Ini Fungsi Isofix pada Mobil dan Cara Menggunakannya

16 May, 2022

Image Ini Fungsi Isofix pada Mobil dan Cara Menggunakannya

Membawa balita saat berkendara perlu persiapan yang matang demi kenyamanan dan keselamatan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan ISOFIX untuk memastikan anak-anak bisa duduk dengan nyaman dan aman selama perjalanan.

Keselamatan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan saat berkendara khususnya jika Anda membawa anak-anak. Salah satu cara untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan anak saat berkendara adalah dengan menggunakan child car seat. Nah, agar child car seat dapat dipasang dengan kuat dan aman, maka Anda perlu memilih kendaraan yang dilengkapi dengan fitur keselamatan ISOFIX.

Lalu apa sebenarnya ISOFIX itu, apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya? Untuk penjelasan lebih lengkapnya, berikut ulasannya di bawah ini.

Apa itu ISOFIX?

Apa itu ISOFIX?

ISOFIX adalah singkatan dari International Standard Organizations FIX. Ini merupakan salah satu fitur keselamatan yang ada pada kendaraan untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan balita serta anak-anak saat perjalanan dengan mobil.

ISOFIX digunakan untuk child car seat pada kendaraan. Fitur ini akan mengunci car seat dengan kuat sehingga memastikan anak bisa duduk dengan aman dan terhindar dari risiko benturan ketika terjadi kecelakaan.

Secara umum, ISOFIX merupakan dua buah besi pengait yang berada di bagian lipatan jok pada kursi penumpang baris kedua. Fitur keselamatan ini berfungsi untuk mengaitkan bagian bawah car seat dengan jok mobil tanpa harus menggunakan sabuk pengaman. Perlu Anda ketahui bahwa pemasangan child car seat menggunakan ISOFIX lebih aman untuk anak-anak jika dibandingkan hanya menggunakan sabuk pengaman.

ISOFIX sendiri dirancang oleh perusahaan manufaktur car seat, Britax Romer yang bekerja sama dengan VM sejak tahun 1997. Seiring berjalannya waktu, fitur ini semakin banyak digunakan khususnya untuk mobil Eropa.

Fitur ISOFIX ini telah banyak digunakan di negara-negara maju khususnya negara barat. Akan tetapi untuk di Indonesia sendiri, masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa penggunaan car seat tidak terlalu penting sehingga kurang memperhatikan keberadaan fitur ISOFIX ketika membeli kendaraan.

Fungsi Fitur ISOFIX pada Mobil

Fungsi Fitur ISOFIX pada Mobil

ISOFIX merupakan salah satu fitur bawaan kendaraan yang berguna untuk menunjang keselamatan penumpang khususnya anak-anak ketika dalam perjalanan. Fungsi utama dari fitur mobil ini adalah untuk mengaitkan bagian bawah child car seat pada jok mobil tanda perlu menggunakan sabuk pengaman.

Fungsi utama ini ISOFIX car seat ini sangat berhubungan dengan keselamatan anak ketika berkendara. Dengan menggunakan ISOFIX, car seat tidak akan mengalami banyak guncangan sehingga memastikan anak lebih aman dari risiko benturan ketika terjadi kecelakaan.

Fungsi lainnya adalah untuk memudahkan pada proses pemasangan car seat. Dengan adanya dua pengait tersebut, Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk memasang car seat. Selain lebih mudah, car seat juga lebih kuat dan aman jika dibandingkan dengan melilitkannya menggunakan sabuk pengaman.

Hadirnya fitur ISOFIX pada kendaraan juga bisa membuat pengemudi lebih berkonsentrasi ketika berkendara. Tidak jarang, anak-anak yang aktif bergerak di dalam mobil bisa mengganggu konsentrasi dan ini berbahaya untuk keselamatan berkendara. Akan tetapi jika anak bisa duduk nyaman dan aman di car seat yang telah terkait dengan ISOFIX, maka pengemudi bisa lebih berkonsentrasi sehingga risiko kecelakaan bisa dihindari.

Untuk memaksimalkan fungsi dari fitur ISOFIX ini, Anda perlu memilih jenis car seat yang sesuai dengan usia anak. Nah, berikut ini jenis car seat yang sesuai dengan kebutuhan anak:

  • Infant car seat: untuk anak usia 0-1 tahun dengan berat badan maksimal 10 kg. Car seat jenis ini dapat diputar dan memiliki handling untuk memudahkan dibawa dengan dijinjing.
  • Toddler car seat: cocok untuk anak usia 1-4 tahun dengan berat badan antara 10-20 kg.
  • Young children car seat: untuk anak usia 4 hingga 8 tahun dengan berat badan yang lebih dari 20 kg.

Cara Menggunakan Isofix

Cara Menggunakan Isofix

Agar fitur ISOFIX bisa bekerja dengan maksimal, maka perlu cara penggunaan yang tepat. Berikut ini cara menggunakan ISOFIX yang tepat yang perlu Anda ketahui.

Pilih jenis car seat yang tepat

1. Pilih jenis car seat yang tepat

Untuk membuat fungsi ISOFIX bisa maksimal, maka Anda perlu memilih jenis car seat yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Pada tahap ini, cara memilih car seat yang tepat bisa Anda sesuaikan dengan berat badan dan usia anak.

Pasang car seat pada belakang kursi depan

2. Pasang car seat pada belakang kursi depan

Cara menggunakan ISOFIX yang tepat adalah dengan memasang car seat di belakang kursi depan. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko pada bagian leher, kepala dan juga tulang belakang anak dari risiko benturan.

Pasang posisi ISOFIX dan car seat dengan benar

3. Pasang posisi ISOFIX dan car seat dengan benar

Agar ISOFIX bisa mengunci dengan maksimal, maka Anda perlu memastikan bahwa telah memasang car seat dengan benar. Anda harus memastikan bahwa terdengar bunyi klik ketika menghubungkan ISOFIX dengan car seat. Selain itu, Anda juga perlu rutin mengecek kondisi sabuk setiap ingin bepergian. Hal ini untuk memastikan fungsi fitur ini dalam kondisi yang baik sehingga dapat mengunci car seat dengan optimal.

Periksa kelonggaran sabuk pengaman

4. Periksa kelonggaran sabuk pengaman

Untuk membuat anak nyaman selama perjalanan menggunakan car seat, Anda perlu memastikan bahwa sabuk pengaman terpasang dengan kelonggaran yang pas dengan tubuh anak. Pastikan posisi sabuk pengaman tidak terlalu longgar atau justru terlalu kencang karena bisa membuat anak menjadi tidak nyaman.

3.5 Cek kemiringan sabuk dan car seat 1000x569

5. Cek kemiringan sabuk dan car seat

Agar fungsi apa itu ISOFIX bisa maksimal, Anda perlu memperhatikan kemiringan sabuk dan car seat saat menggunakannya. American Academy of Pediatrics menganjurkan untuk kemiringan car seat pada bayi yang ideal adalah 45 derajat. Sedangkan, pada balita, sudut kemiringan car seat cukup 35 derajat saja. Dengan mengatur kemiringan car seat dengan tepat sesuai umur, anak akan lebih nyaman dan fungsi fitur ISOFIX juga akan lebih maksimal.

Menjaga keselamatan saat berkendara sangat penting untuk diperhatikan. Tidak hanya untuk pengemudi dan penumpang dewasa saja, Anda juga perlu memperhatikan keselamatan berkendara pada anak-anak. Salah satu caranya adalah dengan memilih kendaraan yang dilengkapi fitur ISOFIX sehingga memudahkan Anda untuk memasang child car seat dengan aman.

Saat ini telah banyak mobil keluaran terbaru yang dilengkapi dengan fitur ISOFIX pada jok mobil untuk meningkatkan faktor keselamatan khususnya pada anak-anak. Salah satu adalah pada mobil Wuling New Cortez yang memiliki jok Captain Seat dengan dukungan fitur ISOFIX untuk keamanan dan kenyamanan anak selama berkendara di dalam mobil.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer