Lifestyle

Perhatikan Hal-hal Berikut Saat Melakukan Perawatan Interior Mobil

11 Juni, 2019

Image Perhatikan Hal-hal Berikut Saat Melakukan Perawatan Interior Mobil

Mungkin Anda pernah melihat sebuah kendaraan yang menawan dari luar, namun ketika Anda masuk ke dalamnya, keadaan dan kondisi interior tak semenawan tampak luarnya. Sebagus dan sebaik apapun fitur pada kendaraan, bila tidak dibarengi dengan perawatan berkala, kondisinya akan menurun dan mungkin akan berujung pada kerusakan, termasuk bagian interior. Sudah selayaknya interior mobil kita rawat kebersihannya layaknya menjaga kebersihan rumah sendiri. Bagi Anda yang belum tahu apa yang harus dilakukan dan diperhatikan dalam perawatan interior mobil, coba simak beberapa hal berikut:

1. Perhatikan kebersihan dashboard kendaraan

Tips merawat interior mobil yang pertama adalah merawat dashboard. Bagian dashboard mobil adalah bagian yang paling sering diperhatikan ketika penumpang masuk ke dalam mobil. Perlunya merawat dashboard mobil adalah karena dahsboard menjadi sasaran sinar matahari karena posisinya yang ada di depan. Untuk membuatnya tetap bersih, Anda bisa menggunakan kuas atau kemoceng yang berguna menyingkirkan debu-debu. Bersihkan hingga ke sudut-sudut dan lubang AC di sekitar dashboard supaya tidak ada debu yang menempel. Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih khusus setelah membersihkan dashboard untuk menjaga dashboard dari paparan sinar matahari dan membuat dashboard tidak mudah kering dan mengelupas.

2. Bersihkan karpet secara berkala

Seperti yang Anda ketahui, karpet kendaraan adalah bagian interior yang lumayan sering kotor dikarenakan menjadi alas bagi kaki pengemudi dan penumpang. Bila dibiarkan, karpet kotor yang berisi debu dapat mengganggu kebersihan interior saat AC kendaraan menyala. Tidak hanya itu, karpet yang kotor juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk membersihkan karpet, Anda dapat menggunakan sabun cuci lalu mengeringkannya. Saat Anda membersihkan karpet, pastikan karpet yang Anda cuci kering agar tidak lembab.

3. Lakukan perawatan pada jok kendaraan

Jok kendaraan juga tak boleh luput dari perawatan. Untuk merawat jok kendaraan tidaklah sulit. Anda dapat membersihkannya dengan lap kering, sikat gigi bekas, dan penyedot debu. Pastikan Anda membersihkan bagian-bagian jok yang agak sulit dijangkau seperti sudut-sudutnya agar jok bersih tanpa kotoran kecil apapun.

4. Sediakan pengharum mobil agar berkendara lebih nyaman

Hal ini sering terlupakan, padahal, interior yang wangi membuat penumpang dan Anda betah dan merasa nyaman selama di perjalanan. Sediakan pengharum mobil di dalam kendaraan. Pastikan Anda juga mengganti pengharum secara berkala ketika pengharum habis agar interior mobil Anda tetap wangi dan segar.

Berikut tadi beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar mobil Anda tetap terawat dan bersih. Yuk, jaga dan rawat mobil Wuling Anda agar dapat terus menemani setiap petualangan Anda.