Mengkilap atau Tidak? - Wuling Motors

Lifestyle

Mengkilap atau Tidak?

29 Januari, 2018

Image Mengkilap atau Tidak?

Bagi kebanyakan pemilik mobil, tampil berkilau dan bersih bersinar adalah hal yang hakiki. Apalagi jika mobil yang dimiliki adalah keluaran tahun lama, tapi ingin selalu terlihat seperti baru. Jadi, ke mana pun pergi mobilnya akan selalu menjadi pusat perhatian. Adakah yang sudah pernah memoles mobilnya?

Teknik poles mobil ini biasa disebut auto detailing. Ada beberapa tahapan yang perlu keluarga Wuling perhatikan di saat hendak melakukan teknik ini, baik dilakukan sendiri atau pun dengan bantuan teknisi yang lebih ahli, yaitu:

  1. Mencuci

Tentunya hal utama yang perlu dilakukan agar mobil selalu terlihat bersih adalah dengan mencucinya. Bayangkan segala macam debu dan air hujan serta zat-zat kimia lainnya yang dihadapi mobil dan membuatnya terlihat kusam. Namun, ingat, mencuci mobil pun harus dilakukan dengan teknik dan peralatan yang benar, jika salah, maka tampilan mobil malah akan jadi semakin parah. Jangan menggunakan sembarang sabun, tetapi carilah sampo khusus mobil sehingga kualitas cat mobilmu tetap terjaga.

  1. Koreksi cat

Saat mobil melaju di jalan, banyak sekali benda yang menyerangnya dari segala sisi; sinar UV dari matahari, air hujan, kerikil, ranting pohon, bahkan mungkin pengendara lain yang mengemudi dengan gradak-gruduk di sisi kanan kirimu. Kemudian saat kamu perhatikan sudah ada baret-baret di beberapa bagian bodi mobil atau efek oksidasi dari zat kimia dari air hujan dan garam yang membuatnya terlihat tak sedap dipandang. Di tahap inilah kamu akan membutuhkan kemampuan tenaga ahli untuk melakukan teknis compounding, polishing, serta glazing. Tujuan utamanya adalah membuat cat mobil tetap bagus dan melindungi bagian logam pada bodi mobil agar tidak karatan atau berkorosi. Melalui tiga teknik tadi, cat pada bodi mobilmu akan dilapisi dan kembali disempurnakan supaya terlihat tetap kinclong dan menarik.

  1. Proteksi

Setelah mobil dikoreksi catnya, maka tampilan pun akan kembali kinclong, namun hal itu tidak cukup, karena lapisan catnya belum diberikan pelindung. Lantas perlindungan seperti apakah yang baik atau disarankan untuk mobil Wulingmu? Wax atau sealant adalah bahan yang paling umum digunakan untuk melindungi tidak hanya mobil mobilmu, tapi juga ke ban dan kaca mobilmu, sehingga debu tidak mudah menempel. Kini, para penyedia jasa proteksi cat mobil akan menawarkan jenis perlindungan baru, yaitu nano ceramic coating. Bedanya terletak di kualitas; jika wax atau sealant mampu memberikan perlindungan dalam jangka waktu bulanan, maka nano ceramic coating mampu meberikan perlindungan hinggu setahun lebih. Fungsinya lebih kuat dan mampu memberikan efek hidrofobik (seperti efek daun talas yang menolak air), lebih tebal proteksinya sehingga mampu melindungi dari asam alami seperti zat kimia dan garam dari air hujan, dan tentunya melindungi dari sinar UV yang dapat menyebabkan oksidasi pada permukaan mobil. Seiring majunya teknologi, kini juga sudah ada jenis coating yang dinamakan clear bra—ini adalah sejenis plastic film yang bertugas mengamankan permukaan cat mobil dari segala kemungkinan baret dari kerikil, namun jenis pelapisan ini tegolong cukup mahal.

  1. Perawatan

Perawatan harus rajin dilakukan secara berkala, jadi pastikan jika kamu memiliki mobil maka kamu juga memiliki waktu yang cukup untuk berduaan dengan si mobil di tempat jasa cuci mobil dan detailing. Biasanya yang akan dilakukan di tempat jasa detailing untuk tujuan perawatan adalah memberikan efek last touch dan koreksi cat lagi jika diperlukan. Biasanya per enam bulan sekali adalah periode yang minimal untuk kunjungan ke tempat jasa detailing.

Semua perawatan ini pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka pastikan kamu kumpulkan informasi dari kanan kiri tentang alternatif tempat pelayanan jasa cuci mobil dan auto-detailing (biasanya ada yang sudah menjadi satu) yang tidak hanya terjangkau tetapi juga informatif tentang kebutuhan perawatan mobilmu. Poles terus mobil Wulingmu agar kelima berliannya tetap mengkilap!

Quick Help