Pentingnya Detailing Interior Mobil, Berapa Kisaran Harga?

27 December, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Pentingnya Detailing Interior Mobil, Berapa Kisaran Harga?

Detailing interior mobil dapat membuat kabin semakin bersih dan rapi. Bahkan ada yang bisa sampai membuat interior mobil layaknya baru keluar dari dealer meski mobil keluaran lama.

Karena sering dipakai dan cukup jarang dicuci dengan bersih, terkadang bagian dalam interior mobil bisa kotor. Baik itu kotoran yang terlihat seperti debu dan pasir, namun ada pula kotoran yang menempel pada bagian dashboard dan plafon hingga membuat warnanya kusam. Apalagi Anda merokok dan makan di dalam mobil tentu membuat bagian interior mobil cepat kotor, yang mana asap rokok akan meninggalkan noda kusam pada bagian interior dalam mobil dari asapnya.

Ketika sudah memiliki mobil, tentu alangkah lebih baik untuk selalu menjaga kebersihan dan nilai estetikanya agar nyaman saat digunakan. Sebagai contoh, ketika Anda memiliki Wuling BinguoEV yang memiliki interior classic dengan gaya elegan, tentu akan sangat sayang bila bagian interiornya kotor dan kusam.

Melihat bagian dalam interior Wuling BinguoEV yang menggabungkan konsep iconic dan modern, namun tetap menghadirkan sentuhan timeless. Memiliki mobil dengan interior seperti ini tentu harus dijaga dan dirawat sebaik mungkin.

Maka dari itu, apabila mobil sudah dirasa cukup kotor, Anda dapat mencoba detailing interior mobil agar terlihat seperti baru, bersih dan wangi. Berikut ulasan mengenai detailing interior mobil.

Fungsi Detailing Interior Mobil

Fungsi Detailing Interior Mobil

Fungsi dari detailing interior mobil adalah untuk membuat kabin lebih bersih dan bisa kembali seperti baru layaknya mobil baru keluar dari dealer. Selain itu banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari detailing interior mobil.

  • Meningkatkan Penampilan Mobil

Detailing mobil memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah peningkatan estetika. Proses detailing melibatkan pembersihan interior mobil, seperti karpet, jok, dashboard, dan area lainnya yang sulit dijangkau.

Detailing juga melibatkan polishing, wax mobil, dan pembersihan yang dapat membuat cat mobil Anda tampak lebih berkilau dan baru. Oleh karena itu, mobil Anda akan tampak lebih rapi, baru, dan menarik.

  • Meningkatkan Kenyamanan Berkendara

Mobil yang bersih dan terawat pasti akan membuat perjalanan lebih nyaman. Detailing interior mobil dapat menghilangkan bakteri dan bau tak sedap di dalam mobil. Ini juga dapat menghilangkan kotoran dan noda yang mungkin menumpuk di jok, karpet, dan area lainnya.

  • Mencegah Kerusakan

Detailing mobil dapat mencegah mobil dari kerusakan. Proses ini melibatkan pemeriksaan mobil Anda secara menyeluruh, yang dapat membantu menemukan masalah kecil sebelum berkembang menjadi kerusakan yang lebih serius.  Misalnya, detailing dapat menemukan goresan kecil pada cat mobil Anda, yang jika dibiarkan akan menjadi karat.

  • Meningkatkan Nilai Jual Mobil

Detailing mobil juga dapat meningkatkan nilai jual mobil Anda. Jika berencana untuk menjual mobil di masa mendatang, detailing mobil bisa menjadi investasi yang baik.

Mobil yang terawat baik dan tampak seperti baru tentu akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Melakukan detailing secara teratur juga dapat membantu menjaga mobil tetap dalam kondisi baik, yang pada gilirannya dapat meningkatkan nilai jualnya.

Langkah-Langkah Detailing Interior Mobil

Langkah-Langkah Detailing Interior Mobil

Detailing mobil pada umumnya ada dua, yaitu detailing interior dan eksterior. Keduanya memiliki tujuan yang sama namun memiliki langkah-langkah yang berbeda.

Berikut langkah-langkah detailing interior mobil:

  • Mengeluarkan Kotoran Dari Mobil

Proses pertama untuk detailing interior mobil adalah membersihkan semua kotoran. Ini termasuk bekas makanan, tisu, dan kotoran lainnya. Kemudian, lepaskan karpet dan bersihkan dengan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu.

  • Membersihkan Debu Dashboard Mobil

Setelah membersihkan karpet dan kotoran dari dalam mobil, Anda bisa melanjutkan dengan membersihkan dashboard mobil. Membersihkan bagian ini Anda dapat menggunakan alat penyedot debu atau menggunakan lap basah, seperti kanebo.

  • Memperbaiki Bagian Interior yang Rusak

Setelah selesai membersihkan semua bagian dalam mobil Anda, saatnya untuk memeriksa seluruh interior mobil Anda untuk mengetahui apakah ada bagian yang mungkin rusak. Misalnya, karpet yang sobek, sarung jok yang sobek, atau bagian atap yang rusak. Jangan lupa untuk membersihkan atap mobil.

  • Membersihkan Jok Mobil

Selain itu, jangan lupakan untuk membersihkan jok mobil. Buka sarung jok Anda terlebih dahulu dan bersihkan satu per satu. Jika tidak ingin melepas sarung jok, Anda dapat membersihkannya dengan kondisi terpasang. Namun, perhatikan penggunaan cairan khusus untuk membersihkannya agar tidak merusak sarung joknya.

Harga Detailing Interior Mobil

Untuk mendapatkan hasil maksimal dan membuat mobil terlihat seperti baru, akan ada biaya yang cukup mahal. Biaya detailing mobil ini bervariasi tergantung pada ukurannya. Mobil kecil biasanya kisaran harga sekitar Rp2,4 juta, mobil medium kisaran harga Rp2,6 juta, dan mobil besar berkisar harga Rp2,8 juta.

Anda juga dapat memilih paket detailing yang berbeda mencakup detailing mesin, interior, dan eksterior mobil. Detailing eksterior saja membutuhkan biaya sekitar Rp1,4 juta hingga Rp1,6 jutaan, dan detailing mesin membutuhkan biaya sekitar Rp500 ribu hingga Rp700 ribuan.

Setelah menyimak penjelasan di atas, tentu sedikit banyak Anda akan memahami mengenai manfaat dan pentingnya detailing interior mobil. Ketika memiliki mobil yang bagian interiornya kotor dan banyak bagian yang sudah kusam karena kotoran membandel, Anda dapat mengubahnya menjadi seperti baru dengan detailing interior mobil.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer