6 Cara Mudah Menghilangkan Baret Mobil Tanpa ke Bengkel

1 February, 2021
clock-bold
5 menit membaca

Image 6 Cara Mudah Menghilangkan Baret Mobil Tanpa ke Bengkel

Baret pada mobil memang membuat tampilan menjadi tidak indah dipandang mata. Banyak pemilik mobil yang membiarkan baret, karena butuh biaya mahal untuk membetulkannya dan proses perbaikan juga memerlukan waktu yang lumayan lama.

Padahal, menghilangkan baret mobil tidak perlu menggunakan jasa bengkel dengan biaya yang mahal. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah menggunakan berbagai bahan yang berbiaya murah.

Baret atau goresan seringkali ditemukan di bagian luar mobil dan baret bisa ditimbulkan oleh berbagai faktor, baik disengaja atau tidak. Gesekan dengan kendaraan lain dan gesekan ranting menjadi penyebab baret yang paling banyak ditemukan.

Mobil juga sering menjadi bahan jail orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan perilaku ini biasanya dilakukan oleh anak-anak. Goresan seringkali sengaja dibuat di bodi mobil untuk tujuan yang tidak jelas.

Apakah Bisa Menghilangkan Baret dengan Biaya Murah?

Apakah Bisa Menghilangkan Baret dengan Biaya Murah?

Pergi ke bengkel untuk menghilangkan baret mobil menjadi hal yang berat untuk sebagian orang, karena pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Meskipun baretnya cuma sedikit, tetap saja harga jasanya terbilang mahal.

Untuk menghilangkan baret ringan di mobil bisa dilakukan dengan cara yang lebih simpel dan bisa dilakukan di rumah, tanpa harus membawa mobil ke bengkel. Tak hanya murah, namun barang-barangnya juga sangat mudah untuk ditemukan.

Menghilangkan baret mobil dengan biaya murah, tentu sangatlah bisa untuk dilakukan dan Anda bisa memanfaatkan berbagai barang yang sudah tersedia di rumah. Pasta gigi menjadi salah satu produk yang pasti dipakai dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pasti selalu ada di rumah.

Barang yang bisa dipakai untuk membetulkan baret seperti obat nyamuk cair, kompon, pasta gigi, cat khusus mobil, minyak rem dan tipe wax. Khusus untuk penggunaan cat harus dilakukan dengan hati-hati, agar tampilan mobil menjadi lebih baik.

Pakai Obat Nyamuk Cair

Pakai Obat Nyamuk Cair

Obat nyamuk cair memang tidak hanya berguna untuk menghindarkan gigitan nyamuk, namun bisa juga dipakai untuk berbagai keperluan lainnya dan salah satunya untuk menghilangkan baret pada bodi mobil. Salah satu bahan pembuatan obat nyamuk mampu menghilangkan lapisan baret mobil secara cepat dan aman.

Silahkan Anda persiapkan dulu obat nyamuk cair yang dibutuhkan, lalu tuangkan obat nyamuk cair ke sebuah lap yang memiliki bahan halus dan juga kondisinya kering. Apabila Anda menggunakan lap yang basah, maka kandungan dalam obat nyamuk akan menjadi hilang.

Setelah menuangkan obat nyamuk di lap, silahkan mengusap bagian bodi mobil yang baret dan pengusapan harus dilakukan secara perlahan dengan cara memutar sampai rata. Tunggulah hingga 15 sampai 20 detik, kemudian bilas menggunakan lap bersih dan kering.

Pakai Kompon

Pakai Kompon

Kompon merupakan salah satu krim yang memiliki bahan kimia di dalamnya dan kompon telah terbukti ampuh untuk menghilangkan goresan mobil secara cepat. Kompon biasanya akan bekerja dengan cara mengikis baret hingga bagian goresan menjadi tidak terlihat lagi.

Kompon memang terdiri dari berbagai macam dan salah satunya adalah kompon dengan warna putih. Secara umum, kompon putih sangat cocok untuk menghilangkan baret pada mobil dan kompon ini dipercaya memiliki daya kikis yang terbilang kuat.

Langkah penggunaannya bisa dimulai dengan membersihkan bagian goresan dengan air yang bersih, kemudian keringkan bagian baret yang akan dibersihkan menggunakan lap. Terakhir adalah mengoleskan kompon ke bagian mobil yang baret secara cepat, agar tidak keburu mengering komponenya.

Pakai Pasta Gigi

Pakai Pasta Gigi

Pasta gigi umumnya dipakai untuk membersihkan gigi dari berbagai kuman, namun pasta gigi juga bisa dipakai untuk membersihkan baret di sebuah mobil dan proses penggunaannya sangatlah simpel, sehingga sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Siapkan sebuah kain lembut dan bersih sebagai wadah pasta gigi. Sebelum diaplikasikan ke bagian baret mobil, pastikan mobilnya dalam keadaan bersih dan bagian baretnya telah dibersihkan dengan lap kering.

Silahkan Anda basahi kain dengan menggunakan air yang bersih dan tuangkanlah pasta gigi secukupnya sesuai dengan besarnya goresan atau baret. Gosokan pada bagian mobil yang baret secara merata dan proses menggosokan harus dilakukan dengan gerakan melingkar, agar hasilnya rapih.

Pengolesan baret mobil menggunakan pasta gigi memang kurang begitu efektif, apabila tidak dipadukan dengan bahan jenis lainnya. Namun cara pembersihan menggunakan pasta gigi akan efektif untuk baret atau goresan mobil yang tidak parah.

Cat Ulang

Cat Ulang

Untuk menghilangkan baret atau goresan yang berat pada mobil bisa dilakukan dengan mengecat ulang dan cara ini terbilang ampuh. Untuk mendapatkan hasil cat yang lebih bagus, sebaiknya menggunakan jasa cat profesional.

Apabila Anda memutuskan melakukan cat sendiri, maka Anda harus berhati-hati dalam melakukannya. Dengan proses yang baik, maka hasil cat akan lebih akurat dan bagus.

Cat mobil memang memberikan dampak yang sangat besar terhadap tampilan mobil. sehingga harus dilakukan dengan benar. Ketika melakukan kesalahan dalam proses cat, maka akan berdampak pada tampilan yang buruk dan seringkali mengharuskan perombakan atau cat ulang.

Pada dasarnya tidak semua mobil akan lebih baik saat dilakukan cat ulang, sehingga Anda harus mengetahui dulu kelayakan mobil untuk di cat ulang. Untuk melakukan cat ulang, tentu biaya terbilang mahal.

Sebelum melakukan proses cat ulang, pastikan bagian baret atau goresan telah diamplas secara halus. Cat mobil jangan dilakukan dengan cat penuh, namun harus dicampurkan dulu dengan tiner.

Pakai Minyak Rem

Pakai Minyak Rem

Minyak rem juga bisa dipakai untuk menghilangkan bekas goresan di bodi mobil. Peralatan lain yang perlu anda siapkan yaitu lap bersih dengan kanebo halus yang bersih dan kering.

Silahkan Anda tuangkan minyak rem ke kanebo yang kering, namun penggunaan minyak remnya jangan terlalu banyak. Lalu anda tinggal oleskan minyak rem di bagian mobil yang baret dan proses pengolesan harus dilakukan secara merata.

Penggunaan minyak rem juga bisa dilakukan dengan menuangkan minyak rem langsung di bagian mobil yang sudah tergores dan cara ini harus dilakukan dengan hati-hati, agar menghindarkan terkena poles bagian mobil yang lain.

Pakai Wax

Pakai Wax

Wax juga bisa dipakai untuk menghilangkan goresan halus pada mobil dan proses penggunaannya sangatlah simpel, sehingga sangat cocok dilakukan oleh para pemula.

Bentuk wax terdiri dari bentuk cair dan padat. Tipe wax yang cair bisa dipakai untuk menghilangkan goresan atau baret pada mobil, karena bahan pembuatan wax sangatlah abrasif. Apabila Anda menggunakan wax cair, maka harus melakukannya secara perlahan. Apabila anda menggosoknya terlalu keras, maka bisa menimbulkan baret semakin membesar.

Keenam cara menghilangkan baret mobil di atas bisa menjadi referensi Anda tanpa harus meluangkan waktu ke bengkel. Semoga berhasil!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer