Fakta Teknik Eco Driving untuk Mengemudi Ramah Lingkungan

31 January, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Fakta Teknik Eco Driving untuk Mengemudi Ramah Lingkungan

Untuk mengurangi efek emisi pada lingkungan, sangat penting mengetahui bagaimana cara mengemudi dengan teknik eco driving. Seperti namanya, teknik mengemudi ini dianggap lebih ramah lingkungan karena bisa memaksimalkan efisiensi bahan bakar sehingga lebih sedikit emisi yang dihasilkan.

Semakin populernya kendaraan ramah lingkungan, membuat teknik mengemudi eco driving juga menjadi kian populer. Eco driving merupakan salah satu dari tiga teknik mengemudi yang harus dikuasai oleh pengemudi.

Lebih jelas tentang apa itu teknik eco driving, apa manfaatnya hingga bagaimana cara mengemudikannya, yuk simak penjelasan lengkap berikut ini!

Pengertian Eco Driving

Eco driving adalah teknik mengemudi yang berorientasi pada efisiensi penggunaan bahan bakar. Cara mengemudi ini bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien serta dapat berperan dalam mengurangi risiko kecelakaan  di jalan raya.

Eco driving merupakan salah satu dari 3 aspek keahlian mengemudi yang harus dikuasai oleh pengemudi. Selain berorientasi pada irit bensin mobil, teknik mengemudi ini juga berkontribusi dalam program pelestarian lingkungan dengan mengurangi sumbangan gas karbondioksida.

Teknik mengemudi ini merupakan kombinasi dari teknik mengemudi safety driving dengan teknik defensive driving. Teknik mengemudi ini mampu menghemat waktu dan biaya serta lebih ramah lingkungan.

Manfaat Eco Driving

Manfaat Eco Driving

Seiring berjalannya waktu, jumlah kendaraan bermotor semakin banyak. Kondisi ini pastinya sangat berpengaruh terhadap pelestarian lingkungan serta penggunaan bahan bakar fosil. Tidak hanya itu, tingginya angka pengguna kendaraan bermotor juga memberikan dampak buruk terhadap lingkungan sehingga dibutuhkan solusi yang tepat.

Menerapkan teknik mengemudi eco driving bisa menjadi solusi untuk mengatasi besarnya kebutuhan akan bahan bakar minyak serta efek emisi yang semakin meningkat. Teknik mengemudi jenis ini menawarkan berbagai manfaat, antara lain:

1. Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Manfaat eco driving yang pertama adalah mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar minyak. Manfaat ini sangat berhubungan dengan penghematan biaya karena semakin sedikit bahan bakar yang digunakan maka akan semakin hemat juga pengeluaran.

2. Membantu Pelestarian Lingkungan

Berkendara dengan teknik ini juga lebih ramah lingkungan. Teknik mengemudi jenis ini menghasilkan emisi lebih sedikit jika dibandingkan dengan teknik mengemudi lainnya. Hasilnya emisi atau zat sisa kendaraan yang dihasilkan juga akan lebih sedikit.

3. Mesin Lebih Awet

Manfaat lainnya dari mengemudi dengan teknik ini adalah bisa membuat mesin lebih awet. Teknik mengemudi ini tidak membuat mesin bekerja keras sehingga bisa membuat mesin kendaraan lebih awet dan tahan lama. Selain itu, pengemudi juga tidak mudah capek jika mengemudi dengan teknik eco driving.

4. Mengurangi Risiko Kecelakaan

Teknik eco driving juga bisa meminimalisir risiko kecelakaan saat berkendara. Hal ini karena teknik mengemudi ini dilakukan dengan santai sehingga pengemudi tidak mudah lelah dan tetap fokus. Tidak hanya itu, eco driving juga membuat performa kendaraan lebih stabil sehingga menghindari risiko kecelakaan akibat kinerja kendaraan yang tidak maksimal.

2 1 1000x569

Cara Berkendara Eco Driving

Mengemudi dengan teknik eco driving merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh setiap pengemudi. Sebelum bisa menggunakan teknik mengemudi ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, antara lain:

  1. Gunakan bahan bakar sesuai oktan
  2. Periksa tekanan angin pada ban
  3. Hindari muatan yang berlebih
  4. Servis mobil secara berkala

Jika kendaraan sudah siap, maka Anda bisa langsung mencoba teknik mengemudi eco driving. Berikut cara berkendara eco driving yang bisa Anda coba:

  1. Tekan pedal gas secara perlahan
  2. Jangan membebani mesin dengan putaran RPM yang berlebih yang berlebih
  3. Jaga jarak aman dengan mobil depan min 2 – 3 meter
  4. Penekanan pedal gas secara halus saat macet
  5. Jangan terlalu sering melakukan posisi kaki setengah kopling
  6. Manfaatkan engine break untuk pengereman
  7. Hindari mesin terlalu lama menyala saat idling
  8. Set temperatur AC di posisi ideal
  9. Tutup jendela saat kecepatan tinggi
  10. Tidak agresif saat mengemudi

Saat ini telah banyak jenis kendaraan yang mendukung teknik mengemudi eco driving, salah satunya kendaraan Wuling Almaz Hybrid. Kendaraan hybrid ini memadukan konsep bahan bakar minyak bensin dan mobil listrik serta dilengkapi fitur-fitur canggih sehingga mendukung penerapan teknik mengemudi eco driving. Dengan kelebihan ini, berkendara menggunakan Almaz Hybrid menjadi lebih ramah lingkungan dan hemat dalam penggunaan bahan bakar.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer