Apa Fungsi Sebenarnya Jalur Penyelamat di Jalan Tol?

27 October, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Apa Fungsi Sebenarnya Jalur Penyelamat di Jalan Tol?

Jalan tol merupakan infrastruktur vital dalam mobilitas modern yang berperan penting dalam menghubungkan berbagai wilayah. Dengan adanya jalan tol, perjalanan jauh menjadi lebih cepat dan nyaman untuk dilalui karena jalan tol adalah jalur yang bebas hambatan. Pengemudi bisa melaju dengan kencang saat melalui jalan tol sehingga mempersingkat waktu perjalanan.

Namun, tidak jarang kecelakaan bisa terjadi di jalan tol akibat mobil mengalami rem blong atau kegagalan sistem pengereman, padahal mobil sedang melaju dengan kecepatan yang tinggi. Oleh karena itu untuk mengantisipasi hal ini, disediakan banyak jalur penyelamat di jalan tol yang bisa dimanfaatkan oleh para pengemudi.

Apa Itu Jalur Penyelamat di Jalan Tol?

Jalur penyelamat atau yang disebut juga sebagai emergency safety area merupakan area khusus yang disediakan di jalan tol dengan tujuan memberikan tempat aman bagi pengemudi dan penumpang yang mengalami kegagalan pengereman atau rem blong. Jalur ini memiliki bentuk yang menanjak dengan kontur tanah bergelombang untuk membantu mengurangi kecepatan mobil.

Umumnya, jalur penyelamat ini banyak tersedia di jalan tol yang memiliki tanjakan dan turunan. Dengan adanya jalur penyelamat ini, pengemudi yang sedang berkendara di jalan tol dan tidak dapat mengontrol kecepatan kendaraannya, dapat mengarahkan kendaraan mereka memasuki jalur ini untuk mendapat bantuan pengereman secara eksternal.

Fungsi Jalur Penyelamat di Jalan Tol

Fungsi Jalur Penyelamat di Jalan Tol

Fungsi utama dari jalur penyelamat jalan tol adalah untuk memberikan bantuan pengereman bagi kendaraan yang mengalami rem blong, sekaligus ruang leluasa bagi pengemudi untuk menghentikan kendaraannya. Selain itu, jalur penyelamat ini juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan tempat istirahat yang aman bagi pengemudi yang mengalami situasi darurat lainnya, seperti kehabisan bahan bakar, ban bocor, atau situasi darurat medis. Jalur penyelamat memiliki area yang cukup untuk parkir dan dapat menjadi tempat perlindungan sementara sebelum bantuan lebih lanjut tiba.

Dengan mengetahui fungsi sebenarnya dari jalur penyelamat jalan tol, diharapkan tidak ada pengguna yang menyalahgunakan jalur ini untuk keperluan lain yang kurang mendesak, sehingga jalur ini dapat digunakan sebagaimana mestinya oleh kendaraan yang benar-benar membutuhkan. Apabila pengemudi membutuhkan tempat beristirahat sejenak, namun kondisinya tidak darurat, maka pengemudi dapat berhenti di rest area yang tersedia di jalan tol.

Bantuan Pengereman dengan Fitur AEB dan IHBA

Bagi Anda yang berkendara melalui jalan tol dan membutuhkan bantuan pengereman, Anda tidak hanya bisa memanfaatkan jalur penyelamat saja, namun juga bisa menggunakan fitur pengereman darurat, seperti AEB dan IHBA. Fitur AEB merupakan singkatan dari Autonomous Emergency Braking, sedangkan IHBA merupakan singkatan dari Intelligent Hold and Brake Assist.

Autonomous Emergency Braking adalah sistem pengereman otomatis yang dapat mengidentifikasi situasi darurat di jalan. Ketika kendaraan mendeteksi adanya bahaya tabrakan, maka sistem ini akan memberikan peringatan kepada pengemudi. Jika pengemudi tidak kunjung merespons, maka fitur AEB secara otomatis akan melakukan pengereman terbatas dan mengurangi kecepatan kendaraan untuk menghindari atau mengurangi dampak dari tabrakan. Fitur ini dapat bekerja pada kecepatan 7-150 km/jam.

Sementara itu, Intelligent Hold and Brake Assist dapat membantu pengemudi melakukan pengereman kendaraan. Jika pengemudi menginjak rem tetapi kekuatan injakan tidak mencukupi, maka sistem secara otomatis menambah kekuatan pengereman sesuai situasi yang dialami dengan kecepatan bekerja, yaitu kisaran 7-150 km/jam.

Kombinasi fitur AEB dan IHBA ini dapat Anda temukan pada Wuling New Almaz RS Pro. Mobil Wuling SUV ini dapat memberikan solusi pengereman darurat yang canggih dan efektif. Adanya kedua fitur ini dapat membantu Anda mengatasi masalah pengereman, serta memastikan keamanan pengemudi dan penumpang saat berkendara di jalan tol.

Selain menggunakan jalur penyelamat atau emergency safety area, Anda juga bisa menggunakan fitur AEB dan IHBA pada New Almaz RS Pro untuk keamanan dan kenyamanan selama menempuh perjalanan di jalan tol. Meskipun begitu, Anda tetap harus waspada dan mengemudi dengan penuh kesadaran saat melalui jalan tol maupun jalan raya. Dengan begitu, Anda dapat memastikan keselamatan penumpang maupun pengguna jalan lainnya.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer