Lifestyle

Mana Jenis Mobil Yang Penggunaannya Untuk Keluarga? MPV atau SUV?

13 Maret, 2019

Image Mana Jenis Mobil Yang Penggunaannya Untuk Keluarga? MPV atau SUV?

Anda sedang memilih mobil untuk keluarga? Umumnya orang-orang akan dihadapkan pada 2 pilihan jenis mobil yaitu SUV atau MPV jika berkaitan dengan mobil keluarga. Keduanya mampu mengakomodir kebutuhan keluarga terutama untuk keluarga yang memiliki anggota hingga 4-5 orang.

Kedua mobil ini memiliki perbedaan satu sama lainnya. Sebelum memutuskan untuk memilih SUV atau MPV sebagai kendaraan utama keluarga Anda. Ada baiknya Anda membaca artikel ini sampai habis untuk mengetahui lebih lengkap tentang perbedaan SUV dan MPV.

 

Dilihat Dari Tujuan Penggunaan Mobil

 

Perbedaan yang paling terlihat diantara kedua jenis mobil ini adalah tujuan dari penggunaannya. SUV atau Sport Utility Vehicle merupakan jenis mobil yang ditujukan untuk dapat melewati berbagai jalan dan medan yang susah dan menantang ataupun digunakan sebagai keperluan olahraga-olahraga yang menantang adrenalin. SUV sejatinya merupakan perpaduan antara sedan dan jip. Dengan bodi besar serta ground clearance tinggi, model ini memang ditujukan untuk menembus berbagai kondisi jalan, baik jalan raya dengan kontur jalan halus atau jalan tanah dengan kontur bergelombang atau rusak.

Sedangkan MPV atau Multi Purpose Vehicle merupakan jenis mobil yang memang dirancang untuk keluarga. Mobil ini mengutamakan kenyamanan dan keamanan berkendara. Mobil yang dapat menampung hingga 7-8 orang penumpang di dalamnya ini juga sering dilengkapi dengan bagasi yang cukup luas. Ditambah lagi dengan sistem jok yang dapat dilipat, membuat bagasi dapat menjadi lebih luas lagi.

 

Dilihat Dari Kapasitas Penumpang

 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mobil-mobil MPV memang diperuntukkan untuk keluarga. Sehingga tak heran jika memiliki kabin mobil yang cukup luas sehingga mampu menampung hingga 7-8 orang penumpang didalamnya. Sedangkan untuk mobil SUV, sebenarnya juga dapat dijadikan sebagai mobil keluarga hanya saja kapasitas penumpang yang dapat diangkut di dalam mobil lebih sedikit jika dibandingkan dengan mobil MPV.

 

Dilihat Dari Kapasitas Mesin

 

Hal lainnya yang menjadi perbedaan cukup signifikan antara mobil SUV dan MPV adalah pada mesin yang digunakan. Pada mobil SUV yang memang digunakan untuk melewati jalanan yang lebih menantang seperti off road, maka sudah pasti membutuhkan mesin dengan kapasitas yang besar. Rata-rata mobil SUV dibekali dengan mesin yang memiliki kapasitas hingga 1500 cc atau diatasnya. Sedangkan untuk mobil MPV sendiri kebanyakan dilengkapi dengan mesin berkapasitas dibawah 1500 cc, sehingga MPV lebih cocok untuk digunakan di jalanan yang rata.

 

Dilihat Dari Bodi Mobil

 

Sesuai dengan tujuannya, mobil SUV memang diperuntukkan untuk melewati medan yang sulit dilalui. Sehingga pembuatan mobil SUV menggunakan stuktur body on frame atau bodi mobil yang diposisikan berada diatas sasis. Cara ini memang dilakukan agar mobil dapat mudah melintasi jalanan yang off road sekalipun seperti tanah berlumpur hingga bebatuan. Keberadaan sasis ini memang membuat struktur mobil menjadi lebih kuat serta tidak mudah untuk berubah bentuk.

Sedangkan MPV memang didesain lebih tinggi dan lebar sehingga kabin mobil menjadi lebih luas. Hal ini lah yang membuat jenis mobil MPV lebih diperuntukkan sebagai mobil keluarga.

 

Dilihat Dari Sistem Penggerak 

 

Pada awal produksi mobil SUV, jenis mobil ini menggunakan sistem penggerak 4wd (Four Wheel Drive) yaitu 4 penggerak roda. Hal ini dikarenakan sistem penggerak ini dapat menghasilan tenaga dari mesin yang lebih besar yang disalurkan menuju semua roda agar dapat menggerakkan kendaraan. Namun seiring dengan berjalannya waktu beberapa SUV kini menggunakan sistem pengerak dua roda agar lebih menghemat konsumsi bahan bakar.

Berbeda dengan mobil MPV, Hampir semua mobil MPV menggunakan sistem penggerak dua roda, bahkan hal ini masih dibagi lagi yaitu penggerak roda depan atau penggerak roda belakang.

 

Dilihat Dari Ground Clearance

 

Perbedaan lainnya yang paling terlihat dari jenis mobil SUV dan MPV adalah pada ground clearance nya atau jarak dari bodi ke tanah. Untuk mobil SUV sendiri karena ditujukan untuk melewati berbagai medan yang sulit sekalipun mulai dari on road hingga off road, tak heran jika ground clearance nya cukup tinggi. Berbeda dengan mobil MPV yang memang digunakan untuk keperluan mengendarai umumnya, rata-rata memiliki ground clearance yang rendah jika dibandingkan dengan mobil SUV.

 

Dilihat Dari Harga Mobil

 

Sebenarnya untuk harga mobil, baik MPV ataupun SUV memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan kategori mobil-mobil tersebut. Namun kebanyakan yang ada di pasaran, harga mobil MPV memang jauh lebih  terjangkau jika dibandingkan dengan SUV. Hal ini tidak mengherankan karena mobil SUV memang dilengkapi dengan fitur-fitur kelas premium. Bahkan harga mobil low SUV sendiri sama dengan MPV pada kelas terbaik.

Nah itu tadi beberapa perbedaan mobil SUV dan MPV. Setiap jenis mobil memiliki karakteristiknya masing-masing yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda sekeluarga. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.