Seputar Kompon Mobil: Fungsi, Jenis, Cara Menggunakan

23 November, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image Seputar Kompon Mobil: Fungsi, Jenis, Cara Menggunakan

Kompon mobil merupakan sebuah bahan yang memiliki sifat abrasif yang sering digunakan untuk memoles pada bagian cat, seperti cat mobil. Sifat abrasif pada kompon ini nantinya akan memiliki tingkatan masing-masing tergantung dari jenis kompon yang digunakan.

Pada umumnya kompon mobil ini biasa digunakan untuk menyamarkan hingga menghilangkan baret atau lecet pada cat di body mobil. Kemampuan seperti ini tentunya dimiliki oleh semua jenis kompon yang ada.

Maka dari itu, tidak jarang pemilik mobil memiliki kompon di rumah untuk menghilangkan baret atau lecet pada bagian cat mobil. Pasalnya baret maupun lecet pada mobil bisa terjadi ketika terjadi sebuah serempetan maupun kelalaian saat menggunakan mobil.

Bahkan saat sudah berhati-hati dalam mengendarai mobil, tidak jarang mobil akan tersenggol oleh pengendara lain seperti sepeda motor di lampu merah. Banyak bagian dari stang sepeda motor yang kerap menyenggol body mobil dengan meninggalkan baret hingga lecet pada mobil yang kurang nyaman dipandang.

Untuk mengatasi masalah tersebut, apabila tidak terlalu parah bisa dihilangkan dengan cara mengoleskan kompon pada bagian baret atau lecet di body mobil. Agar lebih memahami kompon mobil, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini agar lebih mudah dalam menggunakan kompon mobil.

Kompon Mobil: Fungsi, Jenis, Cara Menggunakan - 2

Fungsi Kompon Mobil

Kompon mobil memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna untuk merawat cat pada body mobil. Bagi pemilik mobil biasanya kompon mobil ini akan dimiliki di rumah untuk berjaga-jaga ketika ada baret dan lecet pada mobil setelah mengendarainya.

Berikut fungsi kompon mobil:

  • Mengatasi Goresan Pada Mobil

Sangat sulit untuk menghindari baret atau lecet pada permukaan mobil dan kadang-kadang membuat kita berpikir untuk mengecat ulang seluruh permukaannya. Namun, jika Anda tahu bagaimana membuat mobil yang lecet tidak perlu dicat ulang, Anda dapat menghindarinya.

Baret atau lecet pada mobil biasanya hanya merusak lapisan cat, jadi hanya perlu kompon untuk menghilangkan atau menyamarkan lecet.

  • Melicinkan Permukaan Body Kendaraan

Kompon mobil bisa digunakan untuk melicinkan permukaan body mobil. Walau tidak ada baret maupun lecet pada cat mobil, Anda dapat menggunakan kompon setelah mencuci mobil dengan bersih.

Setelah mobil dicuci dengan bersih, lalu mengoleskan kompon pada bagian yang diinginkan akan membuat permukaan body mobil semakin kinclong dan bagus.

  • Menghilangkan Percikan Aspal

Saat berkendara di jalanan beraspal, kompon dapat menghilangkan percikan aspal dari body mobil. Jika percikan aspal tidak dihilangkan, cat akan rusak. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara menggunakan kompon mobil yang tepat untuk percikan aspal.

  • Menghilangkan Jamur

Jangan biarkan jamur pada mobil menempel terlalu lama karena dapat merusak cat, Anda dapat menggunakan kompon untuk menghilangkan jamur.

Kompon mengikis jamur karena sifatnya yang abrasif. Selain itu, sangat membantu menghilangkan noda yang tidak dapat dihilangkan pada panel mobil.

Jenis-Jenis Kompon Mobil

Bila ingin menggunakan kompon secara mandiri pada body mobil Anda, perlu mengetahui jenis-jenis kompon mobil sebelum menggunakannya. Ada beberapa jenis kompon dengan fungsi yang berbeda-beda yang dapat Anda pilih, antara lain:

  • Kompon Merah

Seperti namanya, kompon merah ini memiliki warna merah kecoklatan yang memiliki tingkat abrasif paling tinggi bila dibandingkan dengan kompon jenis lainnya. Kompon ini cukup jarang digunakan karena sifatnya yang dapat mengikis cat mobil secara berlebihan.

Tukang cat mobil biasanya jarang menggunakannya kecuali untuk masalah seperti baret yang parah karena memerlukan pengecatan ulang. Selain itu kompon ini bisa diaplikasikan pada kaca dengan menggunakan mesin poles.

  • Kompon Putih

Kompon ini berwarna putih, seperti namanya. Walaupun tingkat abrasifnya tidak terlalu tinggi seperti kompon merah, kompon ini tetap abrasif. Meski begitu Anda tetap harus berhati-hati, dalam menggunakan kompon ini. Jika Anda menggunakannya terlalu banyak, itu akan mengikis cat mobil.

Tukang cat biasanya menyarankan untuk menggunakan kompon halus sebelum kompon putih karena kompon halus masih belum dapat menghilangkan baret.

  • Kompon Halus

Kompon ini adalah jenis kompon yang paling umum digunakan untuk berbagai tujuan. Disarankan untuk digunakan pertama kali jika body atau bumper terserempet benda tumpul atau kendaraan. Sama-sama abrasif, tetapi kadarnya rendah, jadi tidak akan mengikis cat terlalu banyak walaupun banyak digunakan.

Kompon Mobil: Fungsi, Jenis, Cara Menggunakan - 3

Cara Menggunakan Kompon Mobil

Tahapan dalam menggunakan kompon mobil cukup mudah untuk dilakukan di rumah secara mandiri. Beberapa cara ini cukup menyiapkan beberapa peralatan sederhana seperti kompon, lap, dan air.

  • Amati Baret pada Mobil Lalu Bersihkan

Perhatikan baret yang ada pada bagian body mobil. Apabila terasa masih ringan masih bisa dihilangkan dengan kompon. Namun, apabila sudah parah tentu kompon tidak akan mampu menghilangkannya.

Setelah mengetahui bagian baret pada body mobil, bersihkan bagian yang akan diolesi kompon. Pastikan sudah tidak ada noda berupa debu hingga pasir agar tidak memperburuk baret pada mobil.

  • Memoles Baret dengan Kompon Halus

Setelah bagian baret pada mobil bersih, oleskan kompon halus pada bagian yang diinginkan. Menggunakan kompon halus bisa dilakukan dengan kain atau alat poles.

Jika dilakukan secara manual, pertama-tama ratakan dulu kompon halus dengan jari pada bagian baret yang ada di body mobil, setelah itu gosok perlahan secara memutar sambil ditekan sedikit. Ulangi proses ini sampai hasilnya optimal.

  • Bersihkan dengan Air

Setelah itu, kompon dibersihkan. Cara terbaik untuk membersihkan sisa kompon mobil adalah dengan membasuh kain dengan air dan kemudian dilap dengan kain kering.

  • Beri Pengkilap

Proses kompon mobil sebenarnya cukup sampai membersihkannya dengan air. Tetapi untuk mempercantik permukaannya, ada tahap polishing. Proses ini membuat warna cat kembali mengkilap dan dapat ditambahkan ke waxing untuk melindungi body mobil.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kompon mobil, mulai dari fungsi, jenis dan cara penggunaannya. Bagi pemilik mobil, menggunakan kompon sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah baret mobil yang merusak tampilan body mobil Anda.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer