Fungsi Lampu Sein Mobil dan Cara Memperbaiki Jika Rusak | Wuling

Auto Tips

Fungsi Lampu Sein Mobil dan Cara Memperbaiki Jika Rusak

17 November, 2021

Image Fungsi Lampu Sein Mobil dan Cara Memperbaiki Jika Rusak

Pada dasarnya, setiap mobil pastinya akan dilengkapi dengan empat lampu sein dan biasanya diletakan di bagian kiri dengan kanan serta di bagian depan atau belakang mobil. Pada Almaz RS lampu sein berada di atas lampu mobil utama dengan teknologi LED dengan desain modern.

Ketika dinyalakan, maka lampu sein akan menyala secara bersamaan di bagian kanan atau kiri saja. Tujuan utama harus menyalakan lampu sein, agar memberikan tanda lampu untuk pengemudi lain. Setidaknya ada beberapa fungsi dari lampu sein yang penting untuk Anda ketahui.

Fungsi Lampu Sein Mobil

wuling_image artikel_w4 nov 1 1 revisi 1000x569

1. Berikan Tanda Untuk Pindah Jalur

Berikan Tanda Untuk Pindah Jalur

Lampu sein mobil memiliki fungsi untuk memberikan isyarat yang jelas untuk pengemudi lain saat Anda hendak berpindah jalur. Salah satu jenis jalan yang sering terlihat banyak pengendara berpindah jalur adalah jalan tol.

Ketika Anda hendak berpindah jalur, maka pastikan menyalakan lampu sein mobil terlebih dulu. Dengan menyalakan lampu sein, maka akan memberikan informasi kepada pengemudi yang lain di belakang, agar tidak menyalip ke arah perpindahan jalur.

Lampu sein juga bisa menjadi isyarat untuk pengemudi di bagian depan, agar mempertahankan kecepatan dan tidak berpindah jalur ke arah yang akan dituju. Penggunaan lampu sein akan membuat perpindahan jalur berjalan dengan baik.

2. Berikan Tanda Untuk Menyalip

Berikan Tanda Untuk Menyalip

Fungsi dari lampu sein juga sangat diperlukan untuk menyalip kendaraan yang berada di depan, sehingga kendaraan yang ada di belakang bisa lebih berhati-hati. Menyalip perlu dilakukan akibat mobil di depan terlalu lambat atau berbagai hal lainnya.

Lampu sein yang Anda nyalakan akan memberikan isyarat, sehingga Anda bisa menyalip dan melaju dengan kecepatan lebih kencang dibandingkan mobil yang berada di depan. Dengan melihat sein, maka pengendara di depan bisa mengetahui maksud Anda dan akan mempertahankan atau menurunkan kecepatan mobilnya.

3. Berikan Tanda untuk Kendaraan di Arah Berlawanan

Berikan Tanda untuk Kendaraan di Arah Berlawanan

Sein memang tidak hanya berguna untuk menyalip atau berpindah jalur, namun juga menjadi pertanda untuk kendaraan di arah yang berlawanan. Ketika Anda melihat kendaraan dari arah berlawanan dan hendak mendahului mobil di depan, maka perlu untuk menyalakan lampu sein.

Dengan melihat lampu sein mobil Anda, maka mobil dari arah berlawanan akan menurunkan laju kendaraannya. Dengan penggunaan sein, maka berbagai kecelakaan tabrakan bisa dihindarkan. Anda perlu mengetahui momen yang tepat untuk menyalakan lampu sein.

Penyebab Kerusakan Lampu Sein LED Mobil & Memperbaikinya

Penyebab Kerusakan Lampu Sein LED Mobil & Memperbaikinya

1. Putusnya Bola Lampu

Putusnya Bola Lampu

Penyebab pertama yang bisa membuat lampu sein mobil mati adalah putusnya bola lampu dan masalah ini sangatlah sering terjadi. Bola lampu yang terlalu lama dan cara mengendarai mobil yang kurang tepat bisa menjadi penyebab putusnya bola lampu.

Bukan cuma putus, namun bola lampu juga bisa pecah akibat terlalu panas atau mengalami benturan yang parah. Penampakannya, Anda akan melihat kawat bola lampu yang putus atau tidak menyambung. Bola lampu yang sudah putus tidak akan bisa diperbaiki dengan cara disambung.

2. Putusnya Sekring

Putusnya Sekring

Ketika Anda mengecek kondisi dari bola lampu mobil dan nyatanya tidak ada yang putus, maka kemungkinan penyebabnya adalah sekring yang putus. Untuk melakukan pengecekan, Anda harus mencabut bagian sekring mobil yang biasanya terdapat tulisan turn lamp.

Turn lamp merupakan bagian yang menghubungkan antara sekering mobil dengan lampu sein. Apabila turn lamp dicabut, maka sambungan tersebut akan terputus dan jika terputus, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

3. Aki Mobil Mati

wuling_image artikel_w4 nov 1 2.3 1000x569

Penyebab utama lampu sein bisa mati karena aki mobil mati. Secara umum, fungsi dari aki mobil yaitu untuk menyimpan daya dan untuk menyalurkannya ke lampu sein. Jika daya dalam aki mati, maka lampu sein juga akan mati.

Aki mati juga akan membuat berbagai komponen yang membutuhkan listrik menjadi mati. Cara pertama yang bisa menjadi solusinya adalah mengecas aki untuk menambah daya dan cara kedua adalah dengan mengganti aki lama dengan yang baru.

4. Flasher Mati

Flasher Mati

Lampu sein tidak bekerja dengan baik juga bisa disebabkan akibat adanya komponen flasher yang tidak normal. Jika komponen flasher mati, maka lampu sein akan mati dan salah satu solusi paling tepatnya adalah dengan mengganti flasher-nya.

5. Putusnya Kabel Lampu

Putusnya Kabel Lampu

Ketika adanya kabel lampu yang putus, maka kerja dari lampu sein akan terhambat. Jika Anda menemukan ada kabel lampu sein yang putus, maka Anda bisa memperbaikinya dengan menyambung atau bisa mengganti kabel lampu dengan yang baru.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik