Lampu Indikator Mobil Menyala Terus? Ini Diagnosisnya | Wuling

Auto Tips

Arti Lampu Indikator pada Mobil, Yuk Ketahui!

30 Desember, 2020

Image Arti Lampu Indikator pada Mobil, Yuk Ketahui!

Pada umumnya kondisi mobil cukup mudah dikenali situasi ataupun perubahannya. Apabila terjadi hal yang tidak wajar pada mobil terutama yang berkaitan dengan kondisi kendaraan akan terlihat melalui notifikasi yang terdapat pada lampu indikator. Masing-masing pabrikan sudah menyediakan berbagai parameter yang berhubungan langsung pada sensor masing-masing perangkat pada mobil.

Namun begitu harus Anda ketahui bahwa tidak semua notifikasi yang terlihat pada lampu indikator menandakan hal buruk terjadi pada mobil, tapi tetap saja harus waspada, ya. Notifikasi ini letaknya berbeda beda antara satu pabrikan dengan pabrikan yang lain, yaitu pada umumnya terletak pada dasbor speedometer yang ada di belakang kemudi agar pengemudi mengetahuinya dengan mudah.

Berikut adalah paparan arti simbol notifikasi lampu indikator yang umum ditemui pada semua jenis mobil. Sebagai catatan, Anda juga bisa menemukan simbol ini di buku panduan pemilik kendaraan.

Pengertian Lampu Indikator

Pengertian Lampu Indikator

Fungsi utama lampu indikator adalah sebagai sinyal yang menandakan adanya permasalahan pada beberapa bagian mobil. Apabila ada lampu yang menyala ada baiknya segera membawa mobil ke bengkel.

Di dalam mobil terdapat serangkaian sensor pada sistem elektroniknya. Sensor inilah yang dinamakan lampu indikator dan akan memberitahu apabila terdapat hal yang tidak wajar pada mobil.

Ada dua jenis warna lampu indikator yang harus Anda ketahui:

  1. Merah, mengindikasikan adanya permasalahan serius dan harus diantisipasi dengan cepat seperti masalah sistem pengereman, rendahnya tekanan oli ataupun overheat.
  2. Orange, mengindikasikan adanya hal yang tidak wajar pada mobil. Pada kondisi ini Anda masih bisa mengemudikan mobil, namun harus segera diperiksa ke bengkel terdekat.

Lampu Indikator Menyala Terus

Lampu Indikator Menyala Terus

Pada dashboard mobil ada cukup banyak lampu indikator, dan sampai saat ini masih cukup banyak orang yang masih bingung memahami masing-masing lampu. Ada baiknya Anda memperhatikan lampu indikator ini karena merupakan pertanda penting yang dapat menyelamatkan Anda dan membuat perjalanan lebih nyaman.

Lampu indikator mobil yang menyala terus adalah tanda utama ada yang tidak wajar pada mobil atau sinyal bahwa Anda harus melakukan pengecekan komponen tertentu mobil. Nah kalau masih bingung memahami apa saja lampu indikator ini, Anda bisa melihat penjelasannya di bawah ini.

Macam-Macam Arti Lampu Indikator Mobil Menyala

Biasanya ada lima warna yang menunjukkan adanya masalah pada mobil.

  • Pertama adalah warna merah yang menandakan kalau gangguan bisa menimbulkan bahaya.
  • Kedua ada kuning yang akan menunjukkan peringatan.
  • Selanjutnya ada warna hijau yang akan menunjukkan kalau kegiatan sedang berjalan normal.
  • Ada juga warna biru yang merupakan instruksi khusus
  • Lalu ada putih yang menunjukkan fungsi lain, selain keempat warna tersebut. Hal ini membuat sangat penting bagi pemilik mobil untuk mengerti warna yang dihasilkan oleh lampu indikator.

Jenis Lampu Indikator Mobil

Banyaknya lampu indikator yang terdapat pada mobil menunjukkan kalau mobil Anda sudah sangat canggih. Berikut adalah lampu indikator mobil dan arti dari lampu tersebut. 

Cek Mesin

Lampu Indikator Cek Mesin

Lampu yang satu ini memiliki fungsi untuk menunjukkan ketika terjadi masalah pada mesin mobil. Namun ada hal lain yang menyebabkannya sehingga Anda harus mengetahui perawatan apa yang harus dilakukan. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan lampu indikator ini bisa menyala, seperti masalah mekanis sampai elektrik. Lampu ini bisa menyala hanya karena tutup bensin ditutup dengan tidak rapat atau ada komponen sensor yang harus diganti. Karena indikator ini memiliki sistem yang cukup kompleks maka Anda harus langsung membawa mobil ke bengkel terdekat supaya bisa diatasi semua permasalahan yang terjadi. 

Servis

Simbol pada lampu indikator ini biasanya berbeda beda tergantung pabrikan. Namun pada umumnya simbolnya berupa kunci tang dan mobil atau kunci tang dengan mesin. Lampu indikator ini untuk mengingatkan Anda jadwal perawatan berkala mobil. Tidak perlu khawatir ada permasalahan berat pada mesin mobil Anda.

Temperatur Mesin Mobil

Lampu Indikator Suhu Radiator

Indikator yang satu ini akan menunjukkan peringatan ketika suhu mesin kendaraan terlalu panas. Ketika indikator suhu mobil menunjukkan warna biru maka hal ini adalah hal yang normal dan suhu mesin masih dalam keadaan yang normal dan Anda tidak perlu mengkhawatirkan apapun. Namun kalau muncul warna merah maka mesin sedang berada dalam keadaan panas dan kalau dibiarkan maka mesin akan mogok. 

Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal tetapi yang paling sering menyebabkannya adalah radiator coolant yang sudah habis. Cara tercepat untuk memperbaiki indikator ini adalah dengan mematikan AC dan juga sistem audio. 

Setelah itu Anda bisa memikirkan kendaraan dan mematikan mesin untuk menunggu suhu mesin sampai keadaan normal lagi. Kalau kondisi mobil tidak membaik maka Anda harus langsung menghubungi bengkel mobil terdekat. Hal ini juga perlu Anda lakukan kalau indikator suhu mobil tidak berfungsi. 

Hal ini sangat penting karena kalau rusak maka Anda mungkin tidak sadar kalau suhu mobil sedang kepanasan dan akan merusak kendaraan.

Tekanan Oli

Lampu Indikator Tekanan Oli

Lampu yang satu ini memiliki bentuk teko yang bisa mengeluarkan cairan. Lampu ini akan menunjukkan sisa oli yang terdapat pada mesin. Indikator ini tentunya sangat penting karena oli memiliki fungsi yang cukup penting pada mobil. 

Saat lampu indikator ini menyala maka mobil sedang kekurangan oli atau ada masalah pada sistem pelumasan. Anda sebaiknya mengganti oli sebelum mobil menyentuh jarak 10000 km. Kalau lampu ini menyala maka Anda harus langsung melakukan pemeriksaan dan menambah atau mengganti oli ketika dibutuhkan. Ada banyak hal yang bisa terjadi kalau Anda telat mengganti oli. Mobil bisa cepat panas bahkan sampai mengalami penurunan kinerja mesin.

Indikator Pengisian Aki

Lampu Indikator Aki

Indikator yang selanjutnya merupakan pengisian aki dengan tanda plus dan minus pada kutub yang berbeda. Bukan hanya digunakan supaya bisa menunjukkan terjadinya masalah pada aki tetapi lampu ini juga menunjukkan kondisi dari kabel yang ada pada mobil. 

Saat lampu indikator ini menyala maka kemungkinan besar ada masalah pada sistem arus listrik. Aki memiliki peran yang sangat penting untuk memberikan aliran listrik pada sistem kendaraan. Sehingga saat lampu ini nyala dan tidak langsung dilakukan perbaikan maka mobil akan sulit untuk dinyalakan dan sistem listrik pada mobil tidak bisa berfungsi. Namun, hal ini tidak selalu disebabkan oleh aki karena bisa terjadi akibat dinamo alternator yang kendor atau undercharge/overcharge. 

Hal yang bisa dilakukan ketika hal ini terjadi adalah dengan membawanya ke bengkel terdekat. Salah satu hal yang menunjukkan kalau sistematis sedang mengalami masalah adalah lampu depan yang redup atau klaksonnya yang mati. Anda harus langsung membawa kendaraan ke bengkel supaya tidak terjadi masalah yang lebih parah.

Power Steering

Lampu Indikator Power Steering

Simbol yang terbuat dari bulatan dan garis yang terhubung pada lingkaran ini berfungsi untuk mengurangi kerja pengemudi ketika memutar setir. Sistem ini juga memiliki sensor pembaca kecepatan supaya bisa menambah tingkat kestabilan ketika berkendara. Kalau ada kerusakan maka lampu ini akan terus menyala atau kedap-kedip. Kerusakan juga bisa diketahui ketika setir mobil terasa lebih berat. 

Hal ini bisa terjadi akibat mobil yang terlalu sering melewati jalan banjir atau minyak power steering sudah mau habis. Namun alasan ini tidak akan berguna untuk mobil yang menggunakan power steering elektrik. 

Saat lampu menyala maka Anda harus menghindari genangan air supaya keadaan mobil tidak menjadi lebih parah. Sebenarnya hal ini tidak akan membuat Anda tidak bisa mengendarai mobil tetapi hanya membuat Anda menjadi kesulitan ketika mengendarai nya. Namun kalau sumber dari masalah berhubungan dengan sistem listrik atau motor maka Anda harus langsung pergi ke bengkel supaya bisa diperbaiki.

Immobilizer

Lampu Indikator Kunci Tidak Terbaca

Sistem yang satu ini merupakan sistem peningkatan keamanan yang akan membuat mobil tidak akan bisa nyala kalau kunci tidak sesuai meski memiliki pola yang sama. Sistem ini menggunakan variasi gelombang radio pada kunci mobil. 

Kalau indikator ini menyala tetapi mesin mobil tetap bisa jalan maka mungkin ada masalah pada kunci. Namun ketika indikator menyala tapi mesin mobil tidak maka ada lagi hal yang bisa menyebabkan hal ini terjadi, seperti aki mobil yang rusak dan harus diganti. Ketika hal ini terjadi maka Anda harus langsung membawa mobil ke bengkel dan teknisi akan memeriksa apakah diperlukan coding ulang pada kunci atau harus diganti. 

Tekanan Ban Mobil

Lampu Indikator Tekanan Angin Ban

Indikator selanjutnya yang sangat penting adalah indikator tekanan ban. Indikator ini memiliki fungsi untuk memperingati pengemudi ketika ada salah satu ban yang kurang angin. Lampu ini akan memberikan peringatan saat tekanan angin ban kurang sampai 25% dari yang seharusnya. 

Indikator ini akan menyala selama 1 detik ketika mesin kendaraan nyala dan akan mati saat ban sudah dalam keadaan yang baik. Hal yang harus dilakukan saat indikator ini menyala adalah dengan membawanya ke tempat pengisian angin. Kini sudah banyak SPBU yang memiliki fasilitas pengisian angin sehingga Anda tidak akan sulit untuk mencarinya. Langsung isi angin ketika lampu ini menyala supaya tidak ada masalah serius yang terjadi.

Diesel Particulate Filter

Lampu Indikator Diesel Particulate Filter

Lampu indikator ini hanya ada di mobil dengan mesin diesel standar emisi Eropa saja. Sensor ini akan memberikan adanya tumpukan polutan yang tersaring oleh Diesel Particulate Filter (DPF), apabila lampu ini menyala maka Anda sudah memasuki masa penggantian perangkat DPF.

Lane Departure Warning

Lampu Indikator Lane Departure Warning

Lampu indikator ini biasanya terdapat pada mobil dengan fitur lengkap seperti stereo camera untuk membaca marka jalan. Jadi saat mobil terbaca melintasi marka jalan tanpa memberikan peringatan dan berada dalam situasi yang kurang baik, maka lampu indikator ini akan menyala. Sebaiknya segera perbaiki laju mobil Anda dan kembali ke lajur yang seharusnya.

Bahan Bakar Habis

Lampu Indikator Bahan Bakar Habis

Lampu indikator ini biasanya terletak di dekat indikator bensin. Apabila lampu ini menyala menandakan bahan bakar mobil Anda sudah hampir habis dan harus melakukan pengisian segera di pom bensin terdekat.

Airbag Aktif

Lampu Indikator Airbag Aktif

Sesuai dengan simbolnya, lampu indikator ini berhubungan dengan kantong udara pengaman atau airbag. Apabila menyala menandakan airbag mobil aktif, dan apabila menyala saat airbag tidak mengembang artinya menandakan ada permasalahan pada sensornya. Sebaiknya segera datang ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

Pintu Terbuka

Lampu Indikator Pintu Terbuka

Anda harus memastikan lampu indikator ini tidak menyala saat Anda berkendara. Lampu indikator ini menandakan kalau ada pintu yang belum tertutup rapat, sehingga cukup berbahaya bagi penumpang saat mobil sedang berjalan.

Kontrol Traksi

Lampu Indikator Kontrol Traksi

Lampu indikator ini berhubungan erat dengan kontrol traksi roda. Sensor ini hanya terdapat pada beberapa model mobil saja. Apabila lampu indikator ini menyala, menandakan adanya traksi berlebihan pada roda. Segera lakukan pengecekan di bengkel terdekat supaya perjalanan Anda tetap nyaman.

ABS

Lampu Indikator ABS

Lampu indikator ini berkaitan erat dengan rem Anti-lock Breaking System (ABS) yang terdapat pada mobil Anda. Apabila Anda mendapati lampu ini menyala saat sedang mengemudi, maka ada sesuati yang tidak wajar pada sistem pengereman Anda. Sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Rem Tangan Aktif

Lampu Indikator Rem Tangan Aktif

Lampu indikator ini menandakan rem tangan Anda sedang berada pada kondisi aktif dan mencengkram roda dengan baik. Namun apabila Anda sudah menurunkan rem tangan dan lampu ini aktif saat mobil sedang berjalan, sebaiknya segera lakukan pengecekan karena dapat menghanguskan kampas rem depan mobil Anda.

Malfungsi Transmisi

Lampu Indikator Malfungsi Transmisi

Lampu indikator ini hanya ada pada mobil dengan transmisi otomatis. Apabila lampu ini menyala mengindikasikan adanya malfungsi pada girboks otomatis Anda. Ada beberapa penyebabnya, untuk mengetahuinya sebaiknya Anda melakukan pengecekan di bengkel mobil terdekat.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik