Cara Membersihkan Sunroof - Wuling Motors

Autotips

Cara Membersihkan Sunroof

23 September, 2019

Image Cara Membersihkan Sunroof

Sunroof menjadi sebuah fitur tambahan yang menjadikan mobil Anda tampil semakin mewah. Salah satu alasannya adalah karena sunroof disuatu masa hanya terdapat pada mobil mewah, namum kini sudah ada di kendaraan kelas medium. Awalnya sunroof khusus untuk negara-negara yang memiliki 4-musim, dimana saat musim panas pun masih terasa sejuk untuk membuka sunrrof dan menikmati perjalanan sembari merasakan angin segar dan matahari masuk kabin.

Namun berbeda dengan negara yang hanya ada dua musim seperti Indonesia dimana panasnya begitu terik atau hujan yang berkepanjangan. Namun, bukan berarti tidak bisa dinikmati, malam hari pun membuka sunroof menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Akan tetapi, seperti semua fitur yang ada di mobil, pasti ada perawatan yang harus diperhatikan, termasuk sunroof agar tetap beroperasi mulus saat diperlukan.

Sunroof pada kendaraan banyak ragamnya, umumnya kaca sunroof kotak persegi di atap dengan ukuran yang tidak terlalu besar, namun ada kendaraan yang atap nya ‘keca’ secara keseluruhan, untuk memberikan kesan lapang pada kabin. Selain itu, saat dibuka sunroof ada yang tersimpan rapi di dalam atap, namun ada pula yang justru keluar diatas atap. Sunroof yang membuka diatas atap biasanya ada pada kendaraan performa untuk membantu penyaluran angina ke bagian belakang demi aerodinamika dan downforce.

Cara membersihkan sunroof tidak lah terlalu sulit bila dilakukan secara rutin. Saat mencuci kendaraan Anda, pasti bagian sunroof pun tidak luput dari sabun dan air. Akan tetapi karena bahannya adalah kaca, maka usahakan agar sunroof kendaraan Anda tidak terkena bahan kimia dengan dasa ammonia, karena akan merusak kualitas kaca.

Jangan lupa bahwa sunroof ini tidak hanya bagian atas, namun ada bagian dalam yang juga harus dibershikan, apalagi bila Anda sering melewati jalur yang berdebu saat sunroof dibuka. Caranya pun mudah, cukup gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu yang ada di bagian depan, kiri-kanan dan belakang saat sunroof dibuka. Bila Anda menemukan cairan pada pipa mekanis sunroof, tidak perlu khawatir karena itu memang cairan agar gerak mekanis sunroof lancar.

BIla ada masalah berat pada sunroof Anda, segera bawa ke bengkel resmi agar masalah cepat teratasi. Namun satu hal yang jangan dilupakan adalah, Anda harus sering membuka sunroof agar kerja tetap maksimal.

Quick Help