Serba-Serbi Fungsi ESC Pada Mobil | Wuling

Auto Tips

Serba-Serbi Fungsi Fitur ESC Pada Mobil

1 Juli, 2019

Image Serba-Serbi Fungsi Fitur ESC Pada Mobil

Apakah pengguna Wuling sudah mengenali bahwa sistem dan fitur keselamatan mobil Wuling sudah dilengkapi tidak hanya ABS (Anti-Lock Braking System) tetapi setingkat lebih canggih, yaitu ESC (Electronic Stability Control)? Apa fungsi dari fitur ESC ini?

Kehadirannya menyempurnakan sistem pengamanan pada ban yang sudah lebih dulu dijaga oleh ABS. fitur ini bisa dirasakan fungsinya saat Anda berkendara dalam kecepatan yang tinggi, lalu dengan mendadak menginjak pedal rem. Tetapi sebaiknya hindari mengebut di jalan raya, ya. Namun begitu, akan lebih baik mengetahui fungsi dan cara kerja fitur ESC ini.

Cara Kerja ESC

Cara Kerja ESC

Pada dasarnya, fitur yang bekerja secara elektronik ini terus menerus membaca pergerakan setiap roda sehingga ketika Anda menginjak pedal rem, setiap roda dipastikan tidak terkunci dan dapat membantu laju mobil tetap mulus dan tidak membuat mobil memutar 180° atau bahkan terbanting dan terguling.

Walaupun Anda bukanlah seorang pembalap dan tidak sedang menggunakan mobil balap, sebaiknya fitur ESC tetap dibiarkan aktif pada mobil Wuling Anda, agar memberikan keamanan ekstra saat sedang menyetir mobil.

Saat menyetir dan ada kendaraan lain di depan, pasti Anda akan berada di dalam situasi harus melakukan manuver, seperti berbelok, mengerem, dan menyalip. Di saat inilah kecepatan kaki dan kelihaian kedua tangan Anda dalam mengontrol setir kemudi serta tuas persneling akan dibantu dari sisi mesin dan system elektroniknya untuk membuat setiap roda tidak selip. Kemudian system elektroniknya akan menentukan roda mana yang akan diberi tumpuan rem lebih berat agar laju mobil tetap stabil.

Mencari Tahu Kondisi ESC

Mencari Tahu Kondisi ESC

Wuling sangat memperhatikan kebutuhan ini agar tersedia di setiap mobil produksinya, karena tidak hanya kenyamanan namun keselamatan setiap penumpang merupakan hal yang harus selalu diperhatikan dan diutamakan.

Pertanyaannya, bagaimana Anda mengetahui apakah fitur ESC di mobil Wuling tetap dalam kondisi yang baik dan terjamin sementara Anda tidak pernah mengetesnya karena tidak pernah kebut-kebutan di jalan?

Jawabannya: periksakan kondisi mesin mobil Anda secara rutin di bengkel resmi Wuling yang tersebar 91 dealer di seluruh Indonesia, agar tidak hanya fungsi fitur ESC saja yang tetap prima, tetapi kondisi mesin lainnya juga berfungsi dengan baik. Salam Drive for a Better Life!