Pentingnya Perawatan Mesin Mobil, Ini Alasannya

20 March, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image Pentingnya Perawatan Mesin Mobil, Ini Alasannya

Segala jenis mesin, tak terkecuali mesin mobil pasti memiliki usia guna dan produktivitas. Usia guna dan produktivitas mesin mobil biasanya telah diprediksi sebelumnya oleh pembuat. Prediksi ini bisa sesuai, lebih panjang atau bahkan lebih pendek. Semua tergantung bagaimana cara perawatan mesin mobil dilakukan.

Pentingnya Merawat Mesin Mobil

Lantas apa saja keuntungan melakukan perawatan pada mesin mobil? Berikut diantaranya:

1. Meningkatkan Keamanan Berkendara

Fungsi utama perawatan secara berkala pada suatu mesin mobil adalah untuk menjaga kondisi mesin tetap prima. Jika ada kerusakan atau keausan pada komponen mesin mobil, Anda pasti akan mengetahui sebelum terlanjur parah. Kemungkinan terjadi kerusakan mesin secara tiba-tiba pun bisa diminimalisir.

Nah, Anda bisa melakukan perawatan mesin mobil sendiri. Tetapi jika tidak punya waktu atau tidak memahami mesin, sangat disarankan memilih bengkel yang terpercaya, sebisa mungkin langsung di bengkel resmi. Sehingga mobil Anda mendapatkan perawatan secara menyeluruh. Khusus Anda pengguna Wuling, ada layanan after sales Wuling.

After sales Wuling adalah layanan purna jual jangka panjang sebagai komitmen Wuling untuk pelanggannya. Melalui layanan ini, Anda bisa menikmati layanan jasa servis gratis sampai dengan 100,000 KM atau hingga 3 tahun. Layanan ini tersedia dalam bentuk antar jemput (pick up) atau datang langsung (drop out). Cukup hubungi customer service, tak lebih dari 3 hari.

Apalagi dengan tersedianya aplikasi MyWuling+, pemilik mobil Wuling dengan mudah mengakses layanan after sales yang ada di dekatnya. Mulai dari konsultasi dengan customer service hingga booking service.

2. Meningkatkan Daya Tahan Mesin

Merawat mesin mobil secara rutin dengan cara yang tepat mampu meningkatkan usia pakai mesin mobil kita. Memang, mesin apa pun pasti ada masa pakainya, tidak bisa digunakan selamanya. Tapi selama selalu dirawat dengan baik, maka mesin akan berjalan optimal dalam jangka waktu yang lebih lama.

Sebaliknya, mesin mobil yang jarang dirawat pasti akan lebih cepat menunjukkan performa yang buruk. Kalau dibiarkan begitu saja, maka komponen mobil tersebut bisa langsung rusak. Usia pakainya bukan tak mungkin jadi jauh lebih cepat dibandingkan seharusnya.

3. Mengurangi Pengeluaran

Memang mesin bisa saja rusak kapanpun, di waktu yang tak terduga. Kalau ini terjadi, maka terpaksa pemilik mobil harus mengeluarkan biaya yang tidak direncanakan sebelumnya. Meski mesin mobil dirawat, terkadang ada saja kerusakan yang terjadi. Tapi setidaknya kalau dirawat secara rutin, pemilik mobil punya gambaran dan bisa mencegah berapa biaya yang harus mereka keluarkan.

Pemeriksaan dan perawatan secara terjadwal lebih aman jika dilihat dari segi finansial. Biaya perawatan mungkin terlihat besar. Padahal biaya mengganti komponen atau suku cadang mesin justru akan jauh lebih besar.

4. Kenyamanan Berkendara Terjaga

Bukan saja keamanan berkendara yang terus terjaga, tapi kenyamanan juga terus terpelihara dengan baik. Misalnya rem dan suspensi yang empuk, sedangkan mobil yang tidak terawat mungkin saja rem dan suspensinya keras dan sangat tidak nyaman. Begitu juga dengan komponen lainnya.

Bukan hanya bagi pengemudi, penumpang turut akan merasakan kenyamanan selama di jalan. Meski berkendara dalam jangka panjang dan jarak tempuh yang jauh, pasti tetap betah.

5. Harga Jual Mobil Lebih Tinggi

Tentu saja mobil yang mesinnya dirawat dengan baik harga jualnya akan lebih tinggi dibandingkan mobil yang kondisinya tidak terawat. Peminatnya pun sudah pasti lebih banyak, jadi tentu lebih menguntungkan bagi pemilik mobil. Sedangkan, mobil yang tak terawat harga jualnya bisa jatuh drastis dan merugikan pemilik.

Bentuk Perawatan Mesin Mobil

Bentuk Perawatan Mesin Mobil

Perawatan mesin mobil bisa Anda lakukan sendiri maupun di bengkel. Apa saja bentuk perawatan mesin mobil yang bisa Anda lakukan?

1. Cek Oli

Ini mungkin hal yang paling sering disarankan dalam perawatan mesin mobil. Selain lebih aman dan performanya jadi baik, Anda juga bisa mengurangi pengeluaran. Berapa biaya yang harus dikeluarkan jika Anda melewatkan ganti oli mobil? Yang pasti jadinya jauh lebih besar dibandingkan saat ganti oli.

Disarankan untuk ganti oli begitu jarak tempuh mencapai 10.000 km atau 6 hingga 12 bulan dengan pemakaian normal. Semakin sering Anda mengendarai mobil pada medan yang berat, maka semakin cepat Anda harus ganti oli.

2. Jaga Aki Tetap Bersih

Seiring berjalannya waktu, korosi aku mungkin saja terjadi. Karena itu, penting untuk merawat aki mobil agar tetap terjaga kebersihannya. Korosi yang dibiarkan akan menyebabkan aki rusak. Disarankan untuk mengetes aki setidaknya 2 kali setahun untuk memeriksa apakah kondisinya masih baik atau sudah harus diganti.

3. Ganti Filter

Filter gunanya untuk menyaring agar debu dan kotoran dari luar tidak ikut masuk ke dalam mesin dan mengotori bagian dalam mobil. Filter yang sudah lama biasanya sudah tidak kuat lagi menampung kotoran, sehingga harus diganti sebelum bocor. Disarankan mengganti filter setiap 1 tahun sekali.

4. Cek Sistem Suspensi

Mobil yang memiliki kinerja suspensi dengan baik sudah pasti lebih nyaman melewati berbagai medan jalan. Begitu suspensi rusak, bahkan melewati polisi tidur yang rendah dan mulus pun akan terasa sangat tidak nyaman. Karena itu, sistem suspensi juga penting dicek dan diganti tiap 25.000 km.

5. Cek Cairan Radiator

Radiator berfungsi untuk menetralkan panas di dalam mesin mobil. Karena itu Anda perlu cek secara berkala agar tidak menyebabkan mesin overheat. Anda juga perlu mengganti atau menguras air radiator ketika menempuh jarak 1.000 km.

6. Cek Timing Belt

Saat Anda menyalakan mesin mobil dan terdengar suara bising atau dengung, bisa jadi itu karena ada kerusakan pada komponen timing belt. Komponen ini  berfungsi meneruskan putaran roda gigi untuk dihubungkan pada bagian internal mesin.

Kerusakan pada timing belt bisa menyebabkan komponen mesin mobil lainnya juga mengalami kerusakan. Ini karena suplai pada akumulator tak bekerja secara optimal. Karena itu, Anda perlu cek timing belt secara rutin.

Itulah pembahasan lengkap soal betapa pentingnya perawatan mesin mobil. Selain memastikan usia guna dan produktivitas mesin terjaga, merawat mesin mobil juga untuk memastikan mobil tetap dalam kondisi prima ketika Anda gunakan.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer