Apa Itu Immobilizer? Pengertian, Cara Kerja, hingga Fungsinya

29 November, 2023
clock-bold
3 menit membaca

Image Apa Itu Immobilizer? Pengertian, Cara Kerja, hingga Fungsinya

Penambahan fitur keamanan pada mobil telah menjadi hal yang sangat penting di era saat ini. Hal ini tidak lain karena terjadi banyak kasus kriminalitas, terutama pencurian kendaraan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menambahkan dan menggunakan fitur keamanan seperti Immobilizer pada mobil. Tetapi, apa sebenarnya Immobilizer dan apa fungsinya?

Pengertian Immobilizer

Pengertian Immobilizer

Immobilizer adalah sistem anti-pencurian yang terdapat pada kunci mobil, menggunakan gelombang radio sebagai identifikasi pada mobil. Dengan ini, jika ada upaya menggunakan kunci mobil yang tidak sah seperti duplikasi, mobil Anda tetap aman dari tindakan kriminal.

Dengan menggunakan sistem ini, hanya ada satu kunci kontak yang bisa digunakan untuk menyalakan mesin kendaraan. Bahkan saat pattern kunci sama atau lubang ignition key bisa dimasuki lebih semua kunci akan tetapi mesin kendaraan tetap tidak akan bisa menyala.

Fungsi Immobilizer pada Mobil

2. Fungsi Immobilizer pada Mobil 1000x569

Fungsi utama dari Immobilizer pada mobil adalah mencegah pencurian atau tindakan yang tidak diinginkan. Immobilizer mendeteksi gelombang radio yang cocok dengan yang terpasang pada lubang kunci mobil. Jika tidak cocok, mobil tidak akan menyala. Setiap fitur ini memiliki microchip unik yang tertanam pada kunci, memastikan setiap mobil memiliki kunci yang berbeda, meskipun tipe yang sama.

Dengan Immobilizer, mencoba menyalakan mobil dengan kunci yang tidak cocok tidak akan berhasil, bahkan dengan pola yang sama. Ini membuat Immobilizer dianggap sebagai fitur paling aman untuk mencegah pencurian mobil.

Komponen Immobilizer

Komponen Immobilizer

Agar fungsi immobilizer bisa bekerja dengan optimal, ada beberapa komponen penting yang saling bekerja sama satu sama lain. Berikut ini beberapa komponen utama immobilizer yang perlu Anda ketahui.

1. Transmitter

Transmitter merupakan komponen yang berfungsi untuk mengirimkan gelombang radio dengan frekuensi tertentu, menuju ke bagian control module.

2. Transponder

Komponen ini berfungsi untuk menerima sinyal gelombang radio yang telah dikirimkan ke control module agar bisa diidentifikasi.

3. Theft Different System

Salah satu komponen dari immobilizer key ini berfungsi untuk mengelola gelombang radio yang diterima berdasarkan identifikasi dari transponder. Selanjutnya komponen ini akan mengaktifkan atau menonaktifkan bagian sirkuit sistem pengapian serta relay fuel pump.

Oh ya sebelum melanjutkan membaca, Wuling punya informasi menarik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan brosur kami yang informatif.

Download Brosur BinguoEV

Download Brosur Alvez

Download Brosur Almaz Hybrid

Download Brosur Air ev

Download Brosur New Almaz RS

Cara Kerja Immobilizer Mobil

Cara Kerja Immobilizer Mobil

Ini adalah fitur keamanan terkini yang menjadi standar di industri otomotif. Saat kunci dimasukkan, komponen pada Immobilizer mengirim gelombang radio ke theft deterrent system. Transponder dalam sistem ini mengidentifikasi gelombang tersebut. Jika cocok, data dikirim ke engine control module. Sistem pengapian menjadi aktif, memungkinkan pengemudi menyalakan mesin.

Kelebihan dan Kekurangan Immobilizer

Kelebihan dan Kekurangan Immobilizer

Penggunaan sistem immobilizer mobil memang mampu mencegah risiko pencurian kendaraan. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa sistem ini juga memiliki kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan sistem immobilizer yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan

  1. Immobilizer membantu menjaga keamanan mobil secara efektif, memberikan kepercayaan diri saat meninggalkan mobil dalam jangka waktu lama.
  2. Dengan smart key, mobil dapat digunakan dengan mudah, dan hampir semua mobil baru sudah dilengkapi dengan fitur ini.

Kekurangan

  1. Pengguna keyless perlu memperhatikan indikator Immobilizer yang menandakan baterai perlu diganti. Jika tidak ada kunci cadangan, mobil tidak dapat digunakan.
  2. Perbaikan Immobilizer yang rumit memerlukan servis profesional dan bisa mahal.
  3. Gangguan gelombang bisa membuat sulit menghidupkan mobil.
  4. Kode Immobilizer bisa kadaluarsa setelah 5 tahun penggunaan, memerlukan penggantian.
  5. Menggunakan fitur Immobilizer memberikan keamanan yang signifikan pada mobil, namun perlu perhatian ekstra terutama terkait penggunaan dan perawatannya.

Melengkapi kendaraan dengan sistem keamanan yang canggih memang bisa memberikan proteksi yang lebih baik. Saat ini telah banyak mobil keluaran terbaru yang sudah disematkan dengan teknologi immobilizer mobil, seperti New Cortez. Mobil keluarga ini telah dilengkapi dengan sistem anti maling yang mampu mencegah risiko pencurian dan kehilangan barang di dalam mobil.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer