Kelebihan Jenis Wiper Frameless pada BinguoEV

20 December, 2023
clock-bold
6 menit membaca

Image Kelebihan Jenis Wiper Frameless pada BinguoEV

Wiper frameless saat ini banyak digunakan oleh mobil-mobil keluaran terbaru. Alat untuk menyapu air pada kaca mobil ini tidak memiliki rangka besi seperti wiper konvensional karena terbuat seluruhnya dari karet. Selain itu, wiper frameless ini lebih lentur bila dibandingkan dengan wiper konvensional.

Beberapa mobil keluaran terbaru yang menggunakan wiper frameless ini adalah Wuling BinguoEV. Mobil listrik terbaru dari Wuling ini sudah memiliki tampilan yang classic retro ditambah fitur wiper frameless, semakin menunjang penampilan menjadi lebih masa kini dan stylish

Jenis ini baru digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru, namun masih banyak yang belum paham mengenai tipe ini. Untuk semakin jelas apa itu wiper frameless, mari simak ulasan di bawah ini.

Apa Itu Wiper Mobil Frameless?

Wiper frameless merupakan wiper yang menggunakan bahan yang lentur dan lembut. Karet wiper frameless ini sangat disukai karena bentuknya yang menarik. Terlihat dari penampilannya, wiper jenis ini tidak memiliki rangka besi seperti yang dimiliki wiper konvensional yang ditemukan pada mobil keluaran lama.

Bagian luarnya terbuat dari karet. Karet yang digunakan sangat penting karena selain membantu menyeka air dengan baik, juga mencegah goresan kaca saat karet wiper tipis.

Selain itu, wiper frameless memiliki karet yang dapat mengikuti kontur atau lekukan kaca mobil, sehingga terasa lebih fleksibel ketika digunakan dan pergerakannya lebih mudah. Selain itu, wiper frameless lebih ringan daripada wiper konvensional, yang berarti mereka dapat menyapu air lebih cepat.

Kelebihan Wiper Frameless

Kelebihan Wiper Frameless

Menggunakan wiper frameless memiliki beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakannya pada mobil kesayangan Anda, yaitu:

  • Bahan Karet

Karena wiper frameless tidak memiliki rangka, karetnya lebih kuat untuk membersihkan kaca mobil. Selain itu, bahannya lebih lentur dan halus.

  • Sapuan Karet Wiper

Banyak pengguna mobil menggunakan wiper tanpa frame karena fakta bahwa karetnya lebih baik dalam menyapu air. Meskipun wiper konvensional memiliki kekuatan yang lebih besar karena menggunakan elemen besi, yang membuatnya lebih kokoh, hal ini membuat karet wiper menjadi kurang lentur dan sapuannya tidak dapat mengikuti lekukan kaca mobil.

Jika dibandingkan dengan wiper dengan rangka besi, wiper tanpa rangka lebih aman untuk mobil karena bobotnya lebih ringan, karetnya lebih lentur, dan dapat mengikuti lekukan kaca.

  • Model Wiper

Mobil-mobil modern lebih banyak menggunakan wiper frameless karena mereka lebih menarik daripada wiper konvensional yang memiliki "tulang". Selain itu, wiper yang memiliki rangka besi rentan terhadap karat, yang dapat menyebabkan noda pada kaca.

  • Keawetan Wiper

Meskipun karet terbuat dari bahan yang lebih tahan lama dan lebih mudah dibersihkan, wiper tanpa frame lama-kelamaan hanya akan menekan bagian tengah. 

Jadi, jika tekanan wiper sudah lemah, Anda harus menggantinya dengan yang baru. Jika daya lenturnya berkurang, wiper tanpa frame akan bergetar. Berbeda dengan wiper konvensional yang daya sekanya tetap baik karena masih ada tangkai besi, sapuannya menjadi tidak maksimal.

Sementara itu, seperti yang disebutkan sebelumnya, rangka wiper konvensional terbuat dari besi, sehingga rentan terhadap karat jika terkena air untuk waktu yang lama. Akibatnya, wiper konvensional harus dikeringkan dengan teliti setelah mencuci mobil.

  • Perbandingan Harga

Wiper tanpa frame memiliki selisih harga dengan wiper konvensional. Kisaran harga wiper konvensional sekitar Rp30-100 ribuan, sedangkan harga wiper frameless yaitu Rp150-300 ribuan. Namun tentunya karena kualitas yang lebih kuat dan awet.

Cara Memasang Wiper Frameless

Memasang wiper frameless pada mobil bisa dilakukan dengan mudah. Anda tidak perlu membawa mobil ke bengkel, namun bisa dilakukan sendiri di garasi mobil. Siapkan beberapa peralatan agar mudah untuk memasangnya.

Berikut cara memasang wiper frameless:

  • Angkat Wiper Mobil

Mengganti wiper mobil di rumah, bisa dilakukan dengan cara mengangkat wiper yang masih terpasang di mobil. Jangan lupa area kaca diberi lapisan handuk untuk menghindari wiper lama lepas dan jatuh ke kaca mobil. Wiper lama yang jatuh apalagi wiper konvensional dapat menyebabkan baretan saat melepas wiper mobil.

  • Lepaskan Karet Wiper Mobil

Lepaskan karet wiper setelah wiper mobil diangkat. Untuk melepas karet wiper dari tangkainya, tekan pengunci di tengah batang dan dorong ke arah bawah. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan karena wiper mobil tidak akan bekerja dengan baik jika tangkai penggerak rusak.

  • Pasang Karet Wiper Mobil Baru

Setelah membersihkan wiper mobil, dorong wiper baru ke arah atas hingga terdengar bunyi "klik" yang menunjukkan bahwa wiper sudah terkunci dengan baik. Setelah itu, teman Anda dapat meletakkan kembali wiper ke tempatnya semula. 

Tips Memilih Wiper Frameless

Tips Memilih Wiper Frameless

Sebelum memilih wiper frameless, sebaiknya mencermati beberapa langkah di bawah ini agar tidak salah pilih:

  • Ukuran Wiper

Memeriksa ukuran wiper adalah langkah penting ketika membeli wiper. Setiap mobil memiliki ukuran wiper yang berbeda. Karena itu, pastikan ukurannya tepat. 

Jika terlalu panjang, wiper bisa bertabrakan ketika bekerja, dan jika terlalu pendek, wiper mungkin tidak menyapu semua bagian permukaan kaca secara menyeluruh.

  • Karet Wiper

Selanjutnya, pastikan karet wiper berkualitas. Karet jenis ini memiliki permukaan yang rata, halus, dan kesat sehingga akan membuat sapuan wiper menjadi lebih baik. 

  • Kerangka Wiper

Jangan terburu-buru membeli wiper dan pastikan kerangkanya lengkap. Kerusakan yang paling umum adalah bengkok. 

  • Tes Produk

Sangat penting untuk menguji produk sebelum membeli, terutama jika Anda membeli wiper di toko aksesoris mobil. Ini akan memastikan bahwa wiper tidak mengeluarkan suara saat membersihkan kaca. 

  • Teliti Sebelum Membeli

Pastikan bahwa wiper mobil yang Anda beli memiliki garansi. Sehingga waktu dipasang apabila ada kekurangan masih bisa diganti dengan produk lainnya.

Wiper Frameless Vs Hybrid

Ada beberapa jenis wiper mobil yang bisa Anda gunakan. Setiap jenisnya ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti wiper hybrid, perbedaannya dengan wiper frameless yaitu jenis hybrid ini terbuat dari kombinasi wiper konvensional dan wiper flat-blade, sehingga terlihat seperti wiper konvensional secara fisik.

Wiper hybrid biasanya menggunakan karet knockdown untuk menciptakan ruang udara yang lebih aerodinamis saat berkendara. Hal ini dikarenakan material karet yang lentur dan pegangan plastik yang kuat. Wiper hybrid, seperti model frameless, memiliki kelebihan pada bobot yang ringan.

Tipe hybrid lebih mahal daripada beberapa model wiper. Karena harga bandrol yang mahal, banyak pelanggan lebih cenderung memilih wiper konvensional atau frameless.

Wiper frameless yang saat ini banyak digunakan oleh mobil keluaran terbaru seperti Wuling BinguoEV memang memiliki penampilan yang lebih simple dan dipercaya lebih bersih dalam menyapu air pada kaca mobil. 

Selain itu ada beberapa kelebihan yang membuatnya lebih praktis tanpa harus selalu membersihkannya setelah turun hujan atau basah. Namun, alangkah lebih baik agar mobil selalu dibersihkan setelah terkena guyuran hujan atau sudah kotor agar menjaganya tetap bersih dan nyaman untuk digunakan.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer