7 Penyebab Temperatur Mobil Naik dan Mengantisipasinya | Wuling

Life Style

7 Penyebab Temperatur Mobil Naik dan Mengantisipasinya

5 Oktober, 2020

Image 7 Penyebab Temperatur Mobil Naik dan Mengantisipasinya

Apakah Anda pernah berada dalam kondisi temperatur mobil mendadak naik? Apalagi hingga mesin mengeluarkan asap, jelas akan membuat siapapun panik saat menghadapinya. Kondisi ini sangat menggangu, terutama apabila Anda tidak mengetahui apa yang menjadi penyebab temperatur mobil naik.

Mesin yang terlalu panas memang mungkin terjadi, terutama apabila mobil tidak berada dalam perawatan yang baik. Keadaan ini sebaiknya harus segera diatasi, karena dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada mobil Anda. Untuk mencegah keadaan ini, ada baiknya Anda mengetahui apa yang menjadi penyebab temperatur mobil menjadi naik.

Air Radiator

Air Radiator

Ini adalah penyebab permasalahan temperatur mobil naik yang paling umum terjadi. Air radiator yang habis dapat berpengaruh langsung ke sistem pendinginan mesin tidak dapat bekerja optimal. Sebaiknya selalu perhatikan air radiator, segera tambahkan air radiator kalau ketinggiannya berkurang untuk mencegah mesin mobil menjadi panas.

Selain habisnya air radiator, kesalahan dalam pemilihan air radiator juga dapat menjadi pemicu mesin mobil menjadi panas. Kebanyakan pengguna mobil hanya menggunakan air biasa ataupun air mineral, permasalahannya dalam air ini mengandung mineral dan logam yang dapat menyebabkan penyumbatan radiator ataupun mesin. Sebaiknya selalu gunakan radiator coolant supaya proses pendinginan dapat semakin optimal.

Baca Juga: 6 Cara Agar Mesin Overheat Tidak Terjadi Pada Mobil

Permasalahan Radiator

Permasalahan Radiator

Kondisi pada radiator juga menjadi penyebab umum kedua yang paling banyak ditemui. Ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab temperatur mobil menjadi naik, seperti selang radiator yang mengalami kebocoran, berkerak dan macet. Kondisi radiator yang seperti ini akan menghambat sirkulasi air radiator sehingga mesin menjadi mudah panas.

Penyebab lainnya adalah radiator bocor yang disebabkan karena terjadinya korosi pada kisi kisi radiator. Penyebab kebocoran ini salah satunya adalah kesalahan penggunaan air radiator yang menyebabkan terkikisnya bagian kisi kisi radiator. Akibatnya radiator tidak dapat mendinginkan mesin dengan cepat dan temperatur mobil akan cepat naik.

Permasalahan Water Pump

Tugas utama water pump adalah mengalirkan air radiator ke seluruh mesin untuk mempercepat proses pendinginan mesin. Jika air radiator kotor atau terlalu banyak kotoran yang menumpuk, ini dapat menghambat aliran air untuk bergerak melalui pompa, akibatnya suhu mesin akan meningkat karena sirkulasi air tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Cuaca Panas dan Pengaruhnya pada Mobil

Oli

Oli

Selain melumasi bagian-bagian mesin, oli kendaraan membantu mengontrol suhu secara keseluruhan. Oli sangat membantu untuk mengurangi gesekan antar logam pada komponen mesin mobil. Oli dengan kualitas yang kurang baik akan cepat menguap, sehingga pelumasan di dalam ruang mesin akan menjadi berkurang. Gesekan inilah yang akan membuat mesin mobil menjadi panas, selain itu level oli yang terlalu rendah juga dapat meningkatkan suhu mesin.

Kegagalan Thermostat

Kegagalan Thermostat

Thermostat di dalam mesin mobil memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk mengatur suhu mesin. Kegagalan termostat dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin karena thermostat tidak akan terbuka walaupun temperatur sudah tinggi. Akibatnya siklus pendinginan mesin tidak akan bekerja karena air radiator berhenti.

Baca Juga: Pentingnya Ganti Oli Mesin Mobil

V-Belt atau Tali Kipas

V-Belt atau Tali Kipas

V-Belt atau tali kipas memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga temperatur mobil tetap stabil. Permasalahan pada V-belt akan berimbas pada terganggunya fungsi water pump, pada beberapa tipe mobil juga akan mengganggu kinerja kipas radiator. Selalu cek kondisi V-belt supaya selalu berada pada kondisi yang baik. Kalau melihat kondisi retak atau sobek sedikit, sebaiknya segera dilakukan penggantian untuk menghindari resiko putus di tengah jalan.

Kipas Radiator tidak Bekerja

Kipas Radiator tidak Bekerja

Pada beberapa tipe mobil, kipas radiator tersambung dengan V-belt sehingga saat fungsi V-belt terganggu kipas radiator juga akan terganggu. Namun pada beberapa tipe mobil terutama seri baru, kipas radiator menggunakan tenaga listrik. Sehingga switching yang rusak, melemah atau bahkan macet akan sangat mengganggu siklus pendinginan mesin mobil dan mesin mobil akan cepat panas.

Nah sahabat wuling, ada baiknya untuk selalu melakukan pengecekan berkala terhadap kondisi mobil ini. Kurangnya perawatan pada hal hal yang sudah disebutkan diatas akan menjadi faktor utama penyebab temperatur mobil menjadi naik. Lakukan perawatan berkala supaya terhindar dari permasalahan ini ya.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik