Komponen dan Cara Kerja Dinamo Mobil Listrik

25 March, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image Komponen dan Cara Kerja Dinamo Mobil Listrik

Cara kerja mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional. Begitu juga dengan komponen yang ada di dalamnya, agar bisa bergerak dibutuhkan yang namanya dinamo mobil listrik. Alat inilah yang memiliki peran mengubah energi daya listrik menjadi mekanik sehingga mobil listrik bisa melaju dengan maksimal.

Apa Itu Dinamo Mobil Listrik?

Dinamo mobil listrik adalah komponen yang ada di dalam mobil listrik yang bertugas mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Dengan begitu, energi listrik yang tersedia di dalam mobil akan berubah menjadi energi mekanik. Dari sinilah kemudian tercipta tenaga untuk menggerakkan mobil.

Dinamo mobil bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik. Menurut prinsip ini, arus dapat dihasilkan dengan memutar kumparan atau kawat di dalam medan magnet atau sebaliknya. Pemintalan dari putaran inilah yang akan menciptakan perbedaan potensial dalam kumparan dan membuat arus mengalir.

Jenis Dinamo Mobil Listrik

Jenis Dinamo Mobil Listrik

Secara umum terbagi dibagi menjadi dua jenis, yakni third-brush dynamo dan two-brush dynamo. Apa bedanya?

  • Third-brush dynamo memiliki tiga sikat yang terhubung ke berbagai bagian kendaraan. Sikat pertama terhubung dengan bodi kendaraan, yang kedua dengan terminal aki dan yang ketiga ke belitan medan (koil).
  • Two-brush dynamo adalah dinamo mobil listrik terbaik saat ini yang terdiri dari dua sikat, satu terhubung dengan baterai dan satunya dihubungkan dengan belitan medan (koil).

Dari dua tipe itu, salah satu merk dinamo untuk mobil listrik yang banyak digunakan di dunia adalah tipe Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang dianggap sangat canggih dibandingkan jenis lainnya. PMSM terbukti memiliki kerja yang lebih efisien dan mampu menghasilkan torsi besar secara konsisten. Selain itu, PMSM juga lebih jarang mengalami power loss dibandingkan dinamo tipe induksi. Alasannya karena rotor PMSM lebih dingin dibandingkan tipe induksi.

Meski sangat disukai karena keunggulannya dibandingkan dinamo mobil listrik lainnya, namun penggunaan dan produksi PMSM belum begitu luas. Alasannya karena harga dinamo penggerak mobil listrik yang satu ini membutuhkan biaya produksi yang cukup besar. Kalau Anda ingin merasakan penggunaan PMSM, Anda bisa merasakannya pada mobil listrik Wuling Air ev yang sudah dikonfirmasi menggunakan dinamo PMSM.

Mobil ini tepatnya menggunakan baterai Lithium Ferro-Phosphate IP67 yang bekerja sama dengan dinamo PMSM. Tenaga yang dihasilkan adalah 30kW (40.2 dk) dengan torsi puncak 110 Nm. Untuk daya 6.600 Watt membutuhkan waktu 4 jam untuk mengisi daya baterai Air ev hingga penuh. Tapi jika menggunakan daya 2.200 Watt, maka butuh waktu hingga 11 jam hanya untuk mengisi daya. Sebagai “mobil perang” andalan, Air ev sangat nyaman digunakan di jalan raya karena dapat bergerak dengan gesit serta memberikan kemudahan untuk parkir di tempat terbatas.

Inilah pentingnya PMSM yang bisa tetap digunakan untuk berkendara dengan Air ev. Misalnya, saat harus menempuh jarak jauh atau ke area yang sulit untuk melakukan pengisian daya. Pemilik Air ev tak perlu khawatir, karena masih ada dinamo yang dapat bekerja dengan bahan bakar minyak seperti kebanyakan mobil lainnya.

Komponen Dinamo Mobil Listrik

Dinamo adalah salah satu komponen mobil listrik yang sangat penting untuk menggantikan kerja baterai di saat-saat yang dibutuhkan. Nah, dinamo mobil listrik sendiri memiliki beberapa komponen, diantaranya:

  • Baterai. Berfungsi untuk menyimpan listrik yang akan digunakan sebagai tenaga penggerak mobil dan menyalurkan arus listrik ke inverter. Baterai mobil listrik terbuat dari material kokoh agar tidak mudah rusak meski sudah diisi daya berulang kali.
  • Controller. Fungsinya untuk mengontrol daya listrik dari baterai menuju inverter. Baterai baru akan mengirimkan arus DC ke inverter setelah menerima sinyal dari controller.
  • Inverter. Menerima arus listrik DC yang dikirimkan dari baterai. Inverter lalu bertugas mengkonversi arus listrik menjadi AC untuk menggerakkan motor. Sebaliknya, inverter juga akan mengubah dari AC ke DC saat mobil direm.
  • Motor Traksi. Menggerakkan transmisi dan roda mobil. Biasanya ada lebih dari satu motor traksi pada satu mobil listrik.
  • Auxiliary battery. Komponen ini berguna sebagai tempat penyimpanan sekaligus penyedia arus listrik untuk menghidupkan aksesoris mobil, seperti AC, alarm, lampu mobil, dan lain-lain.
  • Sistem termal. Ini adalah komponen mobil listrik yang berperan sebagai pendingin mesin mobil.
  • DC converter. Karena listrik DC di mobil listrik memiliki tegangan tinggi, maka butuh DC converter agar arus listrik bisa diubah menjadi bertegangan rendah. Tujuannya agar komponen mobil listrik yang hanya butuh listrik bertegangan rendah bisa teraliri.

Cara Kerja Dinamo Mobil Listrik

Cara Kerja Dinamo Mobil Listrik

Saat menggunakan baterai, mobil listrik bekerja dengan cara mengalirkan arus listrik dari baterai yang terisi ke komponen mobil lainnya. Arus listrik inilah yang kemudian menggerakkan mobil, misalnya menggerakkan roda dan setir. Berikut ini adalah cara kerja yang lebih terperinci:

  • Pedal gas ditekan dan sinyalnya terkirim ke controller.
  • Controller memberi perintah pada baterai untuk menyalurkan arus listrik DC ke inverter.
  • Arus listrik DC dikonversikan menjadi arus AC.
  • Arus AC disalurkan ke motor traksi dengan tekanan sesuai dengan tekanan pengemudi pada pedal gas.
  • Arus listrik dikonversi menjadi energi kinetik yang berputar untuk menggerakkan roda.
  • Rotor akan bergetar untuk menggerakkan sistem transmisi dan mobil pun dapat melaju.

Sedangkan, cara kerja dinamo mobil listrik adalah:

  • Dalam keadaan baterai tidak terisi atau akan habis, maka mesin akan menggantikan fungsinya dan mulai memanas.
  • Dinamo mengalirkan daya ke mesin generator dan mengubah energi dari bahan bakar mesin menjadi energi listrik untuk berjalan dan bisa sekaligus mengisi baterai.
  • Saat kecepatan rendah, daya listriknya diambil dari baterai. Sedangkan, untuk tenaga tambahan saat mobil melakukan akselerasi, tenaganya diambil dari dinamo. Ada juga yang tidak menggunakan dinamo sama sekali saat melaju dalam kecepatan rendah.
  • Pada kecepatan 60 – 80 km/jam, jalannya mobil akan diambil alih sepenuhnya oleh dinamo. Begitu pula saat harus menyalip kendaraan lain. Pada dasarnya saat membutuhkan akselerasi tinggi, maka dinamo akan mengambil alih.
  • Pada mobil hybrid, biasanya saat mobil berhenti sementara maka dinamo akan berhenti secara otomatis. Misalnya saat berhenti di lampu merah, energi akan diambil dari baterai. Mulai dari untuk menggerakkan AC dan komponen elektronik lainnya.

Itulah cara kerja dinamo mobil listrik dan beberapa komponennya. Keberadaan dinamo inilah yang membuat mobil listrik bisa melaju meski tidak menggunakan bahan bakar fosil.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer