Lifestyle

Memperkenalkan Wuling Almaz, Mobil SUV terbaru Wuling

10 Maret, 2019

Image Memperkenalkan Wuling Almaz, Mobil SUV terbaru Wuling

Wuling Indonesia memperkenalkan mobil terbarunya yang masuk di kelas Sport Utility Vehicle atau SUV yaitu Almaz. Wuling Almaz resmi jadi produk keempat sekaligus SUV pertama Wuling Motors di Indonesia. Menariknya, nama Almaz diambil dari bahasa Arab yang artinya ‘berlian’. Berlian sendiri mengandung filosofi ‘stylish’, tough, and precious. Produk SUV Wuling kali ini menonjolkan konsep smart & technology SUV. Kabar baiknya, SUV terbaru dari Wuling ini sudah dirakit secara lokal di pabrik Wuling yang terletak di Cikarang, Jawa Barat.

Mobil Wuling Almaz pun hadir dengan sejumlah fitur canggih serta tampilan cukup modern. Berikut beberapa fitur andalan dari Wuling Almaz yang perlu Anda ketahui.

 

Mesin

Wuling Almaz masuk ke dalam kategori Medium SUV menggunakan mesin turbo keluaran Honeywell berkapasitas 1.451 cc. Output yang dihasilkan mesin Wuling Almaz ini adalah 140 dk/5.200 rpm dan torsi 250 Nm di putaran 1.600-3.600 rpm. Performa tersebut didistribusikan ke roda depan melalui CVT dari Bosch yang menghasilkan perpindahan transmisi yang halus dan responsif dengan opsi manual 8-percepatan. Selain itu, tersedia juga dua mode berkendara yakni Eco (E) serta Sport (S).

 

Keselamatan

fitur keselamatan modern pun hadir untuk melindungi pengguna ketika berkendara meliputi kamera 360o, 6 sensor parkir, Traction Control System (TCS), Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), Auto Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake (EPB), Emergency Stop Signal (ESS), sistem pengereman ABS, EBD, BA, hingga front and side airbag. Masing-masing memiliki fungsi yang sangat penting untuk kendaraan, misalnya:

  1. Kombinasi ABS (anti-lock braking system), EBD (electronic brake distribution) dan BA (brake assist) membuat Almaz tak hanya mampu mengerem keras tanpa mengunci, namun juga memberi kesempatan pengemudi untuk membelok dan menghindari obyek di depan saat mengerem darurat.
  2. Kemudian ada TCS (traction control system) atau kontrol traksi. Kontrol traksi memastikan traksi roda penggerak selalu terjaga dengan meniadakan spin berlebih dengan cara mengurangi tenaga mesin hingga mengaktifkan rem di roda yang spin. Peran TCS membuat Wuling Almaz bisa melaju efektif terutama di jalan yang licin seperti gravel, rumput, aspal basah, hingga tanjakan.
  1. Electronic Stability Control (ESC) atau biasa dikenal sebagai kontrol stabilitas. Ketika mobil sedang bermanuver kencang dan sensor mendeteksi ada potensi kehilangan kendali (gerak mobil melewati batas toleransi, roda spin/sliding), maka ESC bisa mengaktifkan rem di salah satu/keempat roda, hingga mengurangi suplai BBM untuk mereduksi tenaga mesin. ESC ini memungkinkan pengemudi tetap mampu mengontrol gerak mobil meski berada di manuver darurat sekalipun.
  1. Hill Hold Control atau hill start assist. Prinsip kerja fitur ini sederhana, yaitu menahan mobil agar tidak mundur saat kaki kanan pindah dari pedal rem ke pedal gas ketika start di tanjakan. Ini menjadi fitur keselamatan fungsional karena dengan mobil tetap diam, maka potensi pengemudi panik akibat mobil ngeloyor mundur jadi tidak ada. Sehingga potensi pedal gas diinjak dalam secara tiba-tiba dan mobil berakselerasi di luar kontrol pun tak perlu terjadi.

 

Eksterior

Desain eksterior terlihat futuristis, dengan mengombinasikan tampilan future eyes LED seperti mobil masa kini. Lampu itu berfungsi sebagai DRL (daytime running light), lampu senja dan lampu sein. Penerangan utama ada di bagian bawah, sudah proyektor LED, juga termasuk lampu jauh.

 

Interior

Aura mewah akan terpancar dari bahan semi kulit yang membalut jok di dalam mobil Wuling Almaz, juga di beberapa titik dasbor, serta panel pintu. Setir juga dibungkus kulit dan dilengkapi tombol pengaturan audio.

Kesan semakin mewah juga akan Anda rasakan dengan kehadiran panoramic sunroof berdimensi besar. Untuk sistem hiburan, Almaz dibekali head unit berukuran besar, 10,4 inci. Mengoperasikannya cukup dengan sentuhan. Pada layar tersebut juga tertera tekanan angin ban dan kondisi mobil. Layar hiburan tersebut juga dapat terintegrasi dengan gadget melalui Wuling Link, dan Anda akan dimanjakan dengan suara lembut lewat audio speaker Infinity dari Harman.

Selain fitur-fitur diatas, fitur seperti Start-Stop Button, Drive Mode (eco-sport), Keyless Entry, Keyles Remote, dan pengaturan bangku pengemudi yang sudah elektris juga tersedia di Almaz. Menghidupkan mesin mobil ini pun bisa hanya dengan tombol start stop engine. Suara mesinnya halus serta kabin yang kedap terutama saat dikendarai juga jadi nilai plus mobil ini.Mobil Wuling Almaz juga dibekali dengan pengendali kestabilan elektronik, membuat bodi bagian belakang Wuling Almaz tetap bisa terjaga dengan baik.Saat parkir pun Anda akan semakin dimudahkan, untuk melihat sekeliling mobil, Anda hanya cukup mengandalkan layar tengah dengan memanfaatkan fitur kamera 360 derajat.

Berkendara menjadi semakin mudah dengan Wuling Almaz. Kalau Anda penasaran dengan Wuling Almaz, Anda bisa segera ke dealer resmi Wuling terdekat untuk mencoba test drive.