Odometer Mobil, Apa Fungsi dan Cara kerjanya?

7 December, 2021
clock-bold
4 menit membaca

Image Odometer Mobil, Apa Fungsi dan Cara kerjanya?

Istilah otomotif jaman sekarang sangatlah kompleks, sehingga masih banyak pengendara yang belum mengetahui mengenai komponen-komponen mobil. Istilah speedometer memang lebih familiar dibandingkan dengan odometer. Biasanya odometer akan diletakkan pada panel instrument cluster dalam sebuah mobil.

Panel instrument cluster merupakan salah satu bagian mobil yang sangat perlu diperhatikan, karena peranannya terbilang penting dan signifikan. Dalam sebuah panel instrument cluster biasanya akan ada sebuah indikator yang fungsinya untuk memberitahukan mengenai kondisi mobil yang sedang di pakai.

Secara umum, panel instrument cluster selalu diletakkan di balik kemudi atau setir. Namun untuk beberapa mobil terbaru, ada juga yang memasang panel instrument cluster di bagian dashboard. Berbagai indikator yang ada di dalam panel tersebut sangat perlu dikuasai oleh para pengemudi, agar bisa berkendara dengan lebih aman dan nyaman.

Apa Itu Odometer Mobil_ 1000x569

Apa Itu Odometer Mobil?

Odometer merupakan suatu alat yang ada pada sebuah mobil untuk menunjukkan jarak tempuh dari mobil tersebut. Jika mobil tidak memiliki odometer, maka para pengendara akan sulit untuk mendeteksi jarak tempuh mobilnya.

Letak dari odometer biasanya di bagian panel meter dashboard mobil, sehingga para pengendara bisa mengeceknya dengan sangat mudah. Odometer biasanya diletakkan di dekat bundaran informasi berkaitan dengan takometer dan speedometer. Takometer adalah alat untuk mengukur putaran dari mesin mobil, sedangkan Speedometer adalah alat untuk mengukur kecepatan laju suatu mobil.

Fungsi Odometer Mobil yang Perlu Diketahui

Fungsi Odometer Mobil yang Perlu Diketahui

Para pengendara pasti tidak akan mengetahui jarak tempuh dari sebuah mobil tanpa ada sebuah alat pendeteksi di dalamnya. Fungsi odometer adalah untuk memberikan informasi kepada pengendara mengenai jarak tempuh suatu mobil. Dengan mengetahui jarak tempuhnya, maka Anda bisa tahu intensitas dari kerja suatu mobil.

Pengecekan mengenai odometer sangatlah penting karena bisa menjadi acuan dalam membeli mobil bekas. Jika jarak tempuhnya sangat jauh, maka kondisi mobilnya pasti akan lebih jelek dibandingkan dengan mobil yang jarak tempuhnya masih sedikit.

Odometer juga bisa dijadikan acuan para pengendara untuk menentukan waktu servis atau pergantian oli. Odometer menggunakan perhitungan kilometer atau km, sehingga berapapun angka yang muncul di odometer dinyatakan dalam hitungan km.

Ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil yang bekas pakai, maka Anda harus mengecek odometernya. Carilah mobil yang jumlah odometernya masih kecil, sehingga bisa dipastikan bahwa mobil tersebut jarang dipakai atau jarang digunakan untuk menempuh perjalanan jauh.

Cara Kerja dari Odometer Mobil

Cara Kerja dari Odometer Mobil

Odometer memiliki 2 cara kerja yaitu mekanik dan elektronik. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, sebaiknya perlu memahami dulu konsep kerja keduanya. Dengan pemahaman yang jelas, maka Anda bisa dapatkan mobil bekas yang masih berkualitas.

Odometer Mekanik atau Analog

1. Odometer Mekanik atau Analog

Cara kerja odometer secara mekanik yaitu melakukan gaya putar yang diterima dari sebuah kabel yang fleksibel dan biasanya sudah terhubung ke bagian yang lainnya. Odometer mekanik kebanyakan ditemukan pada mobil keluaran lama.

Secara umum, odometer yang mekanik memiliki sifat yang rewindable. Artinya, odometer akan bergerak otomatis saat mobil melaju atau mundur. Pada saat mobil dalam kondisi mundur, maka odometer akan menghitung mundur dan hal ini biasanya terjadi akibat gear penggerak serta gigi.

Mengecek kualitas dari odometer mekanik sangatlah gampang karena pasti ada jejak atau pertanda bahwa odometernya pernah dibuka secara manual dan dibuat muda kembali. Dengan pengecekan ini, maka Anda bisa mendapatkan mobil yang kualitasnya bagus dan stabil.

Odometer Elektronik

2. Odometer Elektronik

Cara kerja odometer elektronik sangatlah mengandalkan kecanggihan dari teknologi, sehingga kerjanya dipengaruhi dengan sistem komputerisasi. Komputer akan secara otomatis menghitung tegangan yang terjadi dan akan membantu menghitung jarak tempuh dari sebuah mobil.

Sebuah magnet khusus diletakkan pada salah satu frame roda mobil, sehingga akurasi dari odometer elektronik sangatlah bagus. Adanya magnet yang dipasang pada roda bertujuan untuk memberikan sinyal, supaya bisa menghitung jarak tempuh dari sebuah mobil.

Untuk melakukan pengecekan kualitas dari odometer elektronik memang lebih sulit karena perlu ditangani oleh tenaga ahli. Sebelum membeli mobil bekas, maka Anda bisa bawa terlebih dahulu mobilnya ke bengkel resmi agar kualitas odometer elektroniknya bisa Anda cek.

Bagi Anda yang sedang mencari mobil bekas berkualitas, maka bisa membeli mobil Wuling New Confero. Mobil ini memiliki odometer yang sangat stylish dan modern. Bukan hanya kualitas odometernya bagus, namun tampilannya juga membuat bagian dalam mobil menjadi lebih elegan.

Demikian ulasan lengkap mengenai fungsi dan cara kerja odometer mobil. Semoga semua bahasan dalam artikel ini bisa menjadi referensi terbaik dan bisa bermanfaat untuk para pembacanya.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer