Kelebihan & Cara Kerja Mesin Hybrid pada Mobil

5 December, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Kelebihan & Cara Kerja Mesin Hybrid pada Mobil

Ingin memiliki kendaraan yang hemat bahan bakar sekaligus ramah lingkungan? Memilih mobil dengan mesin hybrid bisa menjadi pilihan yang terbaik. Mobil hybrid merupakan jenis kendaraan yang menggunakan sistem penggerak dengan dua sumber energi, yaitu bahan bakar dan listrik.

Kombinasi dua jenis sumber energi ini diklaim mampu menghasilkan efisiensi lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin konvensional. Lebih menariknya lagi, mobil dengan mesin hybrid juga diklaim bisa mengurangi polusi udara hingga 90% (sumber laman berita otomotif.tempo.co).

Lalu bagaimana kelebihan dan cara kerja mesin hybrid itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Mesin Hybrid pada Mobil

Kelebihan Mesin Hybrid pada Mobil

Mobil dengan mesin hybrid menawarkan berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan mobil konvensional. Beberapa kelebihan mesin hybrid pada mobil antara lain yaitu:

  • Irit bahan bakar minyak karena bensin yang ada tidak digunakan terus-menerus.
  • Rendah emisi gas buang karena proses pembakaran yang lebih baik.
  • Minim getaran dan rendah suara mesin.
  • Peningkatan performa akselerasi dan kecepatan, hal ini dikarenakan adanya mesin bensin dan motor listrik tenaga baterai yang mampu memberikan daya maksimal kepada mobil.
  • Adanya transmisi CVT (Continous Variable Transmission) sehingga mencegah getaran saat perpindahan gigi yang dapat dirasakan penumpang dan pengemudi.

Adanya kelebihan-kelebihan yang dimiliki mesin hybrid membuat aktivitas berkendara, terutama di perkotaan padat dan penuh polusi menjadi lebih nyaman. Dengan demikian jenis mobil ini menjadi alternatif tepat sebagai solusi untuk memaksimalkan udara kota yang lebih ramah lingkungan.

Video Kelebihan Wuling Almaz Hybrid Ini yang Bikin Food Vlogger Jatuh Cinta

Perbedaan Mesin Hybrid vs Mesin Konvensional

Perbedaan Mesin Hybrid vs Mesin Konvensional

Mobil dengan jenis mesin hybrid pastinya berbeda dengan mobil dengan mesin konvensional. Pada mobil konvensional, menggunakan mesin pembakaran internal atau mobil mesin bensin atau mesin diesel. Sedangkan untuk mobil hybrid menggunakan dua jenis energi yaitu mesin bensin dan motor listrik.

Perbedaan selanjutnya adalah suara mesin mobil hybrid jauh lebih halus jika dibandingkan dengan mesin mobil konvensional. Mobil hybrid juga memiliki jarak tempuh yang lebih jauh jika dibandingkan mobil konvensional.

Oh ya sebelum melanjutkan membaca, Wuling punya informasi menarik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan brosur kami yang informatif.

Download Brosur BinguoEV

Download Brosur Alvez

Download Brosur Almaz Hybrid

Download Brosur Air ev

Download Brosur New Almaz RS

Cara Kerja Mesin Hybrid Berdasarkan Jenisnya

Cara Kerja Mesin Hybrid Berdasarkan Jenisnya

Secara umum, mobil dengan mesin hybrid adalah terdiri dari tiga jenis, yaitu full hybrid, mild hybrid dan plug in hybrid. Masing-masing jenis memiliki cara kerja yang berbeda-beda.

1.  Cara Kerja Full Hybrid

Sistem full hybrid terdiri dari beberapa jenis yaitu parallel hybrid, serial hybrid serta parallel serial hybrid. Untuk sistem parallel hybrid, sumber tenaga dihasilkan dari tiga kombinasi yaitu mesin bensin, motor listrik atau bisa juga dari kombinasi dari keduanya.

Kedua sumber tenaga pada mesin hybrid ini akan secara aktif bekerja terus menerus dan tidak dapat dipisahkan. Pada kecepatan rendah, mesin bensin akan melakukan pengisian daya baterai saat roda kendaraan bergerak.

2. Cara Kerja Mild Hybrid

Sistem mild hybrid biasanya menggunakan baterai tambahan sebagai sumber tenaga namun dengan kapasitas lebih kecil dari baterai utamanya. Tujuannya adalah untuk meringankan kerja mesin saat angkatan awal karena beban kerja lebih berat.

Cara kerja mesin hybrid jenis ini tidak memakai motor listrik yang terpisah namun memanfaatkan optimalisasi komponen starter generator dari starter motor dan alternator yang terdapat pada mesin utama. Sistem ini berfungsi untuk membantu meringankan kinerja mesin bensin dengan cara memberikan suntikan tenaga pada saat awal akselerasi

3. Cara Kerja Plug in Hybrid

Cara kerja dari sistem plug in hybrid tidak jauh berbeda dengan sistem full hybrid.  Namun mesin hybrid jenis ini menawarkan daya jelajah penggunaan motor listrik yang lebih jauh karena menggunakan baterai dengan kapasitas lebih besar.

Untuk  mesin jenis plug in hybrid, pemilik kendaraan bisa melakukan pengisian ulang daya baterai. Caranya adalah dengan melakukan pengecasan di rumah atau SPKLU dengan menggunakan plug in tersebut. Karena menggunakan kapasitas baterai yang besar, mesin bensin jadi jarang digunakan.

Saat ini semakin banyak pilihan mobil hybrid di Indonesia. Almaz Hybrid merupakan salah satu jenis mobil hybrid yang menawarkan berbagai keunggulan. Selain irit bahan bakar dan ramah lingkungan, mobil mesin hybrid ini juga memiliki akselerasi serta getaran mesin yang halus. Almaz hybrid bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mobil hybrid masa kini di Indonesia.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer