Pengertian Internet of Vehicles (IoV) Pada Kendaraan Masa Kini | Wuling

Life Style

Pengertian Internet of Vehicles (IoV) Pada Kendaraan Masa Kini

27 Juni, 2021

Image Pengertian Internet of Vehicles (IoV) Pada Kendaraan Masa Kini

Internet of Things semakin berkembang pesat dengan adanya Internet of Vehicles atau IoV. Dengan teknologi ini, tentu memungkinkan kendaraan melakukan pertukaran informasi, sehingga bisa lebih efisien dan keamanan dalam infrastruktur jaringan lebih terjamin.

Sekilas Tentang Internet of Vehicles

Sekilas Tentang Internet of Vehicles

Internet of Vehicles atau IoV merupakan bentuk evolusi yang terjadi dari sebuah teknologi yang lama atau konvensional. Evolusi yang terjadi memungkinkan untuk penggunaan sistem GPS, rem, sensor dan sistem entertainment.

Kebutuhan untuk melakukan komunikasi sangatlah penting diperhatikan dan akan membuat adanya interkonektivitas antar kendaraan. Ketika mobil berubah menjadi sebuah entitas yang pintar, maka mobil berubah menjadi bagian penting dari kota yang pintar.

IoV menjadi sebuah platform dari sistem sensor dalam mobil yang tugasnya untuk menyerap berbagai informasi yang berasal dari lingkungan, pengemudi dan kendaraan yang lain. IoV akan membuat sistem navigasi berkendara menjadi lebih aman, sehingga manajemen lalu lintas bisa semakin lancar.

Secara umum, IoV menjadi jaringan yang ada di dalam mobil yang saling berhubungan atau berkomunikasi satu sama lain. Komunikasi akan terjalin antara kendaraan dengan semua hal yang ada di sekelilingnya menggunakan perangkat yang cerdas.

Cara Kerja Internet of Vehicles

Cara Kerja Internet of Vehicles

Mobil yang sudah modern biasanya sudah memiliki atau diisi dengan 100 juta kode software, sehingga ini membutuhkan teknik dan manajemen pengkodean yang tingkat lanjut. IoV telah memakai jenis interkoneksi yang dipadukan dengan perangkat cerdas, sehingga sangat canggih.

Semua sensor yang telah terpasang di kendaraan dan terminal pintar sudah tersebar di berbagai infrastruktur perkotaan yang modern, sehingga bisa mengumpulkan informasi dengan baik dan bisa berkomunikasi dengan baik. Berdasarkan data yang telah terkumpul, maka kendaraan akan dipandu secara real time.

IoV memiliki konektivitas yang memungkinkan produsen untuk melakukan identifikasi cacat pada sebuah produk dan bisa mengoptimalkan keandalan. Dengan melakukan pemeliharaan prediktif, teknologi ini akan meminimalkan risiko kegagalan atau kondisi yang darurat juga membuat para produsen bisa menjual versi perangkat lunak yang telah ditingkatkan fitur terbarunya.

Teknologi Internet of Vehicles Mobil Almaz RS

Teknologi Internet of Vehicles Mobil Almaz RS

Wuling Interconnected Smart Ecosystem atau WISE merupakan suatu inovasi terbaik yang dihadirkan produsen mobil Wuling dengan menciptakan suatu ekosistem pintar yang bisa menghubungkan pengendara dengan mobil menggunakan jaringan internet car.

Wuling juga bisa membuat pengendara memaksimalkan keamanan dengan Advanced Driver Assistance System atau ADAS. Berbagai fitur yang dimiliki oleh ADAS akan membuat para pengemudi berkendara dengan kondisi yang tenang dan nyaman.

Wuling menjadi produsen yang sangat mengedepankan penggunaan teknologi AI atau Artificial Intelligence. Teknologi ini memungkinkan pengendara dapat terhubung dengan kendaraan melalui aplikasi My Wuling+ seperti Vehicle Remote Control, Bluetooth Key, Geo-Fencing Security dan Vehicle Positioning.

Tak hanya itu, pengendara juga bisa mengakses Online Music, Online Navigation dan Internet Messaging App melalui head unit yang telah didukung oleh perintah berbahasa Indonesia. Fitur WIND juga akan membantu dalam proses pengaturan AC dan pengaturan yang lainnya.

Head unit Almaz RS juga telah dilengkapi dengan fitur hiburan seperti musik dan radio. Pengendara juga bisa menyambungkan smartphone dengan head unit untuk menjawab panggilan telepon, sehingga bisa meminimalkan penggunaan saat berada di perjalanan.

Seperti itulah gambaran Internet of Vehicles yang bisa Anda nikmati di mobil masa kini, seperti Almaz RS.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik