghidupkan relay fuel pump.

Saat sudah berada di fase ini, kunci kontak telah terhubung dan dikenali oleh ECU mobil. Saat pengemudi memutar kunci kontak ke posisi start engine, maka mesin akan menyala dan bisa langsung dikendarai.

Jika gelombang radio yang dikirimkan dari cara kerja immobilizer mobil ini tidak sesuai, maka identitas kunci kontak tidak akan dikenali ECU. Hal ini akan membuat ECU memblokir aliran arus ke sistem pengapian relay fuel pump sehingga ketika kunci kontak diputar ke posisi start engine, maka mesin tidak akan mau menyala.

Kelebihan dan Kekurangan Immobilizer

Kelebihan dan Kekurangan Immobilizer

Penggunaan sistem immobilizer mobil memang mampu mencegah risiko pencurian kendaraan. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa sistem ini juga memiliki kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan sistem immobilizer yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan

Sistem immobilizer sangat berguna untuk menjaga keamanan mobil sehingga bisa lebih tenang saat meninggalkan kendaraan dalam waktu yang cukup lama. Fungsi sistem ini akan lebih maksimal jika Anda mengaktifkan fitur smart key. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mengontrol kendaraan dari jarak jauh sehingga lebih praktis dan aman.

Kekurangan

Meski bisa memberikan proteksi lebih pada kendaraan, akan tetapi penggunaan sistem ini memiliki kekurangan yang membuat Anda perlu memahaminya agar terpakai optimal. Beberapa kekurangan dari sistem immobilizer  yaitu jika mobil Anda dimodifikasi makan akan mengganggu sistem immobilizer, karena adanya perubahan sistem yang dapat mengganggu sistem kelistrikan dan komponen didalamnya. Selain itu, sistem ini memiliki kode chip yang berlaku untuk pemakaian 5 tahun, oleh karena itu Anda harus mengganti sebelum melewati masa tersebut.

Melengkapi kendaraan dengan sistem keamanan yang canggih memang bisa memberikan proteksi yang lebih baik. Saat ini telah banyak mobil keluaran terbaru yang sudah disematkan dengan teknologi immobilizer mobil, seperti New Cortez. Mobil keluarga ini telah dilengkapi dengan sistem anti maling yang mampu mencegah risiko pencurian dan kehilangan barang di dalam mobil.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer