Cara Mencuci & Merawat Mobil Warna Hitam Tetap Elegan

17 January, 2024
clock-bold
6 menit membaca

Image Cara Mencuci & Merawat Mobil Warna Hitam Tetap Elegan

Merawat bodi dan cat mobil tidak boleh sembarangan, perlu perhatian khusus agar warna dari cat mobil tetap bagus dan awet seperti baru. Seperti cara mencuci dan merawat mobil warna hitam, ternyata ada beberapa cara tersendiri agar kondisinya tidak mudah kusam hingga menyebabkan catnya rusak.

Mobil dengan warna hitam, menjadi salah satu pilihan warna favorit. Seperti mobil Wuling Almaz RS Pro Hybrid dengan warna hitamnya, yaitu Starry Black. Mobil ini memiliki kesan yang stylish serta elegan sehingga cocok digunakan untuk segala usia, terutama usia produktif yang punya mobilitas tinggi.

Mobil dengan tipe SUV ini terlihat sangat gagah, baik itu digunakan oleh anak muda produktif hingga orang tua. Selain itu mobil yang di berbagai fitur komplit yang akan semakin menunjang kenyaman berkendara Anda.

Dalam merawat mobil berwarna hitam, Anda harus memperhatikan cara mulai dari mencucinya. Mobil dengan warna hitam biasanya lebih mudah kotor ketimbang warna-warna mobil lainnya, maka dari itu perlu mencuci serta merawatnya secara berkala.

Namun untuk menjaga warna mobil hitam ini perlu perhatian khusus. Biasanya mobil warna hitam sering terlihat kusam bila jarang dirawat, lalu lama-lama akan hilang bila dirawat dengan cara-cara yang salah. Berikut ulasan mengenai cara mencuci dan merawat mobil hitam dengan cara yang benar agar tetap elegan.

Cara Mencuci Mobil Warna Hitam

Cara Mencuci Mobil Warna Hitam

Bagian pertama untuk menjaga mobil warna hitam tetap dalam kondisi prima penampilannya adalah dengan memperhatikan cara mencucinya. Mencuci dengan benar dan shampo khusus akan membuat mobil berwarna hitam tetap bagus dan awet.

Untuk mencucinya sebenarnya tidak terlalu sulit, berikut cara mencuci mobil warna hitam:

  • Bersihkan Kotoran Terlebih Dahulu

Bagian pertama dalam mencuci mobil warna hitam adalah dengan membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada bodi mobil. Untuk membersihkannya ini tidak perlu menggunakan kemoceng, melainkan dengan semprotan air bertekanan.

Sisir dengan benar bodi mobil dengan air bertekanan agar debu dan kotoran yang menempel pada bodi mobil hilang. Pastikan bahwa sebelum mencucinya dengan sabun atau shampo, bagian ini telah dilakukan dengan benar agar kotoran yang tertinggal tidak membuat cat mobil tergores.

  • Pastikan Kondisi Air yang Digunakan Untuk Mencuci

Selanjutnya adalah dengan memperhatikan air yang digunakan untuk mencuci. Terkadang ada orang yang menggunakan air sembarangan untuk mencuci mobil.

Pastikan bahwa air yang digunakan ini bersih dan tidak memiliki kandungan zat besi yang banyak. Air yang buruk untuk mencuci mobil biasanya memiliki warna yang kekuning-kuningan.

Menggunakan air yang buruk membuat cat mobil cepat rusak dan meninggalkan noda hingga bercak-bercak yang nanti sulit untuk dibersihkan.

  • Pakai Sabun atau Shampo yang Tepat

Jangan menggunakan deterjen dalam mencuci mobil. Melainkan menggunakan sabun atau shampo khusus untuk mencuci mobil. Sabun dan shampo khusus ini biasanya banyak dijual di berbagai toko otomotif dengan harga cukup terjangkau. Untuk mencuci mobil kesayangan Anda, jangan sampai menggunakan sabun dan shampo sembarangan hingga membuat cat mobil rusak.

  • Gunakan Lap Microfiber

Dalam mencuci mobil warna hitam, lebih baik menggunakan lap microfiber daripada spon. Pasalnya menggunakan spon dapat membuat cat mobil lebih mudah untuk tergores bila terdapat kotoran yang tertinggal di bodi mobil. Lap microfiber lebih lembut dan halus sehingga tidak membuat cat mobil tergores saat dicuci.

  • Keringkan Mobil dengan Benar

Setelah mencuci mobil warna hitam dengan bersih, jangan lupa untuk lekas dikeringkan. Jangan sampai tertinggal sisa sabun dan bulir-bulir air pada mobil karena dapat menjadi noda-noda yang membekas. Keringkan mobil menggunakan lap microfiber hingga semprotan udara bertekanan agar bulir-bulir air yang tertinggal dapat hilang dengan bersih.

  • Gunakan Wax Sebagai Perlindungan

Langkah terakhir setelah mencuci dan mengeringkannya dengan bersih, lapisi cat mobil warna hitam Anda dengan perlindungan. Perlindungan ini bisa menggunakan wax yang membuat warna cat menjadi lebih kinclong dan tahan terhadap kotoran.

Shampo Mobil Untuk Warna Hitam

Mencuci mobil biasakan untuk menggunakan sabun dan shampo yang memang diperuntukkan untuk mencuci mobil. Selain itu lebih baik disesuaikan dengan shampo yang khusus untuk warna-warna mobil tertentu.

Seperti shampo mobil untuk warna hitam ini sudah banyak dijual di toko otomotif. Banyak sekali varian dari shampo mobil untuk warna hitam, namun pastikan bahwa shampo yang digunakan memiliki kandungan carnauba wax.

Kandungan di dalam shampo warna mobil hitam berupa carnauba wax ini juga kerap disebut dengan lilin Brasil karena memang banyak dihasilkan di negara tersebut. Zat ini mampu membuat mobil warna hitam memiliki efek kinclong yang glossy.

Cara Mengkilapkan Cat Mobil dengan Bahan Alami

Cara Mengkilapkan Body Mobil

Menjaga body mobil untuk tetap mengkilap, tentu harus dilakukan perawatan. Beberapa dari perawatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah saat memiliki waktu luang di sela-sela kesibukan.

Berikut cara mengkilapkan body mobil:

  • Rutin Mencuci Mobil

Mencuci mobil secara rutin, dapat menjaga kondisi cat dalam keadaan baik. Karena rutin dicuci, cat mobil akan bersih dari kotoran yang membuat warna cat mobil menjadi kusam.

Dalam mencuci mobil bisa dilakukan dalam rentang waktu seminggu satu kali hingga dua kali. Bisa juga dilakukan lebih cepat apabila kondisi mobil sudah kotor atau terkena hujan.

  • Gunakan Wax Sebagai Lapisan Perlindungan

Setelah mencuci mobil, disarankan untuk memberikan lapisan perlindungan berupa wax. Menggunakan wax, sebagai lapisan perlindungan akan membuat mobil menjadi lebih mengkilap dan dapat mencegahnya mudah kotor.

  • Gunakan Obat Poles Untuk Menghilangkan Goresan

Obat poles, juga dikenal sebagai polish adalah bahan yang digunakan untuk menghilangkan goresan halus, oksidasi, dan kontaminasi lainnya dari permukaan cat mobil. Ini adalah langkah lain yang harus dilakukan untuk membuat cat mobil tampak lebih baik.

  • Lakukan Coating

Untuk menjaga warna mobil semakin mengkilap dalam jangka waktu yang lebih lama, Anda bisa melakukan coating untuk mobil warna hitam kesayangan Anda. Coating dilakukan untuk memberikan lapisan yang kuat sehingga membuat mobil menjadi mengkilap dan tahan terhadap baret ringan.

Cara Mengkilapkan Cat Mobil dengan Bahan Alami

Selain memoles dan melakukan coating, ada acara untuk mengkilapkan cat mobil dengan bahan alami. Bahan-bahan alami yang digunakan ini berupa minyak zaitun hingga cuka apel.

Berikut cara mengkilapkan cat mobil dengan bahan alami:

  1. Cuci mobil dan keringkan dengan benar seperti cara di atas sebelum mengkilapkan mobil dengan bahan alami.
  2. Siapkan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun dan cuka apel sesuai dengan kebutuhan.
  3. Campurkan minyak zaitun dan cuka apel dengan komposisi 2:1 di dalam wadah yang bersih dan aduk hingga merata.
  4. Setelah tercampur, tes bahan alami yang sudah dicampur tersebut pada bagian kecil terlebih dahulu untuk memastikan efeknya. Setelah dirasa cocok dan sesuai dengan yang diinginkan baru digunakan pada bagian body mobil lainnya.
  5. Gunakan lap lembut seperti lap microfiber untuk mengoleskan bahan alami tersebut.

Setelah menyimak ulasan di atas mengenai cara mencuci dan merawat mobil warna hitam, tentu sedikit banyak akan memberikan pemahaman baru bagi Anda. Untuk tetap menjaga kondisi body dan cat mobil tetap prima, pastikan untuk merawatnya dengan benar agar penampilannya selalu bagus.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer