7 Kelebihan Mobil Kecil untuk Aktivitas Sehari-hari

27 June, 2022

Image 7 Kelebihan Mobil Kecil untuk Aktivitas Sehari-hari

Beberapa waktu belakangan ini banyak produsen mobil yang merilis mobil kecil untuk pengguna setianya. Seperti namanya, mobil jenis ini memiliki dimensi yang kecil dengan desain compact yang sangat cocok untuk digunakan di area perkotaan. Mobil jenis perti ini selain menghemat lahan parkir juga bisa menjadi solusi untuk Anda yang membutuhkan kendaraan dengan harga murah.

Sebelumnya, dunia otomotif diramaikan dengan mobil jenis SUV. Mobil jenis ini memiliki dimensi yang cukup besar sehingga sangat cocok untuk mobil keluarga. Akan tetapi seiring kemacetan yang semakin meningkat dan kebutuhan lahan parkir yang kian sempit membuat banyak orang mulai beralih ke mobil dengan ukuran lebih kecil.

Mobil kecil dianggap menawarkan berbagai keunggulan yang cocok untuk masyarakat perkotaan. Selain harga mobil kecil yang pastinya jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mobil besar, banyak kelebihan lain yang ditawarkan oleh mobil dengan dimensi kecil ini.

Mau tahu apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh mobil kecil ini? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Berbagai Kelebihan Mobil Kecil untuk Penggunanya

Pada dasarnya memilih jenis mobil harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Akan tetapi bagi Anda yang masih bingung menentukan jenis mobil untuk dibeli, berikut ini beberapa kelebihan mobil kecil yang bisa menjadi pertimbangan sebelum memilihnya.

1. Menggunakan Energi Terbarukan

1. Menggunakan Energi Terbarukan

Saat ini telah banyak jenis mobil listrik kecil yang menggunakan daya listrik sebagai sumber tenaganya. Mobil listrik selain lebih ramah lingkungan juga dapat membuat Anda menghemat anggaran untuk membeli bensin. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu melakukan pengisian daya yang pastinya akan lebih hemat jika digunakan dalam jangka panjang. Mobil jenis seperti ini sangat cocok untuk menemani aktivitas sehari-hari khususnya di wilayah perkotaan.

Lincah Bermanuver di Jalanan

2. Lincah Bermanuver di Jalanan

Ukuran mobil compact yang kecil membuatnya lebih mudah dan lincah untuk diajak bermanuver di jalanan. Mobil jenis seperti ini mampu melewati jalanan sempit hingga jalanan macet dengan lebih mudah karena ukurannya yang mini. Pastinya mobil jenis ini sangat cocok digunakan untuk wilayah perkotaan yang rawat macet. Tidak hanya itu, bentuknya yang kecil juga memudahkan Anda untuk mendapatkan tempat parkir yang pas.

Dapat Bereaksi Lebih Cepat

3. Dapat Bereaksi Lebih Cepat

Tidak hanya memudahkan untuk melakukan manuver saja, ukuran mobil kecil yang memiliki desain compact juga membuat mobil dapat mencapai kecepatan maksimal lebih cepat. Hal ini karena desain mobil compact terbaik yang dibuat lebih ringan sehingga memudahkan pengemudi untuk mengontrol kendaraan. Tidak hanya itu, mobil kecil juga memiliki jarak pengereman lebih pendek jika dibandingkan dengan mobil berdimensi besar sehingga keselamatan berkendara lebih terjamin.

Tidak Membutuhkan Ruang Garasi/Carport yang Besar

4. Tidak Membutuhkan Ruang Garasi/Carport yang Besar

Mobil dengan ukuran kecil akan lebih mudah bagi pemilik rumah yang memiliki ruang garasi tidak terlalu besar. Seperti misalnya rumah yang berada di lahan sempit atau perumahan padat. Hal ini tidak akan mengganggu pengguna jalan lain karena mobil harus parkir di luar akibat area carport atau garasi yang kecil. Inilah kelebihan mobil kecil bagi pemilik rumah minimalis.

Cocok untuk Lajang dan Keluarga Kecil

5. Cocok untuk Lajang dan Keluarga Kecil

Secara umum, mobil kecil memiliki kapasitas 4 orang. Mobil jenis seperti ini pastinya sangat cocok untuk Anda yang masih lajang atau keluarga kecil yang memiliki mobilitas cukup tinggi. Dengan menggunakan mobil model kecil seperti ini, Anda akan lebih mudah bermanuver serta tidak membutuhkan lahan yang luas untuk memarkirkannya.

Biaya Perawatan dan Operasional Lebih Rendah

6. Biaya Perawatan dan Operasional Lebih Rendah

Kelebihan lainnya yang ditawarkan mobil kecil 2 pintu adalah biaya perawatan dan biaya operasional yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mobil berdimensi besar. Mobil berukuran besar pastinya memiliki komponen dan teknologi yang jauh lebih komplek. Hal ini pastinya membuat biaya perawatan untuk mobil tersebut juga cukup besar.

Berbeda cerita jika Anda menggunakan mobil kecil khususnya mobil listrik. Biaya perawatan dan operasional mobil kecil listrik jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan mobil biasa. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat biaya untuk perawatan dan dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Harga Lebih Terjangkau

7. Harga Lebih Terjangkau

Satu lagi kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika memilih jenis mobil kecil adalah bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih terjangkau. Mobil kecil pastinya membutuhkan biaya produksi yang relatif kecil sehingga harga jualnya pun juga akan lebih terjangkau.

Rata-rata mobil kecil untuk 2 orang dibanderol dengan harga berkisar Rp 200 jutaan. Harga ini pastinya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mobil jenis MPV atau SUV. Tidak heran jika mobil compact seperti ini banyak diminati oleh kaum milenial karena harganya yang lebih terjangkau namun tetap mampu memenuhi kebutuhan mobilitas.

Saat ini telah banyak jenis mobil kecil yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan mobilitas khususnya bagi masyarakat perkotaan. Salah satunya seperti mobil Wuling Air ev  yang merupakan mobil listrik terbaru keluaran dari Wuling Motors.

Wuling Air ev yang pertama kali diperkenalkan pada ajang First Appearance Pre-Launch di Atrium Central Park pada tanggal 1 Juni 2022 kemarin memiliki desain compact dengan future-tech desain. Selain memiliki desain yang futuristik, mobil listrik mini ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti IoV dan WIND.

Mobil kecil listrik besutan Wuling Motors ini sangat cocok untuk Anda kaum urban di wilayah perkotaan yang memiliki mobilitas tinggi. Tidak hanya itu, desain yang stylish dan modern juga sangat cocok untuk pasangan muda.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer