Kenali Berbagai Teknik Cara Memutar Setir Mobil yang Benar

18 November, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Kenali Berbagai Teknik Cara Memutar Setir Mobil yang Benar

Keterampilan mengemudi yang baik dapat diperoleh apabila pengemudi memiliki pemahaman yang mendalam mengenai berbagai teknik berkendara, salah satunya yaitu teknik memutar setir mobil yang tepat. Teknik memutar setir mobil terdiri atas dua jenis, yaitu teknik Push and Pull serta teknik Hand Over Hand.

Dalam artikel ini dibahas lebih dalam mengenai cara memutar setir mobil yang benar termasuk langkah-langkah menerapkan teknik Push and Pull dan Hand Over Hand untuk memutar setir mobil.

Cara Memutar Setir Mobil Teknik Push and Pull

Cara Memutar Setir Mobil Teknik Push and Pull

Push and Pull merupakan teknik dasar dalam memutar setir mobil yang wajib diketahui oleh para pengemudi. Pada teknik ini, posisi tangan berada di luar kemudi dan tidak menyilang. Cara melakukan teknik Push and Pull adalah sebagai berikut:

  • Jika hendak berbelok ke kanan, maka letakkan tangan kanan di arah jam 12 dan tarik (pull) kemudi hingga arah jam 6.
  • Kemudian, tangan kiri mendorong (push) kemudi dari arah jam 6 hingga arah jam 12. Bila posisi mobil masih kurang berbelok, maka ulang kembali prosesnya.
  • Jika hendak berbelok ke kiri, maka lakukan langkah-langkah tersebut dengan arah sebaliknya.

Dari segi safety, memutar setir dengan teknik Push and Pull lebih disarankan karena lingkar kemudi selalu digenggam oleh pengendara dan teknik ini menghindari posisi tangan yang menyilang. Selain itu, ketika berada dalam posisi genting, pengemudi bisa lebih cepat melakukan manuver mobil yang sesuai. Cara ini tentu lebih aman, terutama bagi pengemudi yang masih pemula.

Cara Memutar Setir Mobil Teknik Hand Over Hand

Cara Memutar Setir Mobil Teknik Hand Over Hand

Teknik memutar setir mobil yang kedua yaitu teknik Hand Over Hand atau juga disebut sebagai teknik Cross. Teknik ini aman digunakan saat mobil melaju dengan kecepatan rendah. Cara melakukan teknik Hand Over Hand adalah sebagai berikut:

  • Jika hendak berbelok ke kanan, maka letakkan tangan kanan di arah jam 8, lalu tarik kemudi hingga arah jam 6.
  • Kemudian, letakkan tangan kiri di arah jam 6, lalu dorong hingga arah jam 4. Lakukan hal ini hingga mobil berbelok sesuai keinginan.
  • Jika hendak berbelok ke kiri, maka lakukan langkah-langkah tersebut dengan arah sebaliknya.

Teknik ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan ketika mobil sedang melaju dengan kecepatan yang kencang karena dapat membahayakan. Selain itu, teknik ini juga tidak direkomendasikan bagi pengemudi pemula yang baru saja belajar mengemudi.

Tips Memutar Setir Mobil dengan Aman

Untuk memutar setir mobil dengan aman, Anda dapat menerapkan kedua teknik yang sudah dijelaskan di atas. Namun selain kedua teknik di atas, ada juga pengemudi yang memutar setir mobil hanya dengan satu tangan saja. Teknik memutar setir mobil dengan satu tangan sangat tidak disarankan untuk dilakukan karena teknik ini cenderung membahayakan.

Memutar setir mobil menggunakan satu tangan dapat membuat kendaraan mudah oleng karena minim kontrol dari pengemudi. Hal ini dapat memicu terjadinya tabrakan dengan kendaraan lain karena mobil sulit dikendalikan. Oleh karena itu, teknik ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan.

Di samping menggunakan teknik Push and Pull dan teknik Hand Over Hand, Anda juga dapat memanfaatkan teknologi Electric Power Steering (EPS). Teknologi ini terdapat pada mobil modern, salah satunya mobil Wuling New Almaz RS.

Mobil ini memiliki teknologi Electric Power Steering yang mampu membuat pengendara merasa lebih aman, nyaman, dan responsif saat menyetir. Power Steering sendiri merupakan salah satu sistem mobil yang terletak di roda kendaraan dan berfungsi untuk membuat putaran kemudi menjadi lebih halus serta mudah dikontrol oleh pengemudi.

Sementara itu, Electric Power Steering merupakan teknologi power steering yang bekerja secara otomatis menggunakan tenaga listrik ketika mobil berada dalam kondisi menyala. Dengan Electric Power Steering, pengemudi tidak perlu mengeluarkan tenaga besar untuk memutar kemudi karena teknologi ini mampu meringankan beban pada tangan pengemudi saat memutar setir.

Di samping itu, untuk menunjang keamanan saat berkendara, mobil Wuling New Almaz RS juga sudah dilengkapi sistem ADAS (Advanced Driver Assistance Systems). Sistem ini dilengkapi sensor yang dapat mendeteksi posisi kendaraan, sehingga dapat digunakan untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan lain di jalan raya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir saat memutar setir mobil untuk berbelok atau melakukan manuver lainnya.

Sebagai pengemudi, Anda perlu mempelajari berbagai teknik berkendara, di antaranya yaitu cara memutar setir mobil yang benar, seperti teknik Push and Pull dan Hand Over Hand. Apabila teknik ini dipadukan dengan penggunaan teknologi yang canggih, seperti sistem EPS dan sistem ADAS, maka pengalaman berkendara Anda tentunya akan meningkat. Tidak hanya itu, keamanan dan kenyamanan selama berkendara pun akan lebih terjamin di sepanjang perjalanan.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer