Cara Ganti Baterai Remote Mobil Habis & Penyebabnya

30 December, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Cara Ganti Baterai Remote Mobil Habis & Penyebabnya

Hampir semua mobil keluaran terbaru, saat ini sudah menggunakan remote mobil. Perangkat ini membuat pemilik kendaraan semakin praktis dalam membuka hingga mengunci mobil dari jarak jauh tanpa harus memutar anak kunci. Biasanya remote mobil menjadi satu dengan teknologi smart key yang diterapkan pada mobil modern.

Selain berfungsi membuka dan mengunci pintu, remote mobil juga berfungsi sebagai alarm yang terhubung ke tombol starter atau stop engine. Maka dari itu, remote mobil memiliki peranan penting. Apabila baterainya melemah atau habis, pintu mobil tidak dapat dibuka meski ditekan berkali-kali. Bahkan lampu LED pada remote bisa jadi tidak menyala yang menandakan remote tidak memiliki daya.

Namun begitu, baterai remote mobil bisa Anda ganti dengan mudah. Tetapi ada cara tertentu untuk memastikan pemasangan yang tepat saat mengganti baterai. Mari simak untuk mengetahui penyebab baterai remote mobil habis hingga cara menggantinya.

Penyebab Baterai Remote Mobil Habis

Penyebab dari baterai remote mobil habis umumnya terjadi karena daya dari baterai sudah habis. Selain itu, faktor penggunaan dan penyimpanan remote mobil yang salah dapat membuat usia pakai semakin pendek. Seperti saat menyimpan remote mobil di dalam tas bersama barang-barang lainnya. Tidak jarang tombol remote mobil tertekan dan membuat daya baterai semakin berkurang.

Tanda-tanda Baterai Remote Habis

  • Response Remote Kurang Responsif

Saat baterai remote mobil habis, responnya akan berkurang. Ada kemungkinan bahwa tombol tertentu tidak berfungsi atau perlu ditekan berkali-kali untuk berfungsi.

  • Lampu Indikator Mati

Baterai remote mobil biasanya memiliki lampu indikator. Jika baterai mulai lemah, biasanya lampu tersebut mati, tetapi tombol remote tetap dapat digunakan.

  • Jarak Pengoperasian Remote Pendek

Jika baterai remote mobil lemah, itu tidak akan berfungsi hingga 10 meter atau lebih jauh dari mobil.

  • Indikator Mobil Mati

Untuk beberapa jenis mobil keluaran terbaru, apabila remote mobil dayanya mau habis akan menunjukan sebuah lampu indikator. Namun untuk mobil keluaran lama, tidak semuanya memiliki indikator tersebut.

Cara Mengganti Baterai Remote Mobil

Cara Mengganti Baterai Remote Mobil

  • Siapkan Peralatan

Untuk mengganti baterai remote mobil, persiapkan peralatan Anda terlebih dahulu. Alat yang dapat digunakan untuk menyesuaikan ukuran baut plus adalah obeng. Alat tambahan lainnya yaitu pisau lipat tipis dan pinset, yang dapat digunakan untuk mencongkel tutup baterai remote mobil.

  • Cari Bagian Baut lalu Buka Cangkang Remote

Buka cangkang remote mobil untuk menemukan bagian bautnya. Lepaskan setiap baut dengan obeng yang telah disiapkan. Gunakan obeng dengan ujung pipih atau pisau lipat untuk melepas baut. Untuk menjaga kerapatan, congkel dengan perlahan sampai cangkang tidak terluka.

  • Siapkan Baterai Baru

Selanjutnya, pastikan baterai remote mobil yang baru sudah sesuai. Pastikan tipe baterai dan voltasenya sesuai. Penggunaan baterai yang tepat untuk memastikan remote mobil tetap berfungsi dengan baik dan seluruh komponennya dapat digunakan.

  • Masukkan Baterai yang Baru

Setelah itu, lepaskan baterai yang lama, lalu masukkan baterai baru. Beberapa baterai remote mobil terikat pada besi penghantar. Untuk menjaga keamanan, ambil baterai lama dan pasang yang baru dengan pinset. Pastikan baterai tidak terbalik saat memasangkannya. Jika baterai dipasang terbalik, Anda harus membuka cangkang baterai lagi.

  • Tutup Kembali Cangkang Remote

Pastikan baterai tidak lepas dari remote mobil karena tidak ada penyangga untuk menutupnya. Pastikan semua komponen yang sudah dilepas (seperti baut) telah dipasang. Hal ini perlu dilakukan dengan hati-hati saat memasang mobil remote keyless immobilizer yang dilengkapi dengan chip.

  • Cek Kembali Fungsi Remote Mobil

Setelah mengganti baterainya, langkah terakhir adalah memeriksa kembali fungsi remote mobil. Tekan tombol-tombolnya untuk memastikan semua fungsi bekerja dengan baik. Untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara, penting untuk mengetahui tanda-tanda bahwa baterai remot mobil harus segera diganti.

Biaya Ganti Baterai Remote Mobil

Gejala yang menunjukkan bahwa baterai remote harus diganti termasuk kesulitan membuka pintu meskipun tombol ditekan berkali-kali atau jangkauan sinyal yang tiba-tiba berkurang dari biasanya. Jika gejala ini muncul, sebaiknya baterai mobil segera diganti.

Baterai biasanya berjenis koin (CR2016 3V) dan model batang A27, namun ada juga model baterai lain yang digunakan sesuai kebutuhan tiap pabrikan. Baterai-baterai ini cukup murah, dengan harga mulai dari Rp 20 hingga 50 ribuan. Namun, jika perlu dipasang di bengkel resmi, harganya bisa mencapai Rp 50 hingga 100 ribuan.

Banyak bengkel resmi menyarankan untuk penggantian baterai dilakukan di bengkel. Apalagi untuk remote mobil yang menggunakan chip seperti immobilizer. Namun apabila remote mobil yang digunakan adalah tipe remote biasa, tentu bisa dilakukan sendiri di rumah. Selain itu, yang menentukan biaya murah dan mahalnya nanti hanyalah baterai penggantinya yang baru.

Itulah penjelasan mengenai cara ganti baterai remote mobil yang habis serta penyebabnya. Pastikan untuk mengingat gejala-gejala yang muncul sebelum baterai remote mobil habis agar tidak kesulitan saat habis dalam sebuah perjalanan.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer