Mengenal Mobil Hybrid: Pengertian, Jenis, Hingga Cara Kerjanya

4 November, 2022

Image Mengenal Mobil Hybrid: Pengertian, Jenis, Hingga Cara Kerjanya

Butuh kendaraan yang irit bahan bakar dan rendah emisi gas buang? Memilih mobil hybrid bisa menjadi solusi yang tepat. Mobil jenis ini beberapa waktu belakangan memang semakin populer di masyarakat karena menawarkan efisiensi bahan bakar yang sangat bagus.

Mobil hybrid berbeda dengan mobil listrik karena masih menggunakan bahan bakar sebagai sistem penggeraknya. Meski begitu, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem baterai yang akan otomatis terisi saat mobil berjalan.

Untuk lebih jelasnya tentang apa itu mobil Hybrid, yuk simak ulasan berikut ini!

Pengertian Mobil Hybrid

Pengertian Mobil Hybrid

Mobil hybrid adalah mobil yang menggunakan sistem penggerak dengan dua sumber energi, yaitu bahan bakar yang diolah pada mesin pembakaran dalam dan listrik dari baterai diproses motor listrik. Kombinasi dari penggunaan dua sumber energi ini diklaim mampu menghasilkan efisiensi lebih tinggi dari mesin konvensional.

Bukan hanya itu, selain memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi, menurut laman berita otomotif.tempo.co bahwa mobil hybrid diklaim mampu mengurangi polusi hingga 90%. Mobil jenis ini juga diketahui memiliki biaya perawatan yang lebih murah jika dibandingkan dengan mobil konvensional.

Pada mobil hybrid terdapat motor listrik yang berfungsi sebagai generator saat pedal rem diinjak dan energi yang dihasilkan selama pengereman disimpan dalam baterai kecil. Tenaga yang disimpan pada baterai ini akan digunakan ketika kendaraan berakselerasi dari keadaan diam.

Di Indonesia sudah cukup banyak mobil yang menggunakan sistem hybrid, salah satunya adalah Almaz Hybrid yang hadir dalam waktu dekat ini.

Apa Bedanya dengan Mobil Listrik?

Apa Bedanya dengan Mobil Listrik?

Mobil sistem hybrid adalah jenis yang berbeda dengan mobil listrik. Pada kendaraan listrik, sumber energi sepenuhnya berasal dari aliran listrik yang dihasilkan dari baterai mobil listrik tersebut. Kendaraan jenis ini biasanya dibekali dengan baterai cukup besar sehingga mampu menempuh jarak ratusan kilometer dalam satu kali pengisian.

Mobil listrik memang diklaim lebih bebas emisi jika dibandingkan dengan mobil hybrid. Akan tetapi semakin tinggi kecepatan mobil maka akan semakin tinggi pula konsumsi sumber tenaga. Itu artinya jika Anda memacu kendaraan listrik dalam kecepatan tinggi, maka mobil akan kehabisan baterai lebih cepat.

Jenis-Jenis Sistem Hybrid

Jenis-Jenis Sistem Hybrid

Secara umum, mobil hybrid di Indonesia terdiri dari tiga jenis sistem yang sering digunakan. Tiga sistem tersebut adalah full hybrid, mild hybrid dan plug in hybrid. Penjelasan lengkapnya seperti di bawah ini:

1. Full Hybrid

Sistem ini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu parallel hybrid, serial hybrid dan parallel serial hybrid. Untuk sistem paralel, sumber tenaga didapatkan dari tiga kombinasi yaitu mesin bensin, motor listrik atau bisa juga dari keduanya.

Kedua sumber tenaga tersebut secara aktif bekerja terus menerus dan tidak bisa dipisahkan. Pada kecepatan rendah, mesin bensin bisa melakukan pengisian daya baterai saat menggerakkan roda kendaraan.

2. Mild Hybrid

Sistem mild hybrid biasanya menggunakan baterai tambahan namun dengan kapasitas lebih kecil. Sistem ini berfungsi untuk meringankan kerja mesin pada angkatan awal karena beban kerja lebih berat.

Sistem ini tidak menggunakan motor listrik yang terpisah akan tetapi memanfaatkan optimalisasi komponen starter generator yang berupa starter motor dan alternator yang terhubung dengan mesin utama. Secara sederhana, sistem ini membantu meringankan kinerja mesin bensin dengan cara memberikan suntikan tenaga pada saat awal akselerasi dari diam untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

3. Plug in Hybrid

Mekanisme sistem hybrid ini tidak jauh berbeda dengan sistem full hybrid akan tetapi menawarkan daya jelajah penggunaan motor listrik yang lebih jauh karena menggunakan kapasitas baterai yang lebih besar.

Pada mobil hybrid jenis ini, pemilik bisa melakukan pengisian ulang daya baterai dengan cara mengecas di rumah atau SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) menggunakan plug in tersebut. Dengan penggunaan kapasitas baterai lebih besar, membuat mesin bensin lebih jarang bekerja.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Mobil hybrid memang diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih bagus serta lebih ramah lingkungan. Sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan apa itu mobil hybrid, ketahui dulu beberapa kelebihan dan kekurangannya seperti di bawah ini.

Kelebihan mobil hybrid

  • Irit bahan bakar minyak
  • Rendah emisi gas buang
  • Minim getaran dan rendah suara mesin
  • Peningkatan performa akselerasi dan kecepatan
  • Memakai transmisi CVT

Kekurangan mobil hybrid

  • Harga beli baru mobil hybrid tergolong lebih mahal
  • Sistem kelistrikan terbilang rumit dan mahal

Dari kelebihan dan kekurangan tersebut terlihat bahwa kekurangan dari mobil jenis ini lebih kepada nominal yang lebih mahal, namun secara performa memiliki cukup banyak kelebihan. Saat ini ada banyak pilihan mobil hybrid Indonesia yang dijual di pasaran. Harga mobil hybrid bisa dikatakan lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil konvensional karena biaya produksi penambahan motor electric dan baterai.

Mobil hybrid bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Solusi menggunakan mobil jenis ini, yaitu Anda bisa menghemat penggunaan bahan bakar serta tetap bisa menjaga lingkungan karena rendah emisi.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer