Pahami Hal Ini Sebelum Belajar Menyetir Mobil - Wuling Motors

Lifestyle

Pahami Hal Ini Sebelum Memulai Belajar Menyetir Mobil

17 Januari, 2020

Image Pahami Hal Ini Sebelum Memulai Belajar Menyetir Mobil

Belajar menyetir untuk pertama kali bisa jadi momen menegangkan bagi sebagian orang. Tak heran banyak yang merasa gugup ketika duduk tepat di balik kemudi setir. Padahal, jika dijalani dengan perasaan tenang belajar menyetir adalah hal yang menyenangkan.

Supaya proses belajar menyetir untuk pertama kalinya lancar, Anda dapat bisa mengikuti deretan tips berikut.

Carilah pengajar yang sudah ahli

Supaya tak salah-salah dalam mempelajari seluk beluk menyetir, sebaiknya Anda bisa mencari pengajar yang ahli. Tentunya mereka lebih memahami tentang teknik berkendara. Atau jika Anda merasa grogi saat harus belajar dengan orang yang tak dikenal, bisa minta diajari oleh orang terdekat yang juga paham dan tak asal-asalan dalam mengendarai mobil.

Atur tempat duduk senyaman mungkin

Sebelum menyalakan mesin mobil, pastikan Anda sudah duduk dengan nyaman dan mengatur semua posisi kaca spion agar terjangkau dari pandangan Anda. Atur tempat duduk sesuai tinggi agar bagian depan dan samping terjangkau oleh mata. Dengan merasa nyaman, Anda dapat mengurangi rasa gugup.

Setelah itu, pelajari satu persatu bagian yang ada di dalam mobil beserta fungsinya. Mulai dari tiga pedal di bawah, hingga fitur-fitur yang ada di dalam. Ini demi menghindari terjadinya kesalahan yang berpotensi mengakibatkan hal fatal. Karena bukan tidak mungkin saat Anda dalam kondisi panik, bisa salah dalam mengoperasikan fitur yang ada di mobil.

Tetap fokus

Saat berada di balik kemudi setir Anda mungkin akan kewalahan dengan pengguna jalan lain yang seliweran. Tetap waspada dan hati-hati agar semua bisa tetap aman ketika berada di jalan. Jangan lupa untuk menyalakan lampu sein ketika berbelok. Terus fokus pusatkan pandangan ke depan dan jangan berpikir macam-macam.

Hindari segala gangguan

Ketika belajar menyetir pertama kali, sebaiknya Anda tak mengajak siapapun selain si pengajar itu sendiri. Tak perlu mengajak adik, teman, atau kerabat lain dengan tujuan mengurangi gugup. Hal ini dapat membuat Anda terganggu. Sebisa mungkin matikan radio, tutup jendela, dan juga hindari menggunakan ponsel. Dengan meminimalisir suara yang masuk ke dalam mobil, Anda tetap bisa fokus pandangan ke depan.

Cari jalan yang biasa dilalui

Carilah jalan yang biasa Anda lalui ketika belajar mobil agar bisa membuat lebih percaya diri saat menyetir. Hindari juga jalanan yang ramai dan memiliki banyak tikungan untuk mengurangi rasa gugup. Anda juga belum perlu untuk memacu mobil di jalan bebas hambatan yang cenderung minim dilalui sepeda motor.

Berlatih sesering mungkin

Agar cepat mahir dalam berkendara, Anda sebaiknya rajin berlatih sembari mengingat-ngingat fungsi fitur yang ada di dalam mobil. Tapi jangan lupa agar tetap aman minta pendampingan dari orang yang sudah mahir berkendara. Agar ketika terjadi kesalahan dapat diantisipasi dengan cepat.

Quick Help