Autotips

Merawat Wiper Mobil

17 Maret, 2018

Image Merawat Wiper Mobil

Bilah penyeka, atau yang biasa kita kenal dengan istilah Inggrisnya, yaitu wiper blade ternyata adalah salah satu aset penting di mobil kita yang harus selalu terawat jika kita ingin perjalanan terus terasa nyaman. Bilahnya yang terbuat dari bahan karet berfungsi untuk membersihkan kaca depan dari debu, air, dan kotoran yang mungkin menempel sepanjang perjalanan. Fitur ini akan sangat sering dipakai dan bermanfaat biasanya di kala hujan. Namun yang bahaya adalah saat musim panas di mana dia menjadi lebih rentan menjadi kering, getas atau rapuh, dan akhirnya pecah-pecah.

Di kala musim panas atau di bawah terik matahari langsung, materi yang terbuat dari bahan karet sangat mudah mengeras. Nah kali ini Wuling mau kasih kiat-kiat penting untuk merawat bilah penyeka kaca Keluarga Wuling agar tidak cepat usang & rusak.

Umur bilah penyeka

Umumnya bilah penyeka mobil Anda punya masa fungsional sekitar 6 hingga 12 bulan. Selain batas umur kewajaran pemakaian, pada rentang waktu tersebut kerusakan juga sangat mungkin terjadi, beberapa di antaranya yang menjadi indikator bilah penyeka Anda sudah mulai usang adalah dari suaranya yang mulai berderit, membekas di permukaan kaca saat digunakan, lapisannya mulai pecah, melompat saat bergerak (tidak bergerak halus dari kanan ke kiri).

Faktor yang bisa merusak

Ada beberapa faktor yang memungkinkan bilah penyeka mobil kita rusak, beberapa di antaranya sinar dan panas matahari, air yang tidak bersabun, pasir dan debu, kandungan kimia dan garam pada air hujan, zat kimia seperti minyak dari wax bodi mobil contohnya.

Cara perawatan

  • Yang pasti Keluarga Wuling perlu lakukan adalah menginspeksi paling tidak tiga bulan sekali. Pastikan permukaan bilah penyeka masih mulus dan lentur.
  • Kemudian, Anda harus lumayan rajin menyeka lapisannya menggunakan kertas tisu yang agak basah misalnya saat mengisi bensin atau sesaat setelah memarkir mobil, gunanya untuk membersihkan lapisannya dari debu atau mungkin minyak yang menempel.
  • Poles bilah karetnya dengan cairan pelindung bahan karet secara rutin. Usahakan juga untuk selalu menggunakan cairan khusus wiper dan tidak air biasa, agar lapisan karet pada bilah penyeka dapat mudah bergerak.
  • Terakhir, saat memarkir mobil, khususnya di lokasi yang panas dan terik, selalu angkat bilahnya agar tidak menempel ke kaca dan membuatnya mudah panas.

 

Pastikan kualitas

Saat Anda hendak mengganti bilah penyeka dengan yang baru, pastikan untuk mencari yang berkualitas dan tidak sekadar murah. Carilah yang berbahan silikon karet agar umurnya lebih panjang dan juga tidak mudah merusak lapisan kaca depan mobil Anda. Selalu rawat Wuling Anda secara berkala agar fisiknya tetap prima.

http://www.asapmobil.com/cara-merawat-karet-wiper-mobil-yang-baik/ 

http://www.silblade.com/How-to-Properly-Maintain-Your-Windshield-Wiper-Blades_b_7.html 

https://www.rainx.com/tips-information/wiper-blade-maintenance-tips/