Mengapa Cuci Kolong Mobil Wajib Rutin Dilakukan?

18 December, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image Mengapa Cuci Kolong Mobil Wajib Rutin Dilakukan?

Kolong mobil menjadi salah satu bagian dari mobil yang sangat mudah kotor. Pasalnya kolong mobil menjadi bagian yang paling dekat dengan jalan, sehingga saat mobil dikendarai debu-debu yang berada di jalan bisa menempel pada bagian kolong mobil.

Tidak hanya debu, ketika mobil melewati jalanan yang tergenang oleh air dan lumpur tentu kotorannya akan langsung menempel pada sela-sela kolong mobil. Bahkan tidak jarang bagian sela-sela shockbreaker mobil akan terisi oleh lumpur.

Ketika kolong mobil kotor dan dibiarkan terlalu lama, lama-lama bisa menyebabkan korosi. Kotoran yang menempel ini bisa jadi mempengaruhi usia pakai dari beberapa komponen yang ada di kolong mobil.

Maka dari itu perlu adanya perhatian khusus pemilik mobil untuk rutin membersihkan kolong mobilnya secara berkala. Selain itu juga, lebih baik membersihkan kolong mobil setelah terkena hujan atau melewati genangan air yang berlumpur.

Manfaat Cuci Kolong Mobil

Manfaat Cuci Kolong Mobil

Mencuci kolong mobil memiliki beberapa manfaat yang sangat penting untuk menunjang kenyamanan saat menggunakan mobil. Memiliki mobil yang selalu bersih tentu akan nyaman digunakan dalam berbagai kondisi.

Berikut manfaat mencuci kolong mobil:

  • Mencegah Karat

Salah satu manfaat utama mencuci kolong mobil adalah untuk mencegah korosi atau karat pada bagian bawah mobil. Maka dari itu, sangat penting untuk mencuci kolong mobil secara teratur.

Bagian kolong mobil akan sangat mudah kotor, ketika mobil terkena hujan atau air yang tercemar. Kotoran dan partikel akan menempel pada bagian bawah mobil. Bisa dipastikan bahwa kotoran ini dapat mengakibatkan korosi pada bagian logam mobil.

Kotoran yang menempel di bagian bawah mobil juga dapat merusak rem dan sistem suspensi mobil. Mobil akan mengalami masalah saat dikendarai jika bagian-bagian tersebut rusak.

Selain itu, mencuci kolong mobil secara teratur akan memperpanjang umur mobil Anda. Jika karat atau korosi menyebar di bagian bawah mobil, Anda akan mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk memperbaikinya.

  • Menjaga Performa Mobil

Bagian kolong mobil yang bersih memungkinkan udara mengalir lebih lancar ke mesin dan mengurangi hambatan angin, hal ini dapat meningkatkan kinerja mobil Anda.

Udara yang bersih akan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kinerja mesin secara keseluruhan. Membersihkan bagian kolong mobil juga dapat membantu mengurangi suhu mesin yang dapat berdampak pada kinerja mesin Anda.

Ketika mesin mobil terlalu panas, kinerjanya akan menurun. Terlalu tingginya suhu mesin juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin, seperti seal mesin yang kering atau mengeras. Akibatnya, oli mesin bocor yang mengurangi kinerja mesin secara keseluruhan.

  • Mencegah Serangan Hama

Tikus, kecoa, dan serangga dapat berkembang biak di kolong mobil yang kotor dan basah. Hama-hama ini memiliki kemampuan untuk merusak komponen mobil, seperti kabel atau selang di dalam mesin.

Selain itu, hama-hama ini dapat menularkan penyakit yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Selama mencuci kolong mobil, pastikan semua bagian bersih, termasuk bagian yang sulit dijangkau.

Pastikan juga untuk menggunakan air dan sabun yang tepat saat membersihkan area tersebut. Dengan membersihkan bagian bawah mobil secara teratur dapat menjaga kesehatan Anda dan mencegah serangan hama.

  • Meningkatkan Keselamatan Berkendara

Mencuci kolong mobil juga dapat meningkatkan keselamatan berkendara. Karena kotoran yang menempel pada bagian bawah mobil dapat merusak sistem rem. Padahal rem sendiri menjadi salah satu komponen sangat vital dalam mengendalikan mobil.

Cuci kolong mobil juga dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah mobil lebih awal. Dengan mencuci kolong mobil, Anda dapat mengetahui apakah ada bagian yang rusak atau bocor, seperti komponen suspensi, sistem knalpot, atau komponen mesin yang bocor. Jika Anda menemukan masalah tersebut sejak awal, sebaiknya lakukan perbaikan sebelum masalah tersebut berkembang dan menjadi lebih mahal.

Cara Mencuci Kolong Mobil Sendiri

Cara Mencuci Kolong Mobil Sendiri

Mencuci kolong mobil sebenarnya sangat mudah, tidak perlu harus ke tempat pencucian mobil asalkan memiliki perlengkapan untuk mencucinya secara mandiri.

Selain itu, perlengkapan mencuci mobil saat ini mudah dan murah untuk didapatkan sehingga bisa dilakukan saat memiliki waktu luang di rumah. Berikut cara mencuci kolong mobil:

  • Persiapkan Alat dan Perlengkapannya

Sebelum memulai untuk mencuci kolong mobil, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan alat dan perlengkapannya. Seperti selang air, sabut, kuas, dan sikat serta menempatkan mobil di tempat yang tepat agar mudah dan aman saat mencucinya.

  • Basahi Kolong Mobil

Sebagai permulaan untuk mencuci kolong mobil adalah membasahi seluruh bagian dari kolong mobil dengan air. Gunakan semprotan air dengan tekanan agar kotoran yang menempel pada bagian kolong mobil bisa terlepas dengan sendirinya. Pastikan sela-sela bagian yang terdapat kotoran bisa bersih dengan menyemprotkan air.

  • Menggunakan Sabun

Ada banyak sekali pilihan sabun untuk membersihkan kolong mobil. Alangkah lebih baik menggunakan sabun yang dapat membersihkan kotoran dari minyak dan korosi agar kolong mobil benar-benar bersih.

Fokuskan pada bagian yang rentan terhadap kerak dan korosi, seperti area yang terkena garam atau kerak jalan. Anda bisa menggunakan sikat maupun kuas agar kotorannya benar-benar hilang.

  • Bilas dengan Air Bersih

Setelah selesai mencucinya dengan sabun dan menyikat menggunakan kuas, kolong mobil harus Anda bilas menggunakan air bersih agar kotoran yang masih tersisa bisa hilang secara tuntas.

  • Segera Dikeringkan

Selanjutnya, Anda bisa mengeringkan kolong mobil menggunakan lap dan kanebo agar kering seutuhnya. Atau bisa menggunakan tekanan udara untuk menghilangkan sisa-sisa bulir air.

  • Lakukan Perawatan Secara Rutin

Membersihkan kolong mobil tentu tidak hanya dilakukan sekali saja, namun kegiatan ini akan dilakukan secara berkala dan melihat kondisi kolong mobil. Apabila dirasa sudah kotor tentu harus dicuci atau baru saja terkena hujan dan melewati genangan air berlumpur.

Melakukan perawatan secara rutin sangat membantu menjaga kondisi kolong mobil tetap prima dan membuat usia pakai dari komponen mobil Anda lebih awet. Lebih baik rajin periksa dan merawat daripada nantinya terjadi kerusakan yang tidak diinginkan pada mobil kesayangan Anda.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer