Cara Parkir Mundur yang Benar, Penting untuk Pemula!  | Wuling

Life Style

Cara Parkir Mundur yang Benar, Penting untuk Pemula! 

27 Februari, 2021

Image Cara Parkir Mundur yang Benar, Penting untuk Pemula! 

Punya mobil merupakan impian buat banyak orang, karena mobil bisa membantu atau menunjang saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Pada saat Anda belajar mengendarai mobil, maka anda juga harus belajar untuk memarkirkan mobil dengan benar termasuk memahami cara parkir mundur yang benar.

Parkir kendaraan merupakan sebuah hal yang tidak mudah untuk dilakukan, karena harus penuh konsentrasi dan harus dilakukan dengan teknik yang benar. Parkir kendaraan mobil sulit dilakukan, karena penglihatan anda akan sangat terbatas. Namun untuk melakukan dapat melakukan parkir mundur dengan tepat, tentu ada beberapa cara yang bisa dijalankan.

Untuk membantu Anda, berikut ini adalah cara parkir mundur yang benar untuk dilakukan:

1. Kuasai Area Parkir

Kuasai Area Parkir

Ketika Anda melakukan parkir mobil, maka harus mengetahui area parkirnya dan Anda harus mengenal detail area parkirnya. Untuk memudahkan anda melakukan parkir, maka Anda bisa melihat atau menoleh ke belakang menggunakan kaca spion.

Pastikan posisi tangan kanan Anda berada di roda kemudi dalam posisi jarum 12 dan silahkan lepaskan tangan kiri. Silahkan menoleh ke bagian kiri dan cek kondisi parkir, sehingga Anda paham harus mundur kemana. Pastikan juga melihat ke bagian depan, apalagi saat membelokan mobil sambil mundur dan hal ini akan membuat bagian depan mobil tidak akan menabrak atau mobil tidak akan bergesekan dengan benda sekitarnya.

2. Jangan Tegang

Jangan Tegang

Saat Anda memarkirkan kendaraan, pastikan bersikap tenang alias jangan tegang. Apabila Anda memarkirkan mobil dalam posisi tegang, maka akan membahayakan keselamatan mobil. Dengan sikap yang tenang, maka Anda bisa memarkirkan kendaraan dengan tepat dan sesuai, sehingga posisi mobil bisa terparkir secara pas.

3. Pahami Arah Belok

Pahami Arah Belok

Memahami arah belok kendaraan sangatlah penting untuk dilakukan, agar Anda bisa memarkirkan kendaraan dan mengemudi kendaraan dengan baik. Apabila Anda ingin memundurkan kendaraan ke arah kanan, maka bisa memutar kemudi ke kanan dan saat akan membelokan mobil ke kiri, maka Anda harus memutar kemudi ke arah kiri. Sebelum membelokkan arah mobil pastikan area di sekitar bagian depan mobil benar benar aman ya.

4. Gunakan Rem dan Mundur Perlahan

Gunakan Rem dan Mundur Perlahan

Dalam memarkirkan kendaraan, maka anda harus mengendalikan gas dan mengendalikan rem untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Anda harus memiliki kaki yang bekerja secara fleksibel antara menginjak kopling, rem dan gas.

Apabila Anda sudah menemukan ruang parkir yang tepat dan Anda harus mengarahkan kendaraan ke area sisi, sehingga tidak menghalangi kendaraan lain. Anda juga harus sejajarkan posisi engsel pintu bagian belakang dengan garis parkir.

Anda harus memundurkan mobil secara perlahan sambil memutarkan kemudi, supaya mobil akan menjauhi ruang parkir. Anda juga harus memastikan bumper belakang sejajar dengan bagian depan mobil yang sudah terparkir sebelumnya.

Anda tinggal pindahkan transmisi ke gigi mundur dan silahkan putar kemudi ke arah yang berlawanan sambil mundur secara perlahan. Pastikan cek spion untuk melihat bagian belakang mobil, sehingga bagian depan dan belakang bisa sejajar.

Pastikan luruskan atau balas kemudi, ketika bahu Anda sejajar dengan bemper mobil bagian depan yaitu di kiri dan kanan. Setelah kemudi berhasil diluruskan, maka selanjutnya harus mundur secara perlahan dan saat memundurkan mobil, anda harus berhati-hati.

Apabila parkir dirasa sudah selesai, pastikan posisi mobilnya lurus. Dengan parkir yang tepat, maka mobil akan aman dan juga harus memarkirkan mobil di area yang datar, agar mobil aman.

Melakukan parkir mundur membutuhkan keahlian khusus, pastikan Anda sudah benar-benar mempelajari cara yang sudah kami berikan diatas sebelum mempraktekannya. Semakin banyak belajar dan mencoba, Anda pasti bisa menguasai cara parkir mundur yang benar. Selamat mencoba!

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik