Ketahui Apa Itu Blind Spot yang Wajib Pengemudi Tahu

29 April, 2022

Image Ketahui Apa Itu Blind Spot yang Wajib Pengemudi Tahu

Sebagai orang yang sering berkendara, mungkin Anda sudah sering mendengar arti istilah blind spot. Frasa ini memang kerap disebutkan ketika membahas penyebab-penyebab kecelakaan. Blind spot dianggap salah satu yang membuat pengemudi kecelakaan karena tidak bisa melihat keberadaan objek atau kendaraan lain.

Titik buta alias blind spot adalah titik di sekitar mobil dimana pengemudi tidak bisa mendeteksi keberadaan objek maupun kendaraan lain. Dengan kata lain, jika ada kendaraan lain datang dari area tersebut menjadi lebih rawan terjadinya benturan karena keterbatasan jarak pandang pada kendaraan tersebut.

Nah, pada tulisan kali ini akan dijelaskan tentang apa itu blind spot serta bagaimana tips menghindari kecelakaan akibat blind spot. Mengingat pentingnya pengetahuan tentang titik buta ini untuk keselamatan berkendara, maka simak ulasan berikut ini.

Area Blind Spot Mobil

Area Blind Spot Mobil

Seperti sudah disinggung sebelumnya, blind spot adalah area yang tidak masuk ke jangkauan pandang pengemudi. Setiap kendaraan memiliki blind spot atau titik buta yang berbeda tergantung jenisnya. Umumnya semakin besar ukuran kendaraan, maka semakin luas pula area titik buta yang dimilikinya.

Area blind spot adalah bagian rawan kecelakaan, karena pada daerah ini pengemudi tidak bisa mendeteksi keberadaan dan kedatangan kendaraan lain. Nah, untuk meminimalisir risiko laka lantas, maka pengetahuan tentang titik-titik buta menjadi cukup penting. Berikut beberapa contoh blind spot pada mobil:

  1. Sisi kanan atau kiri bagian belakang mobil saat di jalan dua jalur, terutama untuk mobil yang memiliki pilar tebal sehingga membuat jarak pandang ke belakang kanan dan kiri semakin terbatas.
  2. Seperempat sisi belakang kedaraan saat hendak berbelok. Ketika ada motor di daerah ini menjadi salah satu penyebab paling umum terjadinya benturan.
  3. Belakang mobil persis, terutama untuk mobil yang pandangan kaca belakangnya tertutup, seperti tipe mobil box, dump truck, dan lain sebagainya.
  4. Pejalan kaki yang muncul saat kondisi maet. Biasanya mereka menyelip di antara kendaraan sehingga tak terlihat oleh pengemudi.
  5. Pengemudi motor yang bermanuver dari belakang meliung ke jalur di depan mobil. Hal ini juga kadang luput dari pandangan pengemudi mobil, oleh sebab itu perlu diwaspadai terutama ketika berkendara di jalanan yang macet.

Faktor yang Menimbulkan Blind Spot

Faktor yang Menimbulkan Blind Spot

Selain area-area yang memang dari awal menjadi titik buta bagi pengendara, ada pula keterbatasan jarak pandang yang diakibatkan oleh faktor lain. Faktor-faktor ini datang dari elemen eksternal atau memang disebabkan kondisi kendaraan, berikut diantaranya:

  1. Kaca spion mobil memiliki jangkauan yang terbatas.
  2. Pengemudi kurang perhatian terhadap kondisi di sekitar kendaraan
  3. Dimensi kendaraan besar, semakin besar ukuran kendaraan semakin luas area blind spot, seperti dump truck, mobil box, bus dan mobil besar lainny.
  4. Bagian kaca belakang tertutup oleh muatan kabin yang terlalu bertumpuk.
  5. Kondisi cuaca yang membatasi jarak pandang, seperti kondisi hujan lebat atau berkabut.

Tips Menghindari Blind Spot

Tips Menghindari Blind Spot

Pada kondisi tertentu, blind spot bisa saja terjadi karena faktor tak terhindarkan. Namun, ada beberapa faktor penyebab lainnya juga yang masih bisa dihindari atau diminimalkan untuk mengurangi area titik buta. Berikut tips-tips menghindari blind spot saat berkendara.

  1. Cek kaca spion sebelum melakukan perjalanan dan lakukan atur ulang kaca sehingga bisa mengakomodasi jarak pandang yang lebih luas.
  2. Sebagai pengendara, Anda harus lebih memperhatikan kaca spion kendaraan ketika berada di jalan raya. Terutama pada kondisi-kondisi rawan, seperti saat berbelok atau berpindah jalur. Yakinkan tidak ada kendaraan lain di sekeliling mobil.
  3. Anda juga bisa menambahkan head check atau shoulder check yang dilakukan dengan cara menengokkan kepala melalui jendela mobil sebelum bermanuver. Pemeriksaan ini diperlukan untuk memastikan kondisi sekitar kendaraan aman.
  4. Bunyikan klakson pendek ketika sedang mendahului atau menyalip kendaraan lain, untuk memberitahu kendaraan tersebut tentang keberadaan mobil Anda di blind spot mereka.
  5. Lebih waspada saat mengemudi di tempat yang rawan, seperti persimpangan, tikungan, perumahan, lokasi proyek dan daerah padat bangunan.
  6. Kurangi muatan bagasi atau perhatikan penyusunannya agar tidak menumpuk dan menghalangi kaca belakang.
  7. Hindari memodifikasi ukuran spion mobil yang berpotensi mengurangi jarak pandang.

Blind spot adalah area no-zone bisa membahayakan terutama ketika Anda sedang mengemudi dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Tindakan preventif lainnya untuk menghadapi masalah blind spot adalah dengan ​​memilih mobil dengan fitur-fitur canggih yang dapat meminimalkan risiko dari blind spot, seperti yang ada pada Wuling Almaz RS.

Solusi Blind Spot dengan Mobil Wuling Almaz RS

Solusi Blind Spot dengan Mobil Wuling Almaz RS

Wuling Almaz RS merupakan salah satu solusi untuk meminimalisir risiko kecelakaan yang disebabkan oleh blind spot. Hal ini berkat adanya berbagai fitur yang ada pada mobil SUV canggih satu ini, yaitu Advanced Driver Assistance System (ADAS) dan HD Camera.

Advanced Driver Assistance System (ADAS)

Advanced Driver Assistance System (ADAS)

Teknologi ADAS adalah sistem otomatis yang terdiri dari berbagai fitur keselamatan untuk membuat pengalaman berkendara lebih aman. Salah satu fitur menarik dari ADAS yaitu Adaptive Cruise Control (ACC).

Fitur yang bisa diaktifkan melalui tombol di lingkar kemudi ini memungkinkan mobil melaju mengikuti kecepatan kendaraan di depannya secara otomatis. Jika kendaraan di depan melambat, maka mobil secara otomatis menurunkan kecepatan. Begitu juga sebaliknya, ketika kendaraan di depan cepat, kecepatan mobil juga meningkat.

Fitur menarik lainnya dari teknologi ADAS adalah Lane Keep Assistance (LKA). Saat fitur ini aktif, maka setir mobil akan otomatis terkoreksi jika mobil berpindah jalur secara tidak sengaja. Efeknya mobil akan dijaga selalu berada di lajur yang benar.

Banyak lagi fitur keamanan ADAS yang bisa meminimalkan risiko kecelakaan akibat blind spot, seperti Traffic Jam Assistance (TJA) yang membantu menjaga jarak aman secara otomatis saat macet, Automatic Emergency Braking (AEB) yang memberi pengemudi peringatan ketika adanya bahaya tabrakan dan masih banyak lagi.

4.2. Kamera 360 Derajat 1000x569

Kamera 360 Derajat

Kamera 360 derajat tentu saja adalah fitur yang bisa mengurangi blind spot pada mobil secara signifikan. Dengan adanya kamera yang dipasang di setiap sudut kendaraan dan menghasilkan tangkapan gambar dari berbagai sudut sekeliling mobil.

Pada Almaz RS, semua kamera tersebut terintegrasi dengan satu software sehingga bisa memberikan tangkapan gambar 360 derajat. Alhasil, jarak pandang pengemudi pun menjadi lebih luas lagi, sehingga masalah blind spot saat kendaraan bermanuver dan parkir bisa teratasi.

Nah, itulah penjelasan lengkap blind spot berikut dengan solusinya. Kesimpulannya blind spot adalah area yang luput dari pandangan pengemudi yang berisiko menjadi penyebab kecelakaan karena kendaraan lain yang berada di area ini tidak bisa dideteksi. Oleh sebab itu, meminimalisir terjadinya blind spot sangat penting dilakukan guna menghindari kecelakaan.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer