Fungsi Hingga Komponen Drive Shaft pada Mobil

30 May, 2024
clock-bold
5 menit membaca

Image Fungsi Hingga Komponen Drive Shaft pada Mobil

Salah satu bagian sistem transmisi adalah drive shaft, juga dikenal sebagai axle shaft, yang memungkinkan roda untuk berputar. Salah satu ujung drive shaft terhubung ke sistem transmisi dan ujung lainnya terhubung ke roda.

Drive shaft biasa ditemukan pada mobil dengan sistem penggerak roda depan, seperti Front Engine Front Wheel Drive (FF), All Wheel Drive (AWD), atau Four Wheel Drive. Salah satu fungsi penting dari drive shaft adalah untuk menggantikan fungsi poros propeller. Drive shaft berbentuk tabung logam panjang yang menghubungkan transmisi ke rakitan yang berbeda dalam sistem penggerak roda.

Komponen penting mobil ini terbuat dari baja atau aluminium dan dibuat dengan cara yang dimaksudkan untuk menahan torsi dan getaran yang tinggi. Untuk lebih jelas mengenai drive shaft, mulai dari fungsi dan komponennya, mari simak ulasan di bawah ini:

Apa Itu Drive Shaft?

Dalam sistem penggerak roda mobil, ada beberapa komponen yang disebut sebagai "shaft". Salah satunya adalah drive shaft, yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan axle shaft, yaitu meneruskan perputaran ke roda.

Namun, ada perbedaan antara drive shaft dan axle shaft. Drive shaft memiliki desain yang lebih fleksibel karena perubahan sudut putar dan memiliki kemampuan untuk bergerak maju dan mundur. Pada bagian drive shaft, komponen yang disebut CV joint terhubung dengan roda, dan ujung lainnya disebut tripod point terhubung dengan transmisi.

Fungsi Drive Shaft

Fungsi Drive Shaft

Secara umum, ada tiga fungsi utama dari drive shaft adalah sebagai berikut:

  • Menyalurkan Tenaga dari Transmisi ke Roda

Salah satu fungsi roda as adalah menyalurkan tenaga dari transmisi ke roda untuk menghasilkan putaran roda. Karena drive shaft berfungsi sebagai penghubung antara transmisi dan roda, tenaga yang dihasilkan oleh transmisi akan diteruskan dari transmisi ke roda.

Karena drive shaft harus menahan beban putar dan hentakan yang kuat karena bobot kendaraan, hentakan transmisi, dan putaran yang kencang, bahan yang digunakan harus kuat.

Karena itu, drive shaft umumnya dibuat dari bahan batang besi yang kuat, dan ujungnya dipasang dengan ball joint yang kokoh.

  • Membuat Roda Lebih Fleksibel

Selanjutnya, fungsi drive shaft adalah untuk memberikan fleksibilitas pada roda, yang memungkinkan mereka bergerak ke berbagai sudut belok. Selain itu, komponen CV joint memungkinkan roda bergerak bebas dengan sudut yang lebih besar ketika roda berbelok atau naik turun.

  • Tempat Reluctor ABS Terpasang

Pada mobil dengan sistem rem ABS, reluctor ring ditempatkan di drive shaft. Sensor ABS dan reluctor ring mengukur kecepatan putar roda secara bersamaan.

Reluctor ring berbentuk ring bergerigi dan berfungsi sebagai pemberi input sinyal bagi sensor ABS tentang kecepatan putaran roda. Karena reluctor ring terpasang pada drive shaft mobil dengan sistem ABS, jika roda mengalami kerusakan, pastikan apakah reluctor ring ada atau tidak. Jangan pilih salah.

Komponen Drive Shaft dan Fungsinya

Komponen Drive Shaft dan Fungsinya

Komponen drive shaft tersusun dari banyak komponen dan fungsinya. Berikut komponen yang ada pada drive shaft:

  • Tripod Joint

Komponen pertama, tripod joint, terdiri dari tiga buah roller bearing yang menjadi satu kesatuan. Ini berfungsi untuk memastikan bahwa drive shaft dapat bekerja dengan lancar ke kanan dan ke kiri ketika roda kemudi diputar saat kendaraan berbelok.

  • Tripod Housing atau Inner Joint Housing

Komponen drive shaft satu ini berfungsi sebagai tempat atau rumah tripod joint di ujung shaft di mana ada gerigi. Ini juga merupakan bagian yang berhubungan dengan transaxle.

  • CV Joint

Ini adalah bagian drive shaft yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari transmisi ke roda penggerak sambil mempertahankan posisi roda di berbagai kondisi permukaan jalan. Untuk memastikan CV joint beroperasi dengan baik, komponen ini terhubung dengan wheel hub roda penggerak dan diberi pelumas khusus.

CV joint memiliki shaft di satu sisi, yang terhubung ke transmisi, dan sleeve di sisi lain, yang terhubung ke roda penggerak dengan mur pengunci sebagai sambungannya.

  • Shaft

Komponen drive shaft berbentuk poros adalah shaft. Ini masuk ke dalam joint tripod dan terhubung ke transmisi dan CV joint.

  • Boot Drive Shaft

Salah satu bagian drive shaft, yang juga dikenal sebagai karet penutup bearing drive shaft, dilengkapi untuk melindungi bearing dari kotoran dari luar, seperti debu dan air, dan untuk menahan pelumas (grease) agar tidak keluar.

Ini memastikan bahwa drive shaft tidak aus atau rusak dengan cepat dan bekerja dengan baik dalam situasi di mana kendaraan berbelok atau jalan tidak rata.

Boot drive shaft terdiri dari dua jenis: boot drive shaft bagian sisi luar, juga dikenal sebagai outer boot, dan boot drive shaft bagian dalam, juga dikenal sebagai inner boot. Kedua jenis shaft ini dibuat dengan bahan yang tahan air, tahan panas, dan sangat fleksibel.

  • Sub Assy Shaft Bearing

Bagian ini hanya digunakan pada mobil atau kendaraan yang memiliki drive shaft yang lebih panjang. Fungsinya adalah untuk membuat pergerakan drive shaft lebih halus karena gaya inersia yang dihasilkan oleh drive shaft saat berputar balik, yang berupa bunyi atau getaran.

  • Seal Drive Shaft

Komponen ini berfungsi untuk mencegah kebocoran oli transaxle di sambungan antara CV joint dan transmisi.

  • Damper

Komponen ini dipasang pada main shaft dan terbuat dari karet dan berfungsi untuk meredam getaran yang dihasilkan oleh putaran drive shaft.

  • Pengunci Boot Drive Shaft

Pengunci boot drive shaft adalah komponen selanjutnya. Ini berfungsi sebagai pengunci atau penahan agar posisi boot drive shaft tetap pada posisinya.

Gejala Drive Shaft Rusak

Salah satu gejala kerusakan drive shaft, seperti komponen mobil lainnya, adalah bunyi-bunyi yang muncul saat mobil digunakan berkendara, terutama saat melewati jalan bergelombang. Seiring berjalannya waktu, perubahan sudut CV joint dapat menyebabkan bunyi yang terdengar seperti "klotok-klotok" halus saat mobil berbelok.

Mobil mengeluarkan bunyi yang tidak wajar saat berjalan di jalan yang lurus, terutama saat perputaran roda, dapat menjadi akibat dari bearing atau bahkan tripod joint yang rusak. Oleh karena itu, pening untuk melakukan servis berkala pengecekan komponen mobil Anda.

Setelah menyimak penjelasan mengenai drive shaft, mulai dari fungsi, gejala kerusakan hingga komponen-komponennya, sekarang Anda memiliki pengetahuan mengenai komponen vital pada mobil. Pastikan selalu merawat kendaraan dengan baik, agar tidak terjadi masalah ketika di perjalan. Jangan lupa untuk servis berkala di bengkel resmi Wuling supaya kendaraan tetap dalam kondisi prima.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer