Apa Itu Fuel Pump Mobil? Kenali Fungsi dan Jenisnya | Wuling

Auto Tips

Apa Itu Fuel Pump Mobil? Kenali Fungsi dan Jenisnya

18 Maret, 2022

Image Apa Itu Fuel Pump Mobil? Kenali Fungsi dan Jenisnya

Pada bagian mobil terdapat komponen yang bernama fuel pump. Adapun fuel pump pada mobil adalah komponen kendaraan yang bertanggung jawab atas sistem injeksi dan atau karburator, yang secara konstan membantu bahan bakar mobil dapat bersirkulasi.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai fuel pump secara lebih mendetail, mulai dari fungsi, jenis, ciri-ciri masalah, hingga cara merawat komponen mobil ini.

Fungsi Fuel Pump Mobil

Fungsi Fuel Pump Mobil

Secara umum, pada mobil dan motor, fungsi fuel pump itu hanya satu, yakni memompa bahan bakar dari tangki. Bahan bakar yang berada di dalam tangki akan dipompa untuk dialirkan ke arah ruang pembakaran. Pada saat inilah bahan bakar diubah menjadi energi yang berguna dalam menghidupkan mesin kendaraan. Namun, fungsinya berkembang menjadi lebih banyak ketika dihadapkan pada jenis kendaraan.

Dalam dunia otomotif, berdasarkan jenis mobil, fungsi fuel pump terbagi dua. Pada jenis kendaraan dengan sistem injeksi, fuel pump berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki ke injektor. Sedangkan pada jenis kendaraan dengan sistem karburator, fuel pump memompa bahan bakar yang ada di tangki ke karburator.

Jenis Fuel Pump

Jenis Fuel Pump

Fuel pump atau yang disebut juga dengan pompa bahan bakar dibagi ke dalam 2 jenis. Berikut ini penjelasan lebih mendetail terkait jenis-jenisnya berdasarkan cara kerja komponennya.

Fuel Pump Mekanis

Fuel Pump Mekanis

Jenis fuel pump pertama adalah fuel pump mekanis. Penggerak pada fuel pump mekanis pada mesin diesel adalah putaran mesin yang tersambung kepada belt. Pada mesin mobil lainnya, pergerakan komponen ini adalah mekanisme camshaft yang letaknya ada pada silinder head.

Fuel Pump Elektrik

Fuel Pump Elektrik

Jenis fuel pump kedua ialah fuel pump elektrik. Ada pun jenis fuel pump ini memakai motor listrik yang penggeraknya adalah aliran listrik yang menuju motor penggerak. Jenis komponen ini terbagi lagi menjadi 2 subjenis, yakni model yang memakai diafragma dengan platina dan model biasa yang banyak ditemukan di mobil dengan sistem injeksi.

3. Ciri Ciri Fuel Pump Bermasalah 1000x569

Ciri-Ciri Fuel Pump Bermasalah

Seperti Anda ketahui, komponen mobil bisa rusak dan membuat mobil tidak dapat berfungsi dengan normal. Agar performanya bisa optimal, segala komponen yang rusak, termasuk fuel pump, perlu diperbaiki atau diganti. Untuk tahu itu, maka perlu mengetahui ciri-ciri fuel pump yang bermasalah. Berikut ini adalah gejala atau tanda saat pompa bahan bakar bermasalah atau rusak.

3.1. Mobil Susah Dinyalakan 1000x569

Mobil Susah Dinyalakan

Masalah atau kerusakan pada fuel pump dapat dicirikan pada mobil yang susah dinyalakan. Saat kunci starter dinyalakan, seharusnya dengungan yang berasal dari tangki bahan bakar dapat terdengar. Ketika terdengar, sudah pasti, mobil akan dapat menyala dengan mudah. Apabila bunyi dengungan lemah dan atau tak mengeluarkan dengungan, maka sudah dapat dipastikan fuel pump bermasalah dan mobil susah nyala, bahkan bisa jadi tak menyala.

Lampu Indikator Injeksi Berkedip

Lampu Indikator Injeksi Berkedip

Ketika lampu indikator injeksi berkedip, bahkan menyala terus, maka ini bisa menjadi pertanda bahwa fuel pump bermasalah. Saat mendiagnosa masalah pada fuel pump, maka Anda perlu memeriksa bagian ini. Ada pun lampu ini terletak pada bagian dashboard dalam sisi kemudi.

4. Cara Merawat Fuel Pump 1000x569

Cara Merawat Fuel Pump

Perawatan pada komponen kendaraan sudah pasti diperlukan, tidak terkecuali pada fuel pump. Perawatan yang dapat dilakukan kepada komponen ini di antaranya adalah membersihkan tangki secara berkala setidaknya setahun sekali. Lakukan pembersihan berkala juga kepada pompa setiap 6 bulan sekali, serta nozzle injector dan filter tiap 15.000 km.

Anda bisa membersihkannya sendiri karena cukup mudah. Untuk panduannya baca tulisan cara membersihkan filter bahan bakar ini. Namun, apabila tidak bisa melakukannya, Anda bisa membawa mobil ke bengkel untuk servis.  Itu dia pembahasan tentang fuel pump mobil.

Baca artikel terkait bahan bakar lainnya seperti cara memilih bahan bakar mobil, hanya di blog Wuling.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik