Ketahui Cara Kerja dan Memasang Kamera Mundur Mobil

16 May, 2022

Image Ketahui Cara Kerja dan Memasang Kamera Mundur Mobil

Memarkir kendaraan bisa menjadi lebih aman dan mudah jika menggunakan fitur kamera mundur mobil. Seperti namanya, kamera ini terletak di bagian bumper belakang mobil yang akan memberikan visual di belakang kendaraan. Hal ini sangat penting untuk menghindarkan kendaraan menabrak objek ketika akan mundur atau parkir.

Tidak bisa dipungkiri, parkir mobil merupakan hal yang tidak semua orang bisa melakukan dengan baik. Maka dari itu, saat ini produsen mobil telah berinovasi dengan menambahkan kamera pada bagian belakang kendaraan yang akan sangat berguna ketika mobil hendak mundur.

Kamera mundur atau dikenal juga dengan istilah rear camera merupakan salah satu perangkat yang sangat mendukung kemudahan dalam berkendara. Kamera ini terhubung dengan layar yang ada di dashboard mobil yang akan memberikan visualisasi keadaan di belakang kendaraan secara real time. Perangkat ini pastinya akan memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk melihat kondisi belakang kendaraan bahkan tanpa harus menoleh sekalipun.

Untuk lebih jelasnya tentang apa fungsi hingga bagaimana cara setting kamera mundur ini, yuk simak penjelasan di bawah sampai akhir.

Fungsi Kamera Mundur Mobil

Fungsi Kamera Mundur Mobil

Perlu Anda ketahui bahwa kamera mundur tidak sama dengan sensor parkir. Sensor parkir atau parking sensors hanya akan memberikan sinyal berupa bunyi ketika kendaraan mendeteksi objek yang mendekat. Akan tetapi, kamera mundur atau rear camera dapat memvisualisasikan keadaan belakang kendaraan secara real time melalui layar yang ada di head unit.

Memasang kamera mundur pada kendaraan akan memberikan banyak keuntungan bagi pengemudi. Hal ini karena keberadaan rear camera ini memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah untuk memudahkan saat ingin parkir kendaraan. Dengan adanya kamera mundur, Anda bisa memantau keadaan belakang kendaraan secara lebih baik.

Beberapa jenis kamera mundur saat ini juga telah dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih. Di antaranya seperti dapat mendeteksi jarak dengan benda yang ada di sekitar kendaraan. Saat kamera mundur mendeteksi bahwa bagian belakang kendaraan terlalu dekat dengan objek sekitar, maka akan memberikan peringatan berupa warna menjadi merah pada layar head unit.

Fungsi dan kegunaan dari pasang kamera mundur mobil tidak hanya berguna saat akan memarkir kendaraan saja. Keberadaannya juga berguna untuk mengetahui kondisi di belakang kendaraan saat berkendara di jalanan, contohnya ketika macet. Dengan cara seperti ini, Anda bisa selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan khususnya saat jalanan tengah macet.

Satu lagi fungsi dari kamera mundur ini bisa membantu pengemudi untuk melihat lebih jelas keadaan belakang kendaraan ketika hujan. Sebagaimana diketahui, ketika hujan jarak pandang pengemudi menjadi terbatas. Dengan adanya rear camera, bisa membantu Anda untuk memiliki jarak pandang yang lebih baik. Tidak hanya saat hujan, kamera mundur biasanya juga memiliki visibilitas yang baik ketika malam hari.

Kamera mundur memang sangat berguna untuk membantu menuntun pengemudi ketika mundur dan meminimalisasi titik blind spot. Jadi bisa dikatakan bahwa fungsi kamera mundur ini adalah membantu memperluas area yang dapat terlihat oleh pengemudi.

Meskipun telah dilengkapi dengan kamera mundur, namun pengemudi kendaraan tetap perlu menengok dan melihat spion ketika ingin mundur ataupun memarkir kendaraan. Hal ini untuk memaksimalkan areal yang dapat terlihat oleh mata pengemudi sehingga bisa berkendaraan dengan lebih aman dan nyaman.

Cara Kerja Kamera Mundur Mobil

Cara Kerja Kamera Mundur Mobil

Kamera mundur akan bekerja ketika tuas transmisi berada pada posisi R atau mundur. Pada keadaan tersebut, tampilan pada layar head unit akan secara otomatis berubah menampilkan kondisi yang ada di belakang kendaraan. Setiap jenis kamera mundur memiliki jangkauan yang bervariasi mulai dari 3 meter hingga 5 meter.

Pada tampilan layar dari kamera  mundur ini terdapat garis pembantu yang terhubung dengan sensor pada roda depan atau kemudi. Kemampuan garis tersebut akan bergerak melengkung sesuai dengan arah kemudi. Jika setir kendaraan diarahkan ke kiri maka garis pada layar juga akan mengikuti.

Sonar atau sensor yang berada di belakang mobil juga akan mendeteksi saat bagian belakang kendaraan terlalu dekat dengan objek. Tampilan layar akan berubah warna menjadi merah dan mengeluarkan suara peringatan jika kamera mundur mendeteksi bahwa mobil terlalu dekat dengan objek atau benda di belakangnya.

Ketika fungsi kamera mundur aktif, maka suara yang dihasilkan oleh fungsi audio seperti DVD player, TV atau radio akan hilang sementara. Hal ini bertujuan agar pengemudi bisa lebih fokus untuk memantau layar head unit saat memundurkan kendaraannya.

Keberadaan kamera mundur sangat berguna bagi pengemudi karena bisa membantu memundurkan kendaraan dengan lebih aman dan nyaman. Adanya kamera mundur ini juga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat blind spot karena pengemudi bisa memantau area belakang kendaraan secara lebih luas.

Cara Pasang Kamera Mundur Mobil

Cara Pasang Kamera Mundur Mobil

Beberapa jenis mobil keluaran terbaru memang sudah dilengkapi dengan fitur kamera mundur. Akan tetapi bagi Anda yang kendaraannya belum dilengkapi dengan fitur tersebut, bisa memasang perangkat rear camera sendiri.

Sebenarnya cara pasang kamera mundur mobil tidaklah terlalu sulit. Hanya saja ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Untuk mengetahui bagaimana cara memasang kamera mundur pada mobil ini, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

Siapkan kamera mundur yang tepat

1. Siapkan kamera mundur yang tepat

Langkah pertama jika ingin memasang kamera mundur pada mobil adalah pilih perangkat yang sesuai dengan kendaraan. Untuk mempermudah proses pemasangan, ada baiknya pilih rear camera yang dilengkapi dengan braket.

Ulurkan kabel dari monitor

2. Ulurkan kabel dari monitor

Setelah kamera mundur siap, selanjutnya siapkan kabel yang terhubung dari layar monitor pada head unit kendaraan. Pada tahap ini, Anda juga perlu memasang power camera dan layar LCD yang terhubung melalui reserve switch. Tujuannya adalah ketika mobil pada posisi gigi mundur maka kamera dan LCD akan secara otomatis akan menyala.

Buka Tutup Pintu Belakang

3. Buka Tutup Pintu Belakang

Tahap selanjutnya dari cara pemasangan kamera mundur mobil ini adalah Anda perlu membuka tutup pintu belakang. Caranya adalah dengan melepaskan penguncinya yang terbuat dari bahan plastik tersebut.

Sambungkan kabel kamera dengan kabel dari layar LCD

4. Sambungkan kabel kamera dengan kabel dari layar LCD

Setelah pengunci pada tutup pintu belakang terbuka, selanjutnya segera sambungkan kabel kamera mundur mobil dengan kabel video yang berasal dari arah LCD. Anda bisa mengambil kabel power dari lampu mundur maupun stop lamp.

Posisikan kamera mundur dengan tepat

5. Posisikan kamera mundur dengan tepat

Agar jarak pandang kamera mundur bisa maksimal, maka Anda perlu memastikan bahwa posisinya telah tepat. Biasanya posisi kamera mundur yang paling umum adalah berada di atas plat nomor kendaraan. Untuk mengetahui posisi yang tepat, Anda bisa melakukan pengecekan secara langsung pada layar LCD yang berada di head unit.

Pasang kamera dengan kuat

6. Pasang kamera dengan kuat

Jika posisi kamera mundur mobil telah sesuai, selanjutnya segera pasang perangkat tersebut agar tidak bergeser. Anda bisa menggunakan double tape, baut atau kabel tis untuk memasang kamera mundur dengan tepat.

Kamera mundur mobil merupakan perangkat yang sangat berguna untuk kemudahan dan keselamatan saat berkendara. Saat ini telah banyak produsen mobil yang menyematkan fitur kamera mundur salah satunya mobil New Cortez. Mobil keluaran terbaru ini dilengkapi dengan fitur rear camera parking camera with steering guideline yang akan memastikan pengemudi bisa memarkir kendaraan dengan lebih aman dan nyaman.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer