Apa Itu Rack Steer dan Mengetahui Tanda Kerusakannya

3 September, 2021

Image Apa Itu Rack Steer dan Mengetahui Tanda Kerusakannya

Jika rack steer mengalami kerusakan, maka tingkat kenyamanan dan keamanan dalam berkendara akan sangat berkurang. Mobil yang sering menghantam jalanan berlubang akan berisiko mengalami kerusakan pada bagian rack steer. Bukan cuma itu, membelokkan mobil dengan keras juga akan membuat rack steer rusak.

Saat rack steer sudah terlanjur alami kerusakan tentu harus secepatnya diperbaiki, apabila tidak akan merusak bagian karetnya dan akan memicu berbagai kerusakan lainnya. Supaya bisa menghindarkan rack steer dari kerusakan, sebaiknya anda kenali dulu mengenai cara kerja rack steer dengan baik.

Apa Itu Rack Steer dan Cara Kerjanya

Apa Itu Rack Steer dan Cara Kerjanya

Rack steer adalah salah satu komponen penting dalam sebuah mobil, karena menjadi penghubung antara setir atau lingkar kemudi dengan kaki-kaki mobil. Apabila rack steer mengalami kerusakan, maka kinerja dari power steering akan sangat terhambat. Kerusakan pada rack steer haruskah dihindari, karena biaya perbaikannya lumayan besar.

Ketika memperbaiki rack steer tentu Anda harus menggantinya secara utuh, agar kinerjanya kembali stabil. Apalagi kalo harus melakukan pergantian pada bagian seal, bushing dan berbagai sensor jika diperlukan.

Secara umum, cara kerja dari rack steer terbilang sangat sederhana. Rack steer akan mengarahkan ban mobil untuk berbelok, sehingga pemutarannya akan sesuai dengan lingkar kemudinya. Jika arah ban sudah tidak sesuai dengan putaran lingkar kemudi, maka bisa dipastikan adanya kerusakan pada bagian rack steer.

Untuk menghindari rack steer dari kerusakan, maka Anda bisa menghindarkan mobil dari jalanan yang berlubang. Anda juga harus membelokkan mobil dalam kondisi sedang bergerak, agar gesekan pada bagian tapak ban tidak terlalu banyak. Membelokkan mobil juga tidak boleh terlalu keras atau patah.

Kondisi jalanan yang banjir juga akan berpengaruh terhadap sistem kerja rack steer, karena air yang masuk ke komponen rack steer akan membuat adanya karatan dan akan mengurangi gemuk di dalamnya. untuk mendeteksi berbagai kerusakan pada rack steer, maka ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dengan baik.

Tanda-Tanda Rack Steer Mobil Rusak

Tanda-Tanda Rack Steer Mobil Rusak

Saat rack steer mengalami berbagai kerusakan, maka ada berbagai tanda yang bisa Anda kenali dengan mudah. Dengan mengenali tanda-tanda kerusakan, maka mobil akan terhindar dari berbagai kerusakan yang sangat parah seperti adanya rembes oli saat mobil melewati genangan air.

1. Adanya Bunyi

Adanya Bunyi

Pada saat rack steer mengalami kerusakan, biasanya akan muncul bunyi-bunyian dan kondisi bunyi biasanya akan terjadi saat mobil dikendarai dalam kecepatan yang lambat atau tinggi. Bunyi yang terdengar biasanya akan melengking atau mendengung yang sangat mengganggu.

Ketika mobil mengeluarkan suara tentu kenyamanan Anda dalam berkendara akan sangat terganggu. Anda bisa langsung bawa mobil ke bengkel terdekat, agar mobil segera diperbaiki dan hal ini akan menghindarkan kerusakan yang semakin parah atau meluas.

Bunyi biasanya terjadi pada area roda depan dan di timbulkan dari adanya kotoran atau masuknya air ke bagian rack steer. Pada saat anda ingin membeli mobil bekas, maka Anda perlu melakukan test drive dan pastikan ada dengarkan berbagai bunyi dengan cermat. Jika kerusakan rack steer sudah sangat parah, maka bunyi akan terdengar jelas pada saat mobil dalam keadaan yang lambat.

2. Getaran Pada Setir Kemudi

Getaran Pada Setir Kemudi

Kerusakan pada rack steer juga bisa dideteksi saat adanya getaran atau oblak di bagian rack steer dan kondisi setir mobil juga akan terasa berat dalam kondisi yang idling. Kondisi ini juga bisa terjadi akibat adanya kerusakan pada bagian power steering belt dan hal ini juga bisa menjadi pertanda bahwa power steering sudah kendor.

Namun saat kondisi setir sulit untuk dikendalikan, maka Anda harus segera memperbaiki mobilnya. Apabila kondisi ini dibiarkan dalam waktu yang lama, maka akan sangat berbahaya buat para pengendara. Kerusakan pada rack steer juga akan terasa saat setir kemudi mengalami getaran di jalanan yang rata, sehingga sangat sulit untuk berjalan mulus di jalanan yang lurus.

Rack steer yang alami kerusakan haruslah di atasi dengan cepat, karena akan sangat membahayakan untuk dibiarkan. Mengecek rack steer sangatlah perlu di lakukan buat Anda yang ingin membeli mobil bekas, agar tidak mendapatkan mobil yang kualitasnya buruk.

3. Gigi Pinion dan Harmonika yang Tumpul

Gigi Pinion dan Harmonika yang Tumpul

Pada dasarnya, gigi pinion atau harmonika yang sudah tumpul biasanya akan menimbulkan sebuah gesekan akibat tidak adanya pelumas yang memadai. Kondisi ini biasanya ditimbulkan akibat adanya debu-debu yang menempel di bagian setir kemudi. Bukan cuma itu, kondisi ini juga bisa ditimbulkan akibat adanya celah yang berasal dari robekan di bagian rack steer.

Jika rack steer sudah mengalami kebocoran, maka Anda harus secepatnya melakukan pengecoran ulang di bagian gigi pinion dan hal ini akan membuat rack steer memiliki gerigi-gerigi baru yang lebih tajam.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer