Mengenal Fitur Hill Start Assist, Cegah Mobil Mundur di Tanjakan | Wuling

Auto Tips

Mengenal Fitur Hill Start Assist, Cegah Mobil Mundur di Tanjakan

25 Februari, 2021

Image Mengenal Fitur Hill Start Assist, Cegah Mobil Mundur di Tanjakan

Mobil masa kini yang sudah ada di Indonesia memang mayoritas sudah menggunakan berbagai fitur yang canggih yang menunjang sisi kenyamanan, keselamatan dan hiburan. Hill Start Assist atau HSA merupakan salah satu fitur canggih yang sering diterapkan di berbagai mobil modern dan penerapan fitur ini sangat menunjang keselamatan suatu kendaraan.

Sudah banyak pecinta otomotif di Indonesia yang belum mengenal fitur Hill Start Assist, padahal fitur ini memiliki peranan yang sangat penting. Selain itu juga sudah banyak dipakai untuk berbagai mobil kelas bawah dan penerapan ini membuat mobil kelas bawah menjadi lebih berkualitas.

Sebelumnya, fitur ini hanya diterapkan pada mobil kelas menengah ke atas, namun saat ini mobil yang sudah menggunakan fitur Hill Start Assist ini sudah semakin banyak yang ikut meningkatkan performanya, seperti salah satunya adalah Wuling Cortez.

Sekilas Tentang Fitur Hill Start Assist

Sekilas Tentang Fitur Hill Start Assist 

Hill Start Assist adalah sebuah fitur mobil yang akan bekerja untuk menahan mobil saat berada di tanjakan atau sering disebut dengan fitur anti mundur pada jalanan yang naik atau menanjak. Dengan adanya fitur tersebut, maka mobil akan melakukan deteksi otomatis saat melewati suatu tanjakan kemudian fitur ini akan mendeteksi arah putaran roda, walau sangatlah perlahan atau pelan.

Apabila mobil tidak kuat untuk menaiki tanjakan dan roda mobil berputar mundur atau pengemudi melepaskan injakan pada rem saat berada di sebuah tanjakan, maka mobil akan mengerem otomatis. Ketika Anda kembali menginjak gas lagi, maka mobil akan otomatis melepaskan rem tersebut dan pelepasan rem akan selaras dengan injakan gas yang dilakukan.

Dengan hadirnya fitur rem ini, tentu para pengendara akan lebih aman. Kinerja Hill Start Assist akan sangat terasa saat Anda menggunakan mobil dalam sebuah tanjakan yang macet dan dengan adanya Hill Start Assist, maka pengemudi pemula tidak perlu takut menghadapi tanjakan yang macet.

Fitur Hill Start Assist juga sangat membantu untuk para pengendara yang memiliki tingkat refleks tinggi saat berkendara. Dengan Hill Start Assist, maka para pengendara tersebut akan lebih tenang dalam membawa kendaraan dan saat menghadapi jalanan yang naik.

Pengendara Mobil Manual

Pengendara Mobil Manual

Para pengendara mobil manual seringkali merasa panik dan kesulitan saat mobil berhenti di sebuah tanjakan yang macet. Pengendara mobil manual akan kesulitan untuk memindahkan pijakan pedal rem ke pedal gas dan posisi kopling harus tetap ditekan, apabila proses tersebut dilakukan lambat maka mobil akan mundur.

Menggunakan mobil manual memang sangatlah sulit untuk para pengendara pemula, karena diperlukan adaptasi yang lumayan panjang dan latihan harus dilakukan, agar tetap tenang saat menhadapi suatu jalanan naik.

Fitur ini akan melakukan pengereman otomatis, sehingga mobil tidak akan mundur di sebuah tanjakan. Selain itu, bisa menahan mobil dengan waktu sekitar 5 detik setelah rem dilepaskan. Pada saat rem kembali Anda injak di detik ke 4, maka Hill Start Assist akan melakukan hitung ulang. Dengan adanya waktu 5 detik pengereman, maka Anda bisa berkendara dengan lebih aman.

Jenis Mobil yang Menggunakan Hill Start Assist

Jenis Mobil yang Menggunakan Hill Start Assist

Jenis mobil yang sudah memakai fitur ini sangatlah banyak dan standar terbaiknya memang harus diterapkan pada mobil kelas medium ke atas, meskipun mobilnya jenis atau hatchback. Namun paling banyak dipakai pada mobil jenis SUV atau Crossover, karena jenis mobil tersebut sering dipakai ke berbagai jalan yang menanjak. HSA menjadi sistem safety yang sangat membantu keselamatan dalam berkendara.

Cortez yang merupakan salah satu varian Wuling sudah menggunakan fitur Hill Start Assist. Dengan adanya fitur ini, para pengguna Wuling Cortez akan semakin aman dan nyaman dalam berkendara. Ini merupakan nilai tambah yang menjadi sangat membantu para penggunanya dalam melewati jalan yang menanjak.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik