Mengenal Sistem Powertrain Mobil pada New Cortez

31 August, 2022
clock-bold
4 menit membaca

Image Mengenal Sistem Powertrain Mobil pada New Cortez

Untuk membuat sebuah mobil bisa bergerak atau berjalan, ada banyak komponen dan sistem yang bekerja, salah satunya adalah powertrain. Sistem ini terdiri dari banyak komponen serta memiliki fungsi yang cukup vital sebagai penggerak mobil atau kendaraan.

Bagi orang awam mungkin masih asing dengan istilah powertrain. Padahal ini merupakan sistem penting pada sebuah mobil yang memungkinkan kendaraan bisa bergerak dan berpindah. Maka dari itu, pemilik kendaraan penting untuk memahami tentang sistem powertrain pada mobil ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu sistem powertrain hingga apa saja komponen yang ada di dalamnya, yuk simak ulasan berikut!

Apa Itu Powertrain?

Apa Itu Powertrain?

Powertrain merupakan struktur penggerak yang terdapat dalam sebuah mobil. Sistem ini terletak di beberapa tempat tergantung dari jenis kendaraan. Ada yang berada di samping mesin, di body kendaraan hingga listrik.

Powertrain system memiliki peran penting dalam sebuah kendaraan. Sistem ini berguna untuk meneruskan tenaga khususnya tenaga penggerak yang dikeluarkan oleh mesin menuju ke sebuah roda sehingga mobil bisa bergerak.

Penggunaan sistem powertrain ini bisa diatur dengan baik oleh pengguna. Anda bisa mengatur powertrain dengan tenaga dan kecepatan putar sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Keuntungan ini sangat berguna bagi pemilik kendaraan dalam mengatur mobil sesuai dengan kebutuhannya.

Secara umum, powertrain bisa diartikan sebagai serangkaian mesin penggerak yang bisa membuat mobil melaju dengan baik. Saat mesin mobil dihidupkan maka sistem pengoperasiannya juga akan segera dimulai.

Komponen dalam Sistem Powertrain

Komponen dalam Sistem Powertrain

Powertrain membutuhkan beberapa komponen untuk menjalankan fungsinya, yaitu:

1. FWD

FWD merupakan komponen yang memiliki fungsi hampir serupa dengan RWD. Akan tetapi ukurannya lebih kecil karena pengeluaran shaft yang terdapat dalam transaxle pendek. Fungsi FWD ini adalah untuk menyambungkan ring gear dengan ujung pengeluaran shaft sehingga membuat penyaluran tenaga menjadi lebih mudah.

2. Kopling

Kopling merupakan salah satu komponen dalam powertrain mobil yang berfungsi sebagai pemindahan kecepatan roda. Tekanan yang diberikan oleh kopling ini akan membuat perpindahan roda gigi menjadi lebih mudah dengan cara melakukan penjepitan antara kopling dan kampas.

3. Transmisi

Transmisi merupakan komponen yang berfungsi untuk mengubah kecepatan dan tenaga putar. Kecepatan dan tenaga putar yang terdapat pada mesin roda akan digunakan untuk menggerakkan kendaraan.

Fungsi Powertrain pada Mobil

Fungsi Powertrain pada Mobil

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa powertrain memiliki fungsi yang sangat vital sebagai penggerak kendaraan. Maka dari itu, setiap pemilik kendaraan perlu memastikan semua komponen powertrain berfungsi dengan baik.

Secara umum, powertrain memiliki berbagai fungsi, antara lain:

1. Melakukan Terusan ke Mesin

Fungsi pertama dari sistem powertrain adalah bekerja sebagai penerus agar tenaga yang dihasilkan oleh mesin bisa disalurkan hingga menuju ke final drive. Saat tenaga sudah sampai ke final drive maka pengguna akan lebih mudah mengendalikan kendaraan.

2. Mereduksi

Powertrain juga berfungsi untuk mereduksi. Hasil reduksi yang dilakukan akan berpengaruh terhadap kerja sistem mesin sehingga kendaraan bisa bergerak. Nantinya rediksi ini juga akan menghasilkan putaran bisa bisa membuat mesin menghasilkan putaran.

3. Mengubah Tingkat Percepatan

Fungsi lain dari powertrain adalah mengubah tingkat percepatan. Dengan adanya sistem ini, pengguna bisa mengatur dan mengubah sistem percepatan dalam sebuah mesin gear. Hal ini akan membuat tenaga yang dihasilkan menjadi lebih maksimal.

4. Mengubah Arah

Satu lagi fungsi dari sistem powertrain pada mobil adalah untuk mengubah arah putaran. Pemilik kendaraan bisa melakukan pengaturan arah kendaraan yang menjadi lebih stabil sesuai dengan kebutuhannya.

Mengenal Sistem Powertrain Mobil pada New Cortez 4jpg 1000x569

Sistem Powertrain pada New Cortez

New Cortez merupakan salah satu jenis mobil yang memiliki sistem powertrain terbaik. Mesin mobil ini menggunakan turbocharged 4 silinder yang membuat kekuatan yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi.

Tidak hanya itu, New Cortez juga dibekali dengan maksimal power hingga 140/5200 hp/rpm. Untuk torsinya sendiri, kendaraan ini memiliki torsi di angka 250/1600-3600 Nm/rpm. Dengan keunggulan tersebut, tidak heran jika New Cortez menjadi salah satu pilihan mobil keluarga terbaik karena memiliki sistem penggerak yang membuat penumpang tetap merasa nyaman saat berada di dalam kabin.

Saat memilih mobil keluarga, kenyamanan merupakan salah satu faktor penting yang harus Anda perhatikan. Maka dari itu, pastikan pilih kendaraan dengan powertrain system yang halus seperti New Cortez ini agar penumpang bisa merasa nyaman selama perjalanan.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer