5 Cara Ampuh Membersihkan Kerak Mesin Mobil

29 September, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image 5 Cara Ampuh Membersihkan Kerak Mesin Mobil

Membersihkan kerak mesin mobil bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Anda bisa menggunakan berbagai sabun khusus yang dijual di toko otomotif atau menggunakan sabun cuci piring yang biasa ditemui di rumah dengan sangat mudah.

Membersihkan kerak mesin mobil sendiri dapat menjaga kebersihan serta menjaga performanya agar tetap prima. Tidak jarang para pemilik kendaraan yang mengabaikan pentingnya untuk membersihkan kerak mesin mobil, akhirnya merasakan performa kendaraannya menurun.

Kejadian seperti ini biasanya terjadi karena kerak pada mesin yang tidak dibersihkan akan membuat banyak residu menumpuk. Penumpukan residu, disertai kotoran ini bisa menyebabkan kerusakan dan bisa membuat mesin menjadi lebih panas.

Banyaknya residu dan kotoran tidak hanya membuat mesin mobil panas, tetapi juga mengakibatkan komponen lain pada mesin pun cepat rusak. Maka dari itu, menjaga kebersihan pada mesin mobil sangat penting untuk dilakukan secara berkala.

Tidak lupa untuk selalu mengganti oli mesin mobil secara berkala dan menggunakan oli mesin yang dianjurkan agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Untuk menghindari kerusakan yang akan datang di kemudian hari lebih baik mencegahnya sebelum mengalami kerusakan yang lebih besar.

5 Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

Meski sering diabaikan oleh sejumlah pemilik kendaraan, membersihkan kerak oli pada mesin sangat banyak manfaatnya. Selain membuat penampilannya terlihat bersih, membersihkan kerak mesin mobil dapat memperpanjang usia pakai mesin mobil.

Untuk membersihkan kerak oli pada mesin, Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini:

  • Ganti Oli yang Lama dengan Baru

Sebelum mengganti oli pada mesin mobil, pastikan untuk mematikan mesin mobil Anda. Setelah itu, buka tutup oli mesin dan keluarkan semua oli yang ada di dalamnya.

Bersihkan sisa oli mesin mobil lama menggunakan pompa oli atau alat lainnya. Pastikan untuk membuang oli ke tempat yang telah disediakan untuk menangani limbah oli.

  • Bersihkan Kerak Oli yang Menumpuk

Setelah mengeluarkan oli mobil yang lama, bersihkan kerak oli yang terkumpul di bagian bawah mesin. Gunakan beberapa alat untuk membersihkannya seperti spons, sikat, atau bahkan semprotan air.

Pastikan untuk menggunakan alat yang lembut agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin. Bisa jadi saat membersihkan malah membuat bagian luar mesin rusak.

  • Cuci Bagian Mesin

Setelah membersihkan kerak oli pada bagian bawah mesin, cucilah mesin mobil sampai bersih. Ini akan membantu Anda menghapus sisa-sisa oli yang masih melekat di bagian bawah mesin. Pastikan untuk menggunakan air dingin untuk membersihkan mesin Anda.

  • Masukkan Pelumas yang Baru

Setelah mencuci bagian luar mesin mobil dengan bersih menggunakan air dingin, Anda harus mengisi oli baru ke dalam mesin mobil. Pelumas yang baru diperlukan untuk melumasi bagian-bagian mesin. Pelumas ini juga akan membantu melindungi mesin dari korosi. Pastikan untuk menggunakan jenis oli dan pelumas yang sesuai dengan jenis mesin Anda.

  • Lakukan Penggantian Oli Secara Teratur

Penggantian oli secara teratur akan membuat mesin mobil Anda tetap efisien dan berfungsi dengan baik. Pastikan untuk membeli oli yang sesuai dengan jenis mesin Anda. Ini akan membantu Anda menjaga mesin Anda tetap terlindungi dan bekerja dengan baik.

Pembersih Kerak Oli Mesin Mobil

Pembersih Kerak Oli Mesin Mobil

Ada beberapa pembersih kerak oli mesin mobil khusus yang dijual di berbagai toko otomotif di berbagai kota. Beberapa pembersih kerak oli mesin mobil khusus yang bisa Anda gunakan sebagai berikut:

  • Pembersih Kerak Oli Mesin dengan Engine Conditioner

Dalam membersihkan kerak oli mesin mobil pada bagian ruang bakarnya, Anda dapat menggunakan engine conditioner. Sebuah cairan khusus yang mudah didapatkan di berbagai toko otomotif dengan harga yang bervariatif.

Engine conditioner ini merupakan cairan berbusa yang apabila disemprotkan akan berubah menjadi cair. Cara penggunaan engine conditioner ini sangat mudah dan digunakan pada ruang bakar mesin. Dalam penggunaannya dengan cara memasukkan cairan tersebut melalui lubang busi.

Berikut cara menggunakan engine conditioner :

  1. Nyalakan mesin mobil terlebih dahulu agar panas sehingga engine conditioner akan lebih cepat menguap.
  2. Lepaskan busi pada bagian mesin terlebih dahulu.
  3. Semprotkan engine conditioner ke dalam ruang bakar melalui lubang busi.

Setelah mengikuti instruksi di atas, kotoran atau kerak oli mesin mobil yang ada di ruang bakar nantinya akan luntur dan akan menempel pada bagian valve dan kepala piston. Selain itu, kotoran ini akan ikut terbuang melalui knalpot mobil.

 

  • Pembersih Kerak Oli Mesin dengan Engine Flush

 

Cara kedua dalam membersihkan kerak oli mesin mobil bisa menggunakan engine flush. Menggunakan engine flush dapat melunturkan kerak-kerak yang terdapat pada kalter dan saluran oli.

Untuk menggunakannya Anda dapat mengikuti cara di bawah ini:

  1. Masukan engine flush melalui lubang pengisian oli ketika akan melakukan penggantian oli mesin.
  2. Berbeda dengan engine conditioner yang melalui lubang busi, menggunakan engine flush dilakukan melalui lubang pengisian oli.
  3. Nyalakan mesin mobil hingga cukup panas sampai kipas radiator menyala, agar engine flush bisa tercampur dengan oli.
  4. Kuras oli yang tercampur dengan engine flush dengan bersih dan ganti oli mesin dengan yang baru.

Pastikan untuk selalu mengganti oli mesin secara berkala dan menggunakan oli mesin yang dianjurkan agar mesin tetap awet dan bersih.

  • Pembersih Kerak Oli Mesin dengan Engine Degreaser

Setelah menggunakan engine flush dan engine conditioner pada bagian dalam mesin mobil, bagian luarnya tentu tidak boleh ketinggalan. Cukup banyak yang ingin penampilan mesin mobilnya terlihat bersih, salah satu caranya adalah menggunakan engine degreaser.

Pada bagian luar mesin mobil ini Anda bisa menggunakan engine degreaser dengan cara menyemprotkannya pada kerak-kerak oli yang terlihat pada bagian luar. Setelah disemprotkan Anda bisa membersihkan dengan dibantu kuas, spon hingga lap microfiber.

Membersihkan Mesin Mobil dengan Sabun Pencuci Piring

Selain menggunakan beberapa cara di atas, Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring yang biasa digunakan di rumah. Dalam menggunakan sabun pencuci piring perlu dicampur cairan tertentu agar hasilnya lebih maksimal. Perlu diingat, cara ini hanya berlaku untuk membersihkan bagian luar mesin mobil.

Berikut cara membersihkan mesin mobil dengan sabun pencuci piring:

  1. Masukan sabun cuci piring secukupnya ke dalam botol semprot.
  2. Campurkan air dalam botol semprot tersebut.
  3. Pastikan air dan sabun cuci piring tersebut telah tercampur.
  4. Lalu semprotkan cairan tersebut ke tempat-tempat kerak mobil bersarang. Setelah disemprot biarkan selama 10 sampai 15 menit.
  5. Setelah dibiarkan, lalu bilas cairan yang telah disemprot tersebut menggunakan air hangat agar air dan kotoran tersebut bersih.
  6. Setelah bersih, jangan lupa untuk mengeringkan air yang tertinggal dengan lap microfiber agar tidak ada kotoran sisa yang tertinggal.
Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer