Dongkrak Hidrolik: Fungsi dan Cara Kerjanya Pada Mobil

11 January, 2022
clock-bold
4 menit membaca

Image Dongkrak Hidrolik: Fungsi dan Cara Kerjanya Pada Mobil

Banyaknya komponen di dalam mobil yang harus dirawat, mungkin membuat Anda kebingungan akan bagian-bagian mana saja yang harus diberikan perhatian lebih jauh. Namun, Anda juga harus mengetahui alat-alat lainnya yang dapat membantu mobil Anda saat sedang bermasalah. Salah satu alat yang dapat Anda gunakan untuk membantu mobil Anda saat ingin memperbaikinya adalah dongkrak hidrolik.

Alat ini akan sangat membantu saat Anda memiliki alat berat yang harus diangkat. Salah satu contoh dari alat berat tersebut adalah mobil. Alat ini bisa digunakan untuk mengangkat mobil apabila ingin mengganti ban atau hal-hal lainnya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai dongkrak hidrolik dan juga fungsi serta cara kerjanya.

Apa Itu Dongkrak Hidrolik?

Apa Itu Dongkrak Hidrolik?

Dongkrak hidrolik merupakan alat yang bisa mendongkrak benda yang sangat berat. Contoh dari benda yang bisa didongkrak adalah mesin dan kendaraan. Dongkrak ini disebut hidrolik karena menggunakan liquid atau cairan khusus yang bisa membantu proses pengangkatan alat berat tersebut.

Sedangkan sistem hidrolik merupakan sistem yang yang menggunakan tenaga cairan untuk melakukan pekerjaan yang sederhana. Dongkrak Ini pertama kali ada, setelah diciptakan oleh William Joseph Curtis. Pada tahun 1838, ia mengajukan paten Inggris untuk dongkrak ini.

Pada tahun 1851, Richard Dudgeon mendapatkan hak paten untuk dongkrak hidrolik portable yang dinilai jauh lebih unggul daripada dongkrak biasa yang menggunakan sekrup. Dongkrak ini biasanya digunakan untuk pekerjaan di toko pada saat itu. Biasanya, dongkrak ini tidak digunakan sebagai alat penolong darurat yang dibawa kendaraan. Dongkrak ini juga tidak dibuat untuk kendaraan tertentu saja tetapi digunakan untuk bisa mengangkat lift yang ada di gedung tingkat rendah atau sedang.

Fungsi Dongkrak Hidrolik

Fungsi Dongkrak Hidrolik

Dongkrak memiliki fungsi utama untuk mengganti ban mobil yang bocor atau sedang kempes. Namun fungsi dongkrak tidak hanya itu saja. Dongkrak juga bisa digunakan saat Anda ingin melakukan pengecekan mesin yang ada di bawah mobil. Contohnya, alat ini bisa membantu dalam pemasangan jack stand agar pemasangan catalytic converter bisa menjadi lebih mudah. Dongkrak juga bisa membantu saat Anda ingin memperbaiki sistem pengereman dan juga dalam pemeriksaannya.

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik

Hukum Pascal adalah hukum fisika yang memiliki hubungan dengan zat cair dan gaya yang ada di dalamnya. Hukum Pascal berbunyi, ‘tekanan yang diberikan pada suatu zat cair di dalam suatu wadah akan diteruskan ke segala arah dan sama besar nya’. Hukum ini diterapkan ke dalam cara kerja dongkrak hidrolik.

Alat ini menggunakan tenaga dari air supaya bisa menghasilkan gaya angkat dan akhirnya gaya ini akan digunakan ke dalam pengangkatan beban yang berat pada kendaraan sampai berat yang ber ton-ton.

Prinsip kerja dongkrak ini menggunakan prinsip hukum Pascal. Alat ini memiliki dua tabung utama yang berhubungan dan memiliki diameter dengan ukuran berbeda. Kedua tabung ini ditutup dan diisi cairan sehingga saat tabung yang lebih kecil ditekan maka muncul tekanan yang tersebar secara merata ke segala arah.

Hal ini juga bekerja pada tempat mobil diletakkan. Cairan ini akan memberikan gaya dorong terhadap tabung dengan diameter yang besar sehingga akan muncul kekuatan untuk bisa mengangkat mobil. Desain dari dongkrak hidrolik ini memiliki bentuk botol dimana akan ada sebuah tuas yang bisa digunakan untuk mengangkat mobil. Tuas ini bisa digunakan saat Anda ingin mengangkat mobil supaya dongkrak bisa memompa bagian atas supaya mobil bisa naik.

Setelah mobil diangkat, Anda bisa melakukan penggantian atau perbaikan ban secara lebih leluasa. Jika sudah selesai, maka Anda dapat memutar katup yang berada di sisi dongkrak untuk bisa mengembalikan posisi mobil ke posisi semula nya.

Itulah beberapa informasi mengenai dongkrak hidrolik yang sangat berguna apabila Anda memiliki mobil. Alasannya karena Anda tidak pernah akan tahu kapan mobil membutuhkan perbaikan sesegera mungkin. Penting untuk membawa dongkrak hidrolik ini kemana saja Anda pergi.

Dongkrak hidrolik juga lebih menguntungkan daripada dongkrak biasa karena Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga yang besar untuk menggunakannya.

Semoga informasi yang diberikan mengenai pengertian dari dongkrak hidrolik dan cara kerja dari alat ini bisa membantu Anda untuk memahaminya secara lebih dalam lagi dan mengetahui seberapa pentingnya alat ini untuk mobil Anda.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer