3 Ragam Jenis Kaca Atap Mobil | Wuling

Life Style

Kenali 3 Ragam Jenis Kaca Atap Mobil

10 Januari, 2020

Image Kenali 3 Ragam Jenis Kaca Atap Mobil

Ada berbagai jenis kaca atap yang terpasang pada mobil. Saat ini ada tiga jenis yang umum terpasang pada mobil yaitu sunroof, moonroof, dan panoramic roof. Sunroof bahkan sering disebut-sebut sebagai moonroof. Padahal ketiganya berbeda dari sisi penggunaan dan manfaatnya. Tak sedikit masyarakat menginginkan mobil yang ada atapnya ada kaca tersebut.

Lalu, apa saja perbedaan ketiga jenis tersebut? Simak paparan di bawah ini.

Sunroof

Sunroof

Mobil yang atapnya menggunakan jenis sunroof, dapat dibuka dan ditutup dengan menggunakan sistem elektrik. Mobil beratap sunroof memungkinkan cahaya, udara segar, atau keduanya masuk ke dalam kabin mobil. Atau untuk lebih mudah menggambarkannya ada jendela di atap mobil.

Biasanya sunroof mengusung dua jenis panel yakni terbuat dari logam padat yang sama dengan eksterior langit-langit mobil dan dapat ditarik dengan tangan untuk membuka panel kaca. Di atasnya terdapat kaca yang berwarna dapat dimiringkan ke belakang sehingga memungkinkan udara dari luar masuk ke dalam kabin.

Moonroof

Moonroof

Sementara moonroof, sebenarnya merupakan salah satu jenis dari sunroof. Hanya saja material dan kegunaannya berbeda. Moonroof dibuat agar si pemilik mobil dapat menikmati pemandangan di malam hari di atap tanpa harus keluar mobil ataupun membuka atap mobil.

Moonroof mengusung panel kaca berwarna sehingga memungkinkan cahaya dan udara masuk tanpa harus menggeser visor-nya. Tapi di jaman sekarang, moonroof juga dibekali pelapis logam untuk menghalau cahaya matahari masuk langsung ke dalam kabin terutama di siang hari.

Biasanya atap moonroof terbuka sedikit agar udara dan cahaya bisa masuk tak selebar sunroof. Namun ada juga beberapa pabrikan yang sekarang membuat moonroof dapat terbuka lebar layaknya sunroof.

Kemudian sistem kerja moonroof dan sunroof juga sedikit berbeda. Atap sunroof akan dibuka keluar ketika diaktifkan, sementara moonroof kaca bakal terbuka ke belakang masuk ke dalam atap mobil. Hingga saat ini tak ada standar tertentu untuk membedakan antara atap sunroof dan moonroof. Sebagai informasi, pada tahun 80-an atap sunroof hanya berlapiskan logam yang tidak memiliki kaca.

Panoramic Roof

Panoramic Roof

Kemudian beberapa tahun terakhir muncul lagi atap mobil bernama panoramic roof yang biasanya tersemat di mobil-mobil mewah. Semakin ke sini, panoramic roof semakin populer terpasang SUV berlabel premium.

Jenis ini umumnya mirip dengan moonroof yang memiliki panel kaca besar membentang di atap, tepat di atas penumpang depan hingga penumpang di baris kedua. Atap panoramic ini bisa terbuka lebih lebar dibandingkan moonroof pada umumnya. Panoramic roof juga memiliki kerai pelapis agar kabin tetap dingin ketika lapisan kacanya ditutup, tapi pemandangan di langit tetap terlihat.

Panoramic roof  menawarkan tampilan berbeda pada interior mobil sehingga menjadi lebih mewah. Seperti interior Wuling Almaz yang sudah mengusung fitur canggih ini. Anda bisa melihat pemandangan di siang maupun alam hari tanpa perlu membuka atap mobil. Sudah pasti kaca atap mobil jenis panoramic roof pada Almaz begitu elegan dan berkelas.

Quick Help