Pemilik Mobil Wajib Tahu Sistem Jalan Tol Nirsentuh

28 February, 2023
clock-bold
2 menit membaca

Image Pemilik Mobil Wajib Tahu Sistem Jalan Tol Nirsentuh

Mulai Desember 2022 lalu, pemerintah mulai memberlakukan pembayaran tol nirsentuh atau Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF). Dengan transaksi tol nirsentuh ini, transaksi pembayaran di jalan tol bisa dilakukan dengan kecepatan normal. Sistem transaksi ini menciptakan efektivitas, efisiensi, serta kenyamanan pengendara saat melintasi jalan tol di Indonesia.

Nah, untuk lebih tahu lebih lanjut tentang pembayaran rol nirsentuh atau MLFF, yuk simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Tol Nirsentuh

Tol nirsentuh adalah aturan pembayaran baru untuk kendaraan yang melintasi jalan tol yang ada di Indonesia. Sistem ini memungkinkan pengendara untuk membayar tol di gerbang tol tanpa perlu membuka kaca mobil dengan menggunakan teknologi nirsentuh.

Pembayaran tol dilakukan melalui aplikasi ponsel dengan sistem server berbasis teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS). Aplikasi yang digunakan untuk pembayaran jalan tol nirsentuh adalah aplikasi ‘Cantas’ yang dikembangkan oleh Kementerian PUPR.

Pada saat kendaraan melintasi jalan tol, maka teknologi GNSS akan mendeteksi kendaraan dan pada saat itu saldo e-wallet dari pengendara akan langsung terpotong oleh sistem. Untuk itulah, pengendara wajib menyediakan dana pada uang elektronik yang akan terpindai langsung oleh sistem.

Sistem Jalan Tol Nirsentuh

Cara Kerja Jalan Tol Nirsentuh

Seperti yang telah dibahas di atas, teknologi yang digunakan pada sistem jalan tol nirsentuh adalah teknologi GNSS yang terpasang pada aplikasi di smartphone. Nantinya GPS akan menentukan lokasi dimana kendaraan melintas lalu dilakukan proses map-matching.

Nah, pada saat keluar dari pintu tol, proses map-matching berakhir dan sistem akan mengkalkulasi tarif tol. Saldo akan langsung terpotong dari e-wallet pengendara sehingga pengendara tidak perlu berhenti dan membuka kaca untuk membayar tol. Sistem ini tentunya dapat mempersingkat waktu tempuh kendaraan sehingga menciptakan efisiensi dan efektivitas.

Pengendara hanya memerlukan waktu 4 detik untuk membayar tol, tentu ini jauh lebih singkat dari pembayaran tol konvensional yang membutuhkan waktu transaksi selama 10 detik. Penggunaan teknologi tol nirsentuh dapat menghilangkan waktu antrian di gerbang tol serta meminimalkan bahan bakar.

Nah, sekarang sudah paham ‘kan apa itu sistem jalan tol nirsentuh? Aturan pembayaran baru ini sudah berlaku sejak Desember 2022 lalu dan mulai bisa digunakan. Meskipun demikian, sistem pembayaran manual di tol masih tetap ada, sehingga jika ada pengendara yang belum memiliki aplikasi nirsentuh masih dapat membayar tol secara manual.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer