Berita Wuling

MPV Adalah Mobil Keluarga Paling Nyaman Digunakan Untuk Mudik dan Liburan

6 September, 2017

Image MPV Adalah Mobil Keluarga Paling Nyaman Digunakan Untuk Mudik dan Liburan

MPV adalah mobil yang banyak diminati oleh warga Indonesia saat ini. Seperti yang kita tahu, ada berbagai jenis mobil, salah satunya mobil sport yang didesain hanya untuk dua penumpang. Mobil tersebut tidak cocok untuk seluruh keluarga karena kapasitasnya yang terbatas. Sehingga, mobil MPV dengan kapasitas penumpang hingga 7-8 orang lah yang paling tepat dimasukkan ke dalam daftar mobil keluarga idaman.

 

Namun, saat ini ada banyak merk dan varian mobil keluarga yang tentu membuat konsumen bingung. Apalagi, harga, fitur dan kelebihan yang ditawarkan masing-masing berbeda.

 

Pengertian MPV

MPV adalah kendaraan multi guna yang dapat mengangkut banyak penumpang serta barang dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu, mobil ini dinamakan MPV yang merupakan singkatan dari Multi Purpose Vehicle. MPV cenderung memiliki bentuk menyerupai mini-bus. Umumnya, produsen membuat dua varian MPV, yang mana untuk membawa penumpang (memiliki kursi penumpang di bagian belakang) dan membawa kargo (tanpa adanya kursi penumpang belakang dan jendela) yang dikhususkan untuk mengangkut barang. Umumnya, terdapat tiga kategori mobil MPV yang diminati oleh pelanggan dari Indonesia, yaitu dari kelas mini MPV, big MPV hingga extra big MPV.

 

Panduan Membeli Mobil MPV

Pertimbangan-pertimbangan berikut sangat berguna bagi Anda yang ingin membeli mobil MPV sesuai kebutuhan keluarga:

  1. Pilih Mobil yang Berkapasitas Besar

Salah satu ciri-ciri mobil MPV adalah memiliki kapasitas yang besar untuk menampung penumpang dan barang bawaan. Jadi, pastikan Anda menghitung berapa jumlah anggota keluarga dan kemungkinan barang yang dibawa setiap mudik agar tidak menyesal di masa yang akan datang.

  1. Utamakan Keselamatan

Karena mobil yang akan dibeli nanti digunakan bersama orang-orang tersayang, maka aspek keamanan dan keselamatan patut dipertimbangkan. Pilih mobil yang sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi untuk menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang, seperti:

–       Airbag

–       Seat belt

–       Anti-lock brakes

  1. Fitur Hiburan

Fitur hiburan diperlukan apabila Anda mengajak anak-anak untuk melakukan perjalanan jauh. Sebab, umumnya mereka akan merasa bosan dan jenuh tanpa melakukan apapun di dalam mobil yang ruangnya terbatas. Dengan adanya hiburan seperti DVD player atau LCD kecil, dijamin anak-anak tidak akan rewel dan mengganggu konsentrasi pengemudi.

  1. Kebersihan

Biasanya, anak-anak cenderung tidak bisa diam dan membuat sesuatu berantakan. Solusinya, Anda bisa memilih mobil MPV yang menggunakan kursi dari kulit atau vinyl supaya bisa dibersihkan dengan cepat.

  1. Irit Bensin

Beberapa tahun belakangan ini, mobil keluarga yang irit bensin banyak dipilih oleh konsumen di seluruh dunia. Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga lingkungan, namun juga dapat menghemat keuangan Anda, apalagi harga bensin saat ini terus naik dari tahun ke tahun.

  1. Bagasi Lega

MPV adalah mobil dengan bagasi lega yang bisa memuat barang-barang bawaan Anda dan keluarga. Saat ini, mobil MPV tidak hanya memiliki kelebihan bagasi yang besar saja, namun terkadang juga didesain dengan pengaman barang di atap mobil. Jadi, Anda tetap bisa menaruh barang di sana, seperti sepeda (dengan tambahan handle gantungan sepeda) untuk mendukung kegiatan keluarga.

 

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil MPV:

  1. Sesuaikan Dengan Budget

Apabila Anda memiliki dana sebesar Rp300 juta, usahakan untuk membeli mobil dengan kisaran harga tersebut.

  1. Lakukan Riset

Riset adalah hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan membeli mobil MPV. Perhatikan apakah mobil pilihan Anda memiliki kapasitas yang besar untuk menampung semua anggota keluarga, dilengkapi dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan, harganya terjangkau dan sebagainya.

  1. Lakukan Test Drive

Setelah melakukan riset, Anda perlu memastikan kondisi fisik mobil, termasuk bagian mesin, eksterior dan interiornya. Lakukan test drive untuk mengetahui kondisi mesin, apakah prima serta sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketika melakukan test drive pastikan untuk mengendarainya dengan kecepatan rendah di jalur lurus dan berbelok, lalu naikkan kecepatannya secara langsung untuk menguji gerakan serta manuver mobil.