Penyebab Mobil Tersendat-Sendat Saat Jalan dan Cara Mengatasinya

24 June, 2024
clock-bold
5 menit membaca

Image Penyebab Mobil Tersendat-Sendat Saat Jalan dan Cara Mengatasinya

Mobil terasa tersendat sendat saat jalan, tentu membuat pengalaman berkendara tidak nyaman. Kejadian seperti ini cukup umum dialami oleh para pemilik mobil bila kendaraannya mengalami sebuah masalah.

Saat pengalaman ini terjadi, tidak perlu panik. Paling mudah adalah dengan menghubungi atau membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa oleh mekanik terpercaya. Namun bisa juga Anda memeriksa sendiri apabila paham dalam mengutak-atik mesin mobil.

Meski begitu, tetap berhati-hati saat memeriksa karena umumnya mobil yang tersendat-sendat di jalan berhubungan dengan dampak dari masalah komponen mesin. Nah, agar Anda lebih paham dan bisa lebih tenang ketika menghadapi kondisi tersebut, simak ulasan penyebab dan cara mengatasinya berikut ini:

Penyebab Mobil Tersendat-Sendat Jalan

Penyebab Mobil Tersendat-Sendat Jalan

Jika mobil tersendat saat di jalan, itu biasanya menunjukkan masalah pada sistem pengapian atau bahan bakar. Sangat penting untuk memperbaiki sistem pengapian mobil secepat mungkin karena sangat penting.

Jika mobil dibiarkan terlalu lama, penyebab mobil tersendat sendat dapat berdampak pada komponen mesin lainnya. Berikut penyebab umum mobil tersendat-sendat:

  • Sistem Pengapian Bermasalah

Selain itu, masalah pada sistem pengapian dapat menyebabkan mobil tersendat. Masalah ini biasanya menyebabkan gejala kurangnya tenaga pada mesin, terutama saat melewati tanjakan. Proses pembakaran yang tidak sesuai adalah salah satu dari banyak kemungkinan.

  • Sistem Bahan Bakar Bermasalah

Salah satu alasan mobil tersendat sendat saat berkendara adalah masalah dengan sistem bahan bakar. Beberapa komponen yang harus Anda periksa termasuk karburator, injektor, filter, pompa, dan karburator karena yang disebutkan adalah sistem bahan bakar.

Salah satu contohnya adalah kerusakan pada bagian filter bahan bakar. Filter yang rusak atau tersumbat oleh kotoran akan menyebabkan aliran bahan bakar tersumbat. Karena ada sumbatan pada filter, proses pembakaran pasti tidak berjalan dengan normal. Akibatnya, mobil akan tersendat.

  • Sistem Injeksi Rusak

Sistem injeksi bisa terjadi masuk angin yang tidak hanya terjadi pada orang saja, namun juga bisa terjadi pada mobil ketika udara atau angin masuk ke saluran bahan bakar.

Kondisi ini juga dapat menyebabkan mobil nyendat atau brebet pada kecepatan rendah. Jika udara atau angin masuk ke sistem pembakaran bahan bakar, akan terbentuk gelembung udara, yang menyebabkan tekanan bahan bakar yang tidak stabil.

  • Sensor Mengalami Kerusakan

Sistem injeksi yang kemasukan angin, masalah atau kerusakan pada sistem sensor unit kontrol elektronik (ECU) dapat menyebabkan mobil nyendat di RPM rendah atau tersendat-sendat saat berkendara.

Jika sensornya rusak, pengiriman sinyal data ke ECU menjadi tidak akurat dan penyuplaian bahan bakar menjadi buruk.

  • Kualitas Busi Buruk

Busi berfungsi sebagai pemercik api dan sangat penting untuk kinerja mesin. Jika kekuatan memantiknya kurang, percikan api akan sangat kecil atau sama sekali tidak ada. Mobil yang tersendat-sendat dapat disebabkan oleh busi yang terlalu lama atau kualitas busi yang buruk.

Cara Mengatasi Mobil Tersendat Sendat

Cara Mengatasi Mobil Tersendat Sendat

Cara mudah untuk mengatasi mobil tersendat-sendat adalah memanggil atau membawa mobil ke bengkel, untuk pemilik mobil yang tidak tahu apa penyebab dan bagaimana mengatasi kondisi mesin mobil yang tersendat.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengecek dan memperbaiki mobil Anda, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersendat:

  • Rutin Bersihkan Injeksi

Salah satu cara untuk mencegah mobil tersendat saat digas di jalan adalah melakukan perawatan atau servis mobil secara teratur, melakukan pengecekan, dan membersihkan komponen sistem pembakaran.

Di antaranya adalah filter bahan bakar, yang jika tidak dibersihkan dengan sering akan menghambat pasokan bensin atau tersumbat oleh kotoran.

  • Cek Kondisi Busi

Cek busi yang sudah tua atau rusak selain memperbaiki sistem pembakaran secara teratur. Saat pedal gas diinjak di kemudian hari, ini dapat menyebabkan mesin tersendat. Jika kinerja mesin menurun, segera ganti busi dengan baru yang berkualitas tinggi. Ini akan membantu mesin dan sistem pembakaran bekerja kembali dengan baik.

  • Servis ECU

Karena masalah sensor ECU, mungkin tidak semua pemilik mobil tahu kenapa mobil mereka tersendat. Namun, selama komponen PCB (Printed Circuit Board), IC (Integrated Circuit), dan kapasitor tidak rusak, kerusakan pada ECU mobil masih dapat diperbaiki.

Jika sensor ECU rusak, Anda dapat membawa unit ECU mobil secara langsung ke bengkel untuk dicek secara fisik. Di bengkel, komponen internal akan diperiksa dengan alat multitester.

  • Gunakan BBM yang Sesuai

Meskipun harganya lebih tinggi, menggunakan BBM dengan oktan yang lebih tinggi akan meningkatkan kinerja sistem bahan bakar mesin mobil Anda. Untuk menghindari masalah seperti mobil brebet saat digas dan mesin tersendat saat dikendarai, pahami juga kompresi mesin mobil Anda.

Dampak Mobil Tersendat Tidak Diperbaiki

Apabila mobil yang tersendat-sendat di jalan tidak segera diperiksa atau diperbaiki, dapat menjadi masalah yang lebih serius di masa depan. Masalah yang serius akan membuat perbaikan lebih sulit dan lebih mahal. Seperti mesin mobil menjadi sulit dinyalakan atau mati total saat pedal gas diinjak untuk meningkatkan akselerasi.

Berikut beberapa masalah yang bisa dijumpai ketika mobil tidak segera diperbaiki:

  1. Mesin mobil sulit dinyalakan saat pagi hari.
  2. Mesin tersendat dan sulit dinyalakan meski telah digunakan (dalam kondisi panas).
  3. Mesin tersendat saat pedal gas diinjak untuk meningkatkan akselerasi (khususnya untuk mobil yang berusia di atas 5 tahun).
  4. Merosotnya tenaga yang dihasilkan mesin.
  5. Mesin mobil hidup dan mati berulang kali.
  6. Lampu indikator oli menyala terus meski mobil telah dikendarai.
  7. Mesin mobil mengeluarkan suara mendesis dan knocking (menggelitik).

Dari berbagai masalah yang dialami oleh mobil yang tersendat-sendat saat jalan, menggunakan mobil mobil jenis hybrid masalah seperti ini akan sangat kecil terjadi. Seperti pada mobil Wuling Almaz Hybrid yang menggunakan mesin konvensional dengan bahan bakar dan motor listrik dengan daya baterai listrik.

Wuling Almaz Hybrid di varian New Almaz RS Pro Hybrid memiliki mesin berkapasitas 2.000 cc, 4-silinder, dan tanpa turbo. Melihat dari spesifikasinya tersebut, Almaz Hybrid dapat menghasilkan tenaga hingga 123 Tk pada 5.600 rpm. Sementara torsinya, dapat mencapai 169 Nm pada rentang 4.000 rpm hingga 4.400 rpm. Mobil Hybrid ini sudah didukung Permanent Magnet Synchronous Motor, yang mana dapat menghasilkan tenaga sebesar 174 Tk dan torsi 320 Nm.

Kini Anda dapat memahami apa yang harus dan tidak dilakukan untuk mengatasi masalah mobil tersendat-sendat. Pastikan untuk selalu merawat mobil Anda secara berkala supaya kondisi mobil selalu dalam keadaan prima.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer